Materi SOP dan K3 dalam Bekerja

0
34

Hai, sahabat Blogger.! Hari ini Mbah Suro sharing mengenai SOP dan K3 dalam bekerja. Setiap pekerjaan pasti ada resikonya, maka dari itu kita harus menerapkan SOP dan K3 dalam bekerja untuk menjaga Keselamatan diri kita maupun orang lain.
Apa itu K3.?dan SOP.? Mari bahas bersama…

SOP (Standar Operating Procedure) dan K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) Dalam Bekerja

       Kesehatan dan keselamatan kerja (K3) ialah bidang yang terkait dengan kesehatan, keselamatan, dan kesejahteraan manusia yang bekerja disebuah institusi maupun lokasi proyek. Tujuan K3 adalah untuk memelihara kesehatan dan keselamatan lingkungan kerja. K3 juga melindungi rekan kerja, keluarga pekerja, konsumen, dan orang lain yang juga mungkin terpengaruh kondisi lingkungan kerja.

       Kesehatan dan keselamatan kerja cukup penting bagi moral, legalitas, dan finansial. Semua organisasi memiliki kewajiban untuk memastikan bahwa pekerja dan orang lain yang terlibat tetap berada dalam kondisi aman sepanjang waktu. Praktek K3 (keselamatan kesehatan kerja) meliputi pencegahan, pemberian sanksi, dan kompensasi, juga penyembuhan luka dan perawatan untuk pekerja dan menyediakan perawatan kesehatan dan cuti sakit. K3 terkait dengan ilmu kesehatan kerja, teknik keselamatan, teknik industri, kimia, fisika kesehatan, psikologi organisasi dan industri, ergonomika, dan psikologi kesehatan kerja.

      Prosedur operasi standar (Bahasa Inggris: standard operating procedure, SOP) atau kadang disingkat POS, adalah suatu set instruksi yang memiliki kekuatan sebagai suatu petunjuk atau direktif. Hal ini mencakup hal-hal dari operasi yang memiliki suatu prosedur pasti atau terstandardisasi, tanpa kehilangan keefektifannya. Setiap sistem manajemen kualitas yang baik selalu didasari oleh POS.

Nah, itulah Materi Apa itu SOP dan K3 dalam Bekerja…
Cukup sekian dan Terima Kasih…

Sumber: Mustofa Robi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here