Mengungkap Sejarah Perkembangan Windows 10

0
10

Windows 10 merupakan Windows yang paling sempurna diantara para Windows. Lalu, bagaimana sejarah perkembangan windows 10 bisa sampai sejauh ini?

Untuk menjawab pertanyaan itu, kita harus melihat jauh kebelakang apa yang terjadi.

Windows 10 adalah sistem operasi generasi terbaru yang dibuat oleh Microsoft, tampilannya bersih, indah, dan berkelas. Tidak seperti Windows 8, Windows 10 kini menghadirkan kembali Start Menu yang sempat hilang.

Microsoft Windows 10 dirilis pada tanggal 29 Juli 2015. Windows 10 hadir menyempurnakan Windows 8. Sekilas, Anda bisa melihat bahwa Windows 10 adalah gabungan antara Windows 7 dan Windows 8.

Sejarah Perkembangan Windows 10

Tahukah Anda, untuk bisa menjadi Windows 10 seperti sekarang. Microsoft memerlukan waktu lebih dari 30 tahun. Waktu yang lama bukan.

Lalu, siapa sih sosok dibalik tercipatanya sistem operasi windows?

Bill Gates mungkin paling Anda kenal saat berbicara Windows dan Microsoft. Ya, Bill Gates adalah salah satu orang dibalik terciptanya Microsoft dan Windows.

Tanpa Bill Gates, sekarang mungkin Ada tidak akan pernah mendengar Microsoft Office, Windows 7, Windows 8, apalagi Windows 10.

Sebelum mengenal Windows 10 lebih jauh, saya akan mengenalkan secara singkat tentang siapa Bill Gates dan bagaimana Microsoft bisa tercipta.

Bill Gates, Microsoft, dan Windows

Bill Gates lahir di Seattle pada tanggal 28 Oktober 1955. Bill Gates sekolah di salah satu sekolah terbaik di Seattle; Yang bernama Lakeside School.

Ketertarikannya pada komputer sudah terlihat sejak Bill Gates masih sekolah. Di saat semua orang masih belum tahu komputer, Bill Gates adalah salah satu early adopter komputer.

Karena ketertarikannya yang tinggi, Bill Gates tidak belajar komputer di permukaan saja. Bill Gates juga belajar bahasa pemrograman komputer bernama BASIC.

Paul Allen adalah teman Bill Gates dari di Lakside School. Bersama Paul mereka belajar komputer dan BASIC.

Ngomong-ngomong, komputer pada saat itu tidak seperti komputer seperti sekarang. Komputer pada saat itu adalah komputer yang digunakan untuk melakukan perhitungan cepat dan akurat. Tanpa tampilan yang cantik dan tanpa mouse.

Setelah lulus dari Lakeside School dengan nilai tinggi, Bill Gates melanjutkan kuliah di Harvad University.

Meskipun Bill Gates sudah kuliah, tetapi kesibukan Bill Gates dan Paul Alen tidak berubah dari masa-masa SMA mereka. Mereka masih ngulik komputer. Bedanya, Paul lebih fokus pada sisi bisnis dan Gates hal teknis.

Pada tahun 1975, berawal dari riset Bill Gates tentang komputer dan kejelian melihat peluang dari Paul, Microsoft lahir. Nama ini merupakan singkatan dari Microcomputer Software.

Produk pertama Microsoft justru bukanlah sebuah sistem operasi, tetapi produk office.

HIngga beberapa tahun kemudian, Microsoft baru masuk ke dunia sistem operasi. Sistem operasi tersebut kemudian dinamakan Windows.

Sejarah perkembangan windows 10 bermula dari windows 1 yang dirilis tanggal 10 Nov 1983
Windows 1.0 dirilis tanggal 10 Nov 1983

Windows 1.0 atau yang lebih dikenal dengan MS-DOS merupakan jawaban Microsoft terhadap Apple Computer.

Windows 2 dirilis tanggal 9 Dec 1087
Windows 2.0 dirilis tanggal 9 Dec 1987
Windows 3.0 dirilis tanggal 22 Mei 1990
Windows 3.0 dirilis tanggal 22 Mei 1990
Windows NT 3.1 dirilis tanggal 27 Jul 1993
Windows NT 3.1 dirilis tanggal 27 Jul 1993
Windows 95 dirilis tanggal 24 Agustus 1995
Windows 95 dirilis tanggal 24 Agustus 1995
Windows 98 dirilis tanggal 25 Juni 1998
Windows 98 dirilis tanggal 25 Juni 1998
Windows 2000 dirilis tanggal 14 Sep 2000
Windows 2000 dirilis tanggal 14 Sep 2000
Windows XP dirilis tanggal 25 Oktober 2001
Windows XP dirilis tanggal 25 Oktober 2001
Windows Vista dirilis tanggal 30 Jan 2007
Windows Vista dirilis tanggal 30 Jan 2007
Windows 7 dirilis tanggal 22 Oktober 2009
Windows 7 dirilis tanggal 22 Oktober 2009
Windows 8 dirilis tanggal 26 Oktober 2012
Windows 8 dirilis tanggal 26 Oktober 2012
Windows 10 dirilis tanggal 29 Juli 2015
Windows 10 dirilis tanggal 29 Juli 2015

