Macam – Macam Tools Wireless Pada Winbox

0
6

Hai, guys!Ketemu lagi nih dengan Admin pada kesempatan ini akan menjelaskan mengenai Macam – Macam Tools Wireless Pada Winbox, kalian udah tahu kan apa itu wireless itu lho jaringan Tanpa kabel atau sering disebut Jaringan Nirkabel..Langsung saja..

1. Torch
    Torch adalah tool yang dapat Anda gunakan untuk melihat secara real time berapa bandwidth yang sedang digunakan oleh setiap komputer. Tool ini sangat lengkap, Anda dapat melakukan monitoring bandwidth berdasarkan IP Address pengirim, IP Address tujuan maupun berdasarkan protokol jaringan tertentu.
Pada contoh berikut, saya hanya akan memperlihatkan secara sederhana bagaimana Torch digunakan untuk melihat pemakaian bandwitdh oleh komputer-komputer yang terhubung ke ether2. Perintah yang dapat Anda gunakan adalah sebagai berikut :

2.   Wireless Sniffer
      Wireless Sniffer adalah tools yang disediakan oleh mikrotik untuk menangkap dan menyadap paket-paket yang berjalan di jaringan. Tools ini sangat berguna untuk menganalisa trafik jaringan kita.

3.   Frequency Usage
      Tools untuk melihat frequency mana saja yang sudah terpakai dalam jaringan wireless lain.Cara menggunakan dengan cara memilih interfaces wlan1 kemudian kemudian klik start maka toolsnya akan berjalan dan kita bisa melihat frequency mana saja yang sudah terpakai.

4.  Snooper Tool Mikrotik
     Dengan menggunakan Snooper tool maka bisa diketahui load dan besar traffic tiap frequensi dengan informasi yang lebih mendetail. Snooper dapat menampilkan info Access Point, jumlah Station dan Client nya, sinyal, serta masing-masing bandwidth nya.

6.  Sniffer Tool Mikrotik
     Packet Sniffer adalah tool yang disediakan dalam Mikrotik untuk menangkap dan menyadap paket-paket yang berjalan di jaringan. Tool ini sangat berguna untuk menganalisa trafik jaringan kita.

Nah, itulah materi mengenai Macam – Macam Tools Wireless Pada Winbox
Cukup sekian dan Terima Kasih…

Sumber: Mustofa Robi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here