Sharing mengenai VLSM (variable length subnet mask)

0
51

Hai, sahabat blogger.! Hari ini saya akan berbagi ilmu apa itu VLSM.? VLSM (variable length subnet masking) ialah pengembangan mekanisme subneting, dimana dalam VLSM dilakukan peningkatan dari kelemahan subneting klasik, yang mana dalam clasik subneting, subnet zeroes, dan subnet- ones tidak bisa digunakan. selain itu, dalam subnet classic, lokasi nomor IP tidak efisien.

Urutan menghitung VLSM, antara lain :

  1. Terlebih dahulu urutkan kebutuhan host dari yang terbesar hingga yang terkecil
  2. Tentukan blok subnet beserta host berdasarkan blok subnet
  3. Lakukan penambahan blok sebelumnya disetiap pergantian blok
    Cara Kerja VLSM adalah memecah alamat IP ke subnet (beberapa tingkat) dan mengalokasikan sesuai dengan kebutuhan individu pada jaringan, Sebuah classful menangani mengikuti aturan umum yang telah terbukti berjumlah pemborosan alamat IP.

    Teknik variable-length subnetting dilakukan secara hati-hati sehingga subnet yang dibentuk pun unik, dan dengan menggunakan subnet mask tersebut dapat dibedakan dengan subnet lainnya, meski berada dalam network identifer asli yang sama. Kehati-hatian tersebut melibatkan analisis yang lebih terhadap segmen-segmen jaringan yang akan menentukan berapa banyak segmen yang akan dibuat dan berapa banyak jumlah host dalam setiap segmennya.

Nah, itulah materi sedikit mengenai VLSM (variable length subnet mask)
Semoga bermanfaat….

Sumber: Mustofa Robi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here