Bagaimana? Keren bukan?

Wajar jika Windows adalah sistem operasi paling digunakan di dunia. Selain secara tampilan Windows sangat memukau. Alasan lain adalah karena tingkat kompatibilitas yang tinggi. Rasanya tidak sulit bagi Anda untuk mencari aplikasi yang bisa di-install di Windows.

Perbedaan setiap Jenis Windows 10

Sebelum dirilis pada tanggal 29 Juli 2015 untuk umum; Windows 10 sebenarnya sudah bisa didapatkan sejak tanggal 30 September 2014. Hanya saja saat itu masih versi Release Candidate.

Yang menarik dari Windows 10 dibanding windows pendahulunya adalah; Kali ini Microsoft mencoba membuat universal operating system. Windows 10 didukung di PC, Laptop, tablet, bahkan smartphone.

Secara umum ada enam versi Windows 10. Berikut adalah apa-apa saja perbedaan antara berbagai versi Windows 10.

Windows 10 Home

Versi Home adalah Windows 10 yang dirancang untuk penggunaan kasual sehari-hari. Versi ini dutujukan untuk keperluan-keperluan standar seperti internet, email, atau office.

Fitur-fitur yang ada pada windows 10 home sangat dasar. Karena fiturnya yang dasar, windows 10 home bisa dibeli dengan harga yang lebih murah dibanding Windows 10 versi lainnya.

Windows 10 Pro

Windows 10 Pro adalah sistem operasi yang dirancang untuk keperluan bisnis. Anda akan diberikan sedikit kemudahan untuk urusan-urusan yang memerlukan waktu cepat. Karenanya, Windows 10 Pro biasanya yang paling terdepan untuk mendapatkan update.

Scurity yang ada dalam Windows 10 pro juga lebih ketat dibandingkan Windows 10.

Windows 10 Enterprise

Windows 10 Enterprise adalah Windows 10 Pro yang ditujukan untuk organisasi atau badan usaha. Semua kelebihan yang ada pada Windows Pro bisa Anda miliki di versi Enterprise.

Perbedaannya, Windows 10 Enterprise menyediakan support yang lebih cepat dibandingkan Wondows 10 Pro.

Windows 10 Education

Windows 10 Education pada dasarnya adalah windows 10 Enterprise yang di-design untuk keperluan sekolah dan pendidikan.

Perbedaan paling mencolok dibanding versi Enterprise adalah lisensi pada Windows 10 Education lebih fleksibel; tidak terlalu ketat seperti versi Enterprise.

Windows 10 Mobile

Windows 10 Mobile dirancang khusus untuk keperluan mobile. Windows 10 Mobile ini jauh lebih ringan dibandingkan versi PC atau Desktop.

Biasanya, Windows 10 Mobile ini dipakai untuk perangkat tablet atau smartphone. Salah satu smartphone yang memakai windows 10 mobile adalah Nokia dengan Nokia Lumia-nya.

Meskipun memang, sepertinya pasar tidak menyambut baik kehadiran windows 10 Mobile ini.

Windows 10 Mobile Enterprise

Sama seperti Windows 10 Enterprise untuk WIndows 10 Pro; Windows 10 Mobile Enterprise adalah Windows 10 Mobile untuk keperluan bisnis.

Fitur-fiturnya sama. Sedikit yang membedakan adalah update yang lebih cepat dan scurity yang lebih ketat.

Keunggulan Windows 10 dibanding Pendahulunya

Sekarang saya akan mencoba menjabarkan beberapa keunggulan Windows 10 dibandingkan Windows versi sebelumnya.

Sedikitnya ada sekitar 7 keunggulan mencolok yang ditanamkan Microsoft untuk Windows 10. Setiap fitur-fitur ini bisa Anda temukan untuk semua jenis Windows 10.

Start Menu

Benar! Setelah absen di Windows 8. Start Menu kini kembali di Windows 10.

