4 Langkah Cara Membuat Kartu Undangan dengan Microsoft Word

0
15

Cara membuat kartu undangan dengan Microsoft Word sangatlah mudah. Anda bisa memakai semua jenis Microsoft Word, bisa Microsoft Word 2010, Microsoft Word 2013, Microsoft Word 2016, Microsoft Word 2019, atau Microsoft Word Online dari Office 365.

Pada dasarnya, yang membedakan setiap Microsoft Word hanyalah tampilan. Konsep dasarnya tetap sama.

Anda bisa membuat berbagai jenis kartu undangan, bisa kartu undangan pernikahan, kartu undangan ulang tahun, atau pesta kecil. Yang akan Anda lakukan hanyalah memilih template yang sesuai.

Cara Membuat Kartu Undangan dengan Microsoft Word

Untuk men-download template, komputer Anda harus terhubung ke internet. Tidak perlu koneksi internet yang super cepat.

Selanjutnya, silahkan buka Microsoft Word Anda. Lalu ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka Halaman Baru

Langkah pertama, buka halaman baru Microsoft Word Anda. Jika Anda memakai Microsoft Word 2010, Microsoft Word 2013, Microsoft Word 2016, dan Microsoft Word 2019. pilih menu FileNew.

Jika Anda memakai Office Online 365, setelah membuka Microsoft Word Online, pada bagian bawah klik See More Template.

Pada kotak pencarian, masukan kata kunci “wedding” untuk template undangan pernikahan. Atau “birthday” untuk undangan ulang tahun. Anda bisa menyesuaikan kata kunci sesuai kebutuhan. Silahkan gunakan google translate jika perlu.

4 Langkah Cara Membuat Kartu Undangan dengan Microsoft Word
Hasil Pencarian “Wedding” di Template Microsoft Word

Setelah hasil pencarian muncul, silahkan pilih template yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Di contoh ini saya memilih template pertama bernama “Wedding program”.

2. Download Template

Setelah memilih template, selanjutnya Microsoft Office Word akan men-download template yang Anda pilih.

Anda mungkin harus bersabar menunggu beberapa saat sampai download selesai. Seharusnya tidak lebih dari satu menit. Sesuai koneksi internet yang Anda gunakan.

3. Buat Kartu Undangan

Sekarang Anda dibawa ke halaman untuk melakukan editing template. Di bagian ini, Anda bisa mengganti nama undangan, edit tanggal undangan, atau melampirkan foto undangan.

Halaman Edit kartu Undangan
Halaman Edit kartu Undangan

Untuk menyisipkan gambar, Anda bisa melakukannya dengan cara buka menu InsertPicture.

Pilih In Front of Text untuk memudahkan memindah-mindah gambar

Agar gambar mudah di geser-geser. Pada ribbon Picture Format Wrap Text pilih menu In Front of Text.

Selain mudah digeser-geser, keuntungan memakai format In Front of Text juga adalah tidak merusak format text yang sudah kita buat.

4. Simpan Sebagai File PDF atau Gambar

Jika Undangan akan dibagikan secara online seperti melalui whatsapp, facebook, atau email. Tentu Anda memerlukan file gambar. Jika akan Anda print, ada baiknya Anda save sebagai PDF dahulu, baru Anda print.

Cara membuat file PDF dari undngan yang Anda buat di Microsoft Word sangat mudah. Silahkan Anda masuk menu FileSave AS. Pada bagian File Format, pilih PDF. Lalu tekan tombol Save atau Export.

Simpan Undangan sebagai File PDF
Simpan Undangan sebagai File PDF

Untuk membuat undangan menjadi file gambar. Cara yang digunakan adalah menkonversi PDF yang baru kita buat menjadi format JPG. Tapi tenang, cara mengkonversi PDF ke JPG tidak begitu sulit.

Anda hanya perlu masuk ke halaman PDFToImage, lalu upload file PDF Anda. Tunggu beberapa saat sampai 100%. Setelah selesai silahkan download file gambar undangan Anda.

Di atas adalah hasil akhir dari contoh undangan yang sudah saya buat. Denga menyimpan undangan sebagai gambar, Anda bisa membagikan undangan ini melalui media apa saja. Anda bisa juga menyimpan gambar kartu undangan ini sebagai kenang-kenangan.

Kesimpulan

Bagaimana mudah bukan?

Contoh undangan di atas hanyalah sebagian kecil saja dari banyak template undangan yang bisa Anda gunakan. Dengan sedikit kreativitas Anda bisa membuat kartu undangan yang sangat bagus.

Tidak hanya undangan pernikahan, Anda juga bisa membuat undangan pesta ulang tahun, pesta tahun baru, atau pesta kecil-kecilan. Ada banyak sekali template yang bisa Anda pilih.

Jika Anda memiliki pertanyaan pada tutorial cara membuat kartu undangan dengan Microsoft Word ini, jangan sungkan untuk berkomentar. Saya akan dengan senang hati membantu.

Sumber: ClupClup

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here