Cara Mempercepat Google Chrome di Komputer

0
4

Beberapa bulan yang lalu saya sempat menggunakan browser Firefox dan Safari karena kesal dengan Chrome yang semakin melambat.

Tetapi beberapa saat kemudian, saya kembali lagi ke Google Chrome karena tidak menemukan developer tools sebaik Google Chrome. Permasalahan saya adalah google chrome yang lambat atau saat mau buka tidak muncul-muncul.

Ini bukan sekali dua kali. Saya sering mengalami kejadian tersebut. Mengesalkan memang, tetapi setelah tahu sebabnya, saya langsung perbaiki, dan tidak pernah mengalami kejadian tersebut lagi.

Seringkali, chrome yang lambat disebabkan oleh chrome app yang terlalu berat atau banyak. Nah tidak jarang, google themes yang bahkan di-install dari chrome web store juga membuat google chrome lebih lambat.

Berikut adalah bagaimana cara mempercepat loading Google Chrome di Komputer.

Oh ya, meskipun preview gambar di bawah saya ambil dari Mac. Tutorial ini 100% competable untuk sistem operasi windows 7 maupun windows 10.

Uninstall Extension yang tidak Diperlukan

Extension adalah fitur yang digunakan untuk menambah kemampuan Google Chrome. Contohnya adalah extension untuk melakukan screenshoot gambar.

Sayangnya, extension seringkali digunakan secara berlebihan dan di-install secara tidak disengaja.

cara mempercepat google chrome
Menu Extensions Google Chrome

Cara menghapus extension sangat gambang, di bagian Menu Setting (titik tiga vertikal di kiri atas) → More ToolsExtensions.

Atau, Anda juga bisa mengakses extension dengan mengetikan: chrome://extensions di address bar browser.

Di menu extensions, coba teman-teman perhatikan. Adakah extension yang tidak digunakan?

Uninstall semua extension yang sudah tidak digunakan.

Cara Mempercepat Loading Google Chrome

Aktifkan layanan prediksi. Caranya, buka Menu Setting (titik tiga vertikal di kiri atas) → Settings. Di bagian pencarian, cari “Privacy and security” atau “Privasi dan keamanan“.

Pastikan aktivasi bagian “Use a prediction service to load pages more quickly“.

Gunakan layanan prediksi untuk memuat halaman lebih cepat
Aktivasi “Gunakan layanan prediksi untuk memuat halaman lebih cepat” .

Install Extension OneTab

OneTab adalah Extension yang berfungsi untuk menghemat memori komputer sampai 95%. Caranya adalah dengan menyimpan semua tab tidak terpakai dalam satu tab saja.

Nah, jika Anda ingin mengakses kembali tab tersebut. Anda hanya perlu membuka OneTab.

Bersihkan Cache dan Cookies

Buka Menu SettingSettings. Cari “Clear browsing data“. Di basic tab centang semua box, lalu klik Clear Data.

cara mempercepat loading google chrome

Jika teman-teman ingin me-reset google chrome. Cara mereset google chrome ada di bagian advanced tab.

Hati-hati: Dengan mereset google chrome, semua history, password, dan data-data lainnya akan dihapus.

Jika teman-teman ingin bereksperimen, ketikan chrome//flags di address bar. Silahkan pilih-pilih pengaturan yang sekiranya akan membantu teman-teman.

Gunakan Google Chrome Canary

Langkah ini bersifat opsional. Jika Anda sudah merasa Google Chrome Anda lebih cepat, Anda tidak perlu repot-repot meng-install Chrome Canary.

Download Google Canary.

Chrome Canary adalah browser yang di-design untuk update yang lebih cepat. Di canary, Anda akan menemukan banyak fitur yang belum ada di Google Chrome standar.

Keunggulannya, Chrome Canary akan selalu memakai teknologi paling baru. Yang artinya Anda akan menjadi orang pertama yang mencoba fitur-fitur terbaru.

FItur-fitur ini tentunya akan membuat pengalaman browsing Anda semakin menyenangkan.

Tetapi…

Bukan berarti Chrome Canary tanpa kekurangan. Anda mungkin menajadi orang pertama yang mencicipi fitur baru; Yang berarti jika ada kesalahan; Anda pula yang pertama akan mendapatkan-nya.

**

Semoga tutorial cara mempercepat google chrome ini bisa membantu teman-teman semua. Jika mengalami kendala seputar tulisan di atas, saya dengan senang hati akan menjawab pertanyaan teman-teman.

Sumber: ClupClup

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here