Jenis-jenis Teknologi Nirkabel

0
41
Hai Sobat.! Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang Teknologi Nirkabel khususnya dalam Materi Jenis-jenis Teknologi Nirkabel berdasarkan Lokasi. Sampai saat ini, teknologi jaringan wireless yang bekerja pada frekuensi 2.4 GHz, dan/atau 5GHz berkembang pesat sekali terutama karena pembebasan izin frekuensi di band Industrial Scientific Medical (ISM) maupun band Unlicensed National Information Infrastructure  (UNII).
Langsung saja Nihhh…
 
JENIS-JENIS TEKNOLOGI NIRKABEL
BERDASARKAN LOKASI
1.       Nirkabel WPAN
WPAN (Wireless Personal Area Network) adalah jaringan wireless dengan jangkauan area kecil. Contoh: Bluetooth, infrared, Zigbee.
2.       Nirkable WLAN
WLAN (Wireless Local Area Network) atau Wifi memiliki jangkauan lebih baik dibanding dengan WPAN. Saat ini WLAN mengalami banyak peningkatan dari segi kecepatan dan luas cakupannya. Awalnya WLAN ditujukan untuk penggunaan perangkat jaringan lokal, namun saat ini lebih banyak digunakan untuk mengakses internet.
3.       Nirkabel WMAN
WMAN (Wireless Metropolitan Area Network) adalah jaringan wireless yang menghubungkan antar beberapa WLAN. Contoh: WiMAX.
4.       WWAN
WWAN (Wirelss Wide Area Network) jaringan wireless yang umumnya menjangkau area luas.
5.       Cellular Network
Cellular Network atau Mobile Network adalah jaringan radio terdistribusi yang melayani media komunikasi perangkat mobile seperti handphone, pager, dll. Contoh sistem dari Cellular Network ini adalah GSM, PCS, dan D-AMPS.

Nah itulah, materi mengenai Teknologi Nirkabel khususnya dalam Materi Jenis-jenis Teknologi Nirkabel berdasarkan Lokasi. 
Cukup sekian dan terima kasih…

Sumber: Mustofa Robi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here