2 Langkah Cara Membuat Cover Label CD-DVD di Microsoft Word

0
20

Bagaimana cara membuat cover label CD-DVD di Microsoft Word dengan mudah?

Tenang saja, Anda dapat membuat cover untuk keping CD/DVD hanya dengan 2 langkah sederhana. Microsoft Word sudah menyediakan template yang mudah digunakan.

Baik Microsoft Word versi 2013, 2016, 2019 Offline mapun Microsoft Word 365 Online sudah menyediakan program untuk membuat cover label untuk keping CD-DVD.

Satu hal yang perlu Anda ikuti dalam tutorial ini, jika Anda akan mencari template. Anda harus memiliki koneksi internet.

Jika Anda tidak terhubung ke internet, sayangnya Anda tidak akan dapat mencari template.

Tetapi tenang saja, saya sudah menyertakan template CD-DVD MS Word yang siap di-download.

Cara Membuat Cover Label CD-DVD di Microsoft Word

Untuk bisa membuat cover label CD/DVD dengan Microsoft Word, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka Microsoft Word

Pertama Anda buka program Microsoft Word yang ada pada PC atau leptop Anda. Anda juga bisa memakai Microsoft Word 365 Online.

Setelah Microsoft Word Anda siap, pada bagian FileNew kita akan mencari template. Masukan kata kunci “CD” atau “DVD”.

2 langkah cara membuat cover label CD-DVD di Microsoft Word
Masukan kata kunci “CD” atau “DVD” pada kotak pencarian template

Jika Anda tidak menemukan template, Anda bisa men-download pada link di bawah:

Setelah Anda men-download dua file di atas. Anda akan mendapatkan file bernama “CD or DVD Cover.dotx” dan “CD or DVD.dotx“.

File dengan nama “CD or DVD.dotx” adalah template untuk kepingan bulat. Sedangkan file bernama “CD or DVD Cover.dotx” adalah untuk cover.

Klik dua kali untuk membuka file tersebut. Pastikan Anda memiliki Microsoft Word yang sudah di-install pada PC atau leptop Anda.

2. Edit Tempate CD-DVD

Langkah kedua adalah melakukan editing. Baik itu untuk template keping CD-DVD atau untuk cover CD/DVD. Caranya sangat mudah.

Pada contoh di bawah, saya mengunakan template keping CD-DVD. Ukuran kertas pada template ini sudah disesuaikan dengan ukuran CD-DVD sebenarnya.

Edit bagian CD-DVD pada template
Edit bagian CD-DVD pada template

Untuk mengganti latar belakang keping CD-DVD, Anda bisa memasukan gambar yang besar di luar garis CD-DVD. Tidak apa-apa keluar garis, toh nantinya akan Anda gunting bukan?

Caranya adalah dengan arahkan kursor pada area CD-DVD. Lalu pilih menu InsertPicturePicture From File…. Pilih gambar yang Ada pada komputer atau leptop Anda.

Agar garis CD/DVD tidak tertutupi gambar. Pilih menu Picture and Format Wrap TextBehind Text.

Gunakan formating Behind Text untuk membuat gambar di belakang garis CD-DVD
Gunakan formating Behind Text untuk membuat gambar di belakang garis CD-DVD

Selanjutnya untuk membuat cover-nya, Anda bisa membuka template Cover.

Ada dua bagian pada template Cover. Cover untuk bagian depan dan cover untuk bagian belakang.

Edit tampilan cover CD-DVD
Edit tampilan cover CD-DVD

Cara untuk edit cover CD-DVD tidak jauh berbeda dengan cara yang dilakukan pada bagian edit template untuk keping CD-DVD sebelumnya. Anda bisa mengganti gambar atau text. Yang membatasi pada proses editing ini hanyalah kreativitas Anda.

3. Cetak pada Kertas Khusus CD-DVD

Ok, setelah semuanya selesai. Anda bisa mencetak cover CD-DVD yang baru Anda buat. Sedikit tips, jika Anda akan melakukan printing di luar. Ada baiknya Anda menyimpan file ini dalam format PDF dengan ukuran kertas yang sama.

Kenapa?

Dengan menyimpan sebagai PDF, Anda sudah mengunci layouting dan format cover. Dengan mengunci layout dan format, kita memastikan bahwa hasil print akan sama percis dengan apa yang di tampilkan di PDF.

Selanjutnya Anda bisa mencetaknya pada kertas khusus untuk CD-DVD. Kertas ini berbeda dengan kertas HVS yang biasa Anda pakai.

**

Bagaimana? mudah bukan?

Saya yakin dengan sedikit kreativitas saja Anda sudah bisa membuat Cover CD-DVD yang bagus dan profesional. Template CD DVD di atas, selain bisa Anda download pada link download yang sudah saya sediakan. Anda juga dapat men-downloadnya di gallery Microsoft Word.

Di tutorial bagaimana cara membuat cover label CD-DVD di Microsoft Word ini, saya membuatnya sejelas mungkin.

Tetapi, jika Anda masih bingung dan ada pertanyaan. Jangan sungkan untuk berkomentar. Saya akan dengan senang hati membantu teman-teman di sini.

Sumber: ClupClup

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here