Bisa dibilang, Start Menu pada Windows 10 merupakan gabungan antara Start Menu pada Windows 7 dan Metro Menu pada Windows 8.

Jika kalian perhatikan, Start Menu ini terbagi menjadi dia bagian. Ikon tradisional pada sisi kiri dan live tales di bagian kanan.

Tampilan Start Menu pada Windows 10
Tampilan Start Menu pada Windows 10

Fitur lain pada Start Menu Windows 10 ada pada mesin pencarinya. Form pencarian ini tidak mencari aplikasi/dokumen yang ada pada komputer saja saja, tetapi bisa juga mencari langsung ke internet. Tentu, Anda bisa kustomisasi fitur search form pada Windows 10.

Notification Center

Windows 10 Notification Center
Windows 10 Notification Center

FItur notification center terbilang mencontek MacOS. Pada dasarnya, fitur ini adalah sebuah halaman yang menampilkan notifikasi pada komputer Anda. Seperti email masuk, facebook, atau twitter.

Selain notifikasi, di bagian ini juga terdapat shortcut (jalan pintas) untuk mengatur kecerahan layar, Wifi, dan bluetooth.

Task View

Sekali lagi, Windows 10 mencontek MacOS. Task View merupakan pengembangan dari Windows Aero yang ada pada Windows Vista.

Sebagai pengguna, Anda dapat membuat virtual desktop untuk meletakan aplikasi/dokumen yang sedang aktif.

Dengan task view, harapannya pengguna Windows 10 bisa lebih produktif. Semua window aktif bisa dekelompokan sesuai kehendak pengguna.

Snap Assistant

Jika Anda adalah pengguna Windows 8, Anda mungkin tidak asing lagi dengan fitur ini. Fitur ini bernama Snap pada Windows 8 dan berganti nama menjadi Snap Assistant pada WIndows 10.

Nah, pada saat Anda membuka banyak aplikasi di layar. Anda bisa men-snap salah satu aplikasi di layar Anda. Nantinya, Snap Assistant akan membantu Anda memilih aplikasi mana saja yang paling cocok untuk Anda snap.

Continuum

Continuum merupakan penghubung antara Windows Mobile dengan Windows Desktop. Continuum memungkinkan Anda untuk berpindah mode antara mode mobile dan mode desktop.

Continuum bekerja secara otomatis. Jika Anda adalah pemilik leptop hybrid seperti Surface Pro atau Lenovo Yoga; ketika keyboard Anda copot continuum akan mengganti mode OS dengan mode tablet.

Sebaliknya, jika keyboard terpasang, Continuum akan mengganti OS dengan mode desktop.

Nah, pada mode mobile. Yang membedakan adalah menu start yang akan berubah menjadi full screen seperti pada Windows 8.

Cortana

Jika Apple memiliki Siri, Microsoft memiliki Cortana.

Ya, Cortana adalah asisten digital pribadi kita seperti Siri pada iPhone. Cortana sudah terintegrasi langsung dengan Windows 10 dan kotak pencariannya.

Dengan Cortana, Anda bisa membuat jadwal, mencari pencarian di lokal maupun internet, hanya dengan memintanya langsung dengan suara.

Anda juga bisa meminta Cortana untuk membacakan email atau sekedar iseng bercanda.

Hololens

Hololens adalah masa depan dari sejarah perkembangan windows 10 yang begitu panjang.

Bayangkan jika teknologi layar virtual yang dimiliki seperti Tony Stark pada film Iron Man bisa Anda miliki juga. Ya, itulah Hololens.

Hololens merupakan penghubung antara dunia digital dan dunia nyata. Dengan Hololens kita bisa merasakan seakan-akan kita masuk pada dunia digital.

Ilustrasi menggunakan Hololens
Ilustrasi menggunakan Hololens

Dengan Hololens, Anda bisa berinteraksi dengan Windows 10 melalui tangan kosong. Tidak melalui keyboard, tidak melalui mouse. Tetapi dengan gerakan tangan Anda sendiri.

Sayangnya Hololens ini merupakan perangkat tambahan. Dan dijual terpisah dengan Windows 10.

**

Menarik bukan?

Itulah yang terjadi pada Windows 10. Perlu waktu setidaknya 30 tahun untuk ada pada titik ini.

Sejarah perkembangan windows 10 tidak terlepas dari peran Anda sebagai penggunanya. Windows 10 merupakan refleksi dari pengguna-pengguna windows terdahulu.

Jika Anda penasaran dengan Windows 10. Anda bisa mencobanya secara gratis. Anda bisa men-download windows 10 di sini.

Sumber: ClupClup

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here