Membuat Topologi Jaringan Sekolah di Cisco Packet Tracer

0
67

Di kesempatan kali ini saya akan Sharing mengenai langkah-langkah membuat Topologi Jaringan Sekolah di Cisco Packet Tracer, biasanya di setiap sekolah terdapat jaringan yang terbagi menjadi beberapa misal : terdiri Lab. Komputer, Area Hotspot dan sebagainya. Disini saya akan membuat jaringan sekolah lewat Aplikasi Cisco Packet Tracer…

Langsung saja nihhh….
Langkah-langkahnya :
1. Buat Topologi jaringan sekolah seperti gambar berikut :

Keterangan :
> 2 Router
> 2 Switch
> 2 Wireless Router
> 1 Server
> 14 PC
> 8 Laptop

2. Kemudian Konfigurasi Router, untuk melakukan konfigurasi Router (konfigurasikan secara Static/Manual) buka postingan saya sebelumnya atau klik Link berikut > http://mustofarobi.blogspot.co.id/2016/04/rancangan-static-routing-pada-cisco.html.

3. Jika sudah lalu lakukan konfigurasi pada Server, untuk melakukan konfigurasinya silahkan buka postingan saya sebelumnya atau klik link berikut > http://mustofarobi.blogspot.co.id/2016/04/konfigurasi-service-server-pada-cisco.html. Untuk Server kita isi secara Static saja.

4. Setelah itu kita isikan IP pada setiap PC secara Manual, untuk PC0 s/d PC5 dan PC Guru 1 yang terhubung di jaringan satu, yang memiliki network = 192.168.2.0 dan gateway 192.168.2.1 jadi pada PC0 s/d PC5 dan PC Guru 1 kita isikan IP selain 192.168.2.1

 Untuk PC6 s/d PC11 dan PC Guru 2 yang terhubung di jaringan dua, memiliki network = 192.168.3.0 dan gateway 192.168.3.1 jadi pada PC6 s/d PC11 dan PC Guru 2 kita isikan IP selain 192.168.3.1

5. Langkah berikutnya kita konfigurasikan Wireless Router, dengan cara klik Wireless Router > Tab Config.

  • Kemudian pada LAN kita isikan IP yang belum dipakai oleh PC, seperti gambar berikut :
  • Pada Wireless kita Konfigurasikan.
    • SSID = berikan nama sesuai keinginan atau isi Default saja.
    • Authentication = Bagian ini berfungsi sebagai Password bisa kita beri password atau tidak, untuk memberikan password kita pilih WPA-PSK atau WPA2-PSK.
    • Encryption type, kita isi secara default saja yaitu AES.

     Seperti gambar berikut :

    NB : Lakukan konfigurasi ke Wireless Router0 dan Wireless1.

6. Kemudian Kita konfigurasikan Wireless pada Laptop dengan cara berikut :

  • Pada Tab Physical, terlebih dahulu kita Off kan Laptop lalu ganti konektor RJ45 dengan konektor Wireless. Select and drag konektor kabel(dibawah pojok kanan) jika sudah kita ON kan kembali.

     Seperti gambar berikut :
    > Sebelum.

    > Sesudah

  • Jika sudah pindah ke Tab Desktop > Klik PC Wireless > Pilih Tab Connect, lalu klik connect kemudian isikan data-data yang sesuai konfigurasi pada Wireless Router.

     Seperti gambar berikut :

    NB : Lakukan ke semua Laptop0 s/d Laptop7, hingga seperti gambar berikut :

7. Lalu kita cek, Apakah Konfigurasi telah berhasil atau belum dengan lewat CMD atau lewat Add Simple PDU (P) > . Seperti gambar berikut:


Selesai….

Cukup sekian dan Terima Kasih….
GOOD LUCK….

Sumber: Mustofa Robi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here