Melakukan Panjat Tower – BLC Telkom Klaten

0
34

Padahari ini saya dan Siswa siswi Prakerin lainnya melakukan Panjat Tower di BLC Telkom-KPLI Klaten, karena tower merupakan bagian dari jaringan yang berperan besar untuk jaringan conection. Sebelum itu harus mengetahui ilmu tentang Keamanan dan keselamatan kerja (k3) serta Standart operating procedure (SOP) hal ini sangat penting bagi kita, khususnya dalam bidang Teknik Komputer Jaringan (TKJ).

Sebelum memanjat Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memanjat tower, diantaranya:

  1. Cuaca
    Kita harus memeperhatikan keadaan cuaca di sekitar, apakah mendukung atau tidak. 
  2. Kondisi Tower
    Sebelum melakukan pemanjatan, cek kondisi tower yang akan kita panjat. Pastikan kondisi tower masih bagus dan tower masih berdiri tegak dan juga cek kondisi baut . 
  3. Sabuk Pengaman
    Pastikan sebelum memanjat tower, kondisi sabuk pengaman masih baik. Periksa pengait pada sabuk pengaman apakah masih layak untuk digunakan atau tidak. 
  4. Ketelitian
    Pastikan kita telah mempersiapkan segala sesuatu yang kita butuhkan ketika berada di tower agar tidak naik turun dari tower untuk mengambil barang yang tertinggal, karena hal tersebut akan membuat kita lelah dan boros waktu. 
  5. Konsentrasi dalam Pekerjaan
    Kita harus konsentrasi dalam melakukan pekerjaan ketika berada di tower maupun saat proses memanjat tower. Hal tersebut sangat memengaruhi hasil dari pekerjaan kita. 

Dalam satu tim kerja dibutuhkan minimal 3 orang yang masing-masing orang memiliki tugas dan wewenang masing-masing yaitu :

  • Satu orang bertugas sebagai penanggung jawab peralatan. Tugasnya harus menyiapkan peralatan yang harus dibawa (seperti tali, safety, kunci dll) menanyakan apakah ada masalah dengan alat-alat tersebut dan mengecek kelengkapan saat akan berangkat dan setelah selesai melakukan pekerjaan  
  • Satu orang sebagai pemanjat. Tugasnya adalah memanjat dan memasang alat yang di perlukan di atas tower dan pointing.
  • Dan yang terakhir seorang yang bertugas untuk men-setting, dan koordinator tim. 

Berikut adalah Dokumentasinya :

 

Dan kurasa cukup sekian dan semoga bermanfaat

GOOD LUCK…

Sumber: Mustofa Robi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here