SOLUSI YOUTUBE YANG KENA BLOKIR GOOGLE

0
26

Beberapa hari belakangan ini banyak pengguna set top box android mengeluhkan tidak bisa menikmati tayangan streaming youtube. Hal tersebut terjadi karena pihak google selaku pemilik youtube hanya mengijinkan youtube digunakan pada perangkat android dengan lisensi dari google. Informasi ini saya dapatkan dari grup facebook STB ZTE ZXV10 – B860H [ID]. Berikut penjelasan yang disampaikan pada grup tersebut :

Info untuk rekan-rekan, untuk apk Youtube sudah tidak bisa lagi di akses melalui semua STB.. Sudah kebijakan dari Google nya.. Mohon di share ke rekan-rekan yg lain

– Youtube merupakan aplikasi yang disediakan oleh Google dan dapat diakses dari perangkat dengan Operating System Android TV yang certified by Google, seperti perangkat STB Android TV, Smart TV, tablet, dan smartphone.

– saat ini STB USeeTV menggunakan Android versi AOSP (Android Open Source Project) dan aplikasi Youtube yang terinstall di STB merupakan aplikasi yang disediakan Google di open market.

– Di Android AOSP tidak tersedia GMS (Google Mobile Service), yaitu API maupun aplikasi yang disediakan Google seperti Google Play Store, Youtube, dan aplikasi default Google lainnya

– Untuk mendapatkan GMS, maka perangkat ini harus disertifikasi oleh Google, tentunya ada lisensi yang harus dibayarkan oleh operator/penyedia perangkat STB. Keuntungan GMS adalah perangkat akan memiliki akses ke seluruh aplikasi yg tersedia di playstore, mendapatkan reguler update jika ada pembaharuan versi dari Google, tentunya experience-nya lebih bagus.

– Gangguan pagi ini suspect-nya ada di Apps Youtube yang tertanam di STB UseeTV yang merupakan versi open market, apps masih menggunakan versi 1.2.7 yang tidak disuport lagi oleh Google.

– Untuk pelanggan yg sudah menggunakan STB ZTE B860, sudah disediakan aplikasi versi 2.02.08. Pelanggan bisa diarahkan untuk melakukan upgrade apps Youtube melalui UseeStore, meskipun hal ini belum menjamin kontinuitas aplikasi Youtube kedepannya, karena pihak Google sudah menyatakan tidak menjamin support aplikasi Youtube di versi Android AOSP maupun versi modifikasi API Youtube.

– Ini memang policy disisi Google, agar diarahkan ada B2B dengan pihak Google atau agar operator mulai mengimplementasi Android TV. Hybrid IPTV + Android TV rencana akan kita komersialkan di Q1 2020.

informasi dari Group CC Nasional:

ZTE yang bisa di update Youtube adalah yang firmware terbaru, Jika firmware nya masih tipe lama, maka tidak bisa di update.

Ciri2 firmware terbaru adalah yang halaman UseeStore nya warna UNGU (di sisi

Pelanggan)

Usulan Script: (sementara digunakan di 147 dan Sosmed)

Bapak / Ibu Kami infokan mengenai kendala Youtube tsb dikarenakan versi Youtube yang saat ini digunakan sudah tidak support oleh Google. Guna akses Youtube kembali di IndiHome TV silakan update versi Apk Youtub terbaru di UseeStore. Terima kasih.

Yang bisa update baru ZTE B860, yang lain tidak bisa. Yang tidak bisa diberikan edukasi supaya memanfaatkan browser atau gadget yang lainnya.

Jadi masalah aplikasi youtube tidak bisa digunakan bukan hanya terjadi pada set top box android bebas namun terjadi juga pada set top box android dari operator telekomunikasi.

Untuk mengatasi masalah tersebut teman teman bisa melakukan cara cara dibawah ini :

A. PENGGUNA STB B860H INDIHOME USEETV NON ROOT

Pastikan firmware yang digunakan pada set top box ZTE B860H sudah menggunakan versi terbaru yaitu seri 20191012,jika belum lakukan update dengan cara me restart STB. Selanjutnya buka aplikasi USEE STORE lalu lakukan update. Tampilan baru usee store setelah terupdate terdapat corak warna ungu.Lakukan update youtube melalui usee store. Pilih instal kemudian tunggu beberapa saat hingga proses instal selesai. Youtube yang terupdate sebetulnya adalah aplikasi SMART YOUTUBE. Apa itu SMART YOUTUBE? Bahasannya bisa disimak pada paragraf selanjutnya

B. PENGGUNA STB B860H ROOT

1. Menggunakan aplikasi SMART YOUTUBE

Apa itu smart youtube?Dikutip dari apkfolks.com smart youtube merupakan proyek open source youtube pada Smart TV Amazon dan android set top box tanpa perlu layanan google play. Smart youtube tetap bisa melakukan login ke akun google agar bisa melihat semua daftar putar,riwayat dan langganan tontonan. Teman teman bisa download aplikasi smart youtube pada link dibawah ini :

2. Menggunakan aplikasi Youtube Red

Sebetulnya aplikasi ini merupakan aplikasi youtube premium. Namun di mesin pencarian kita bisa memperoleh dengan bebas aplikasi youtube red yang sudah di modifikasi. Youtube Red saat saya menggunakan pada stb B860H terasa sangat ringan dan halus,bahkan bisa dimainkan pada background disaat membuka aplikasi yang lain. Download Youtube Red pada link download dibawah ini :

Oke teman teman,demikian info yang dapat saya sampaikan terkait permasalahan youtube yang tidak dapat diakses di stb B860H dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat 

Sumber: JOKLESIP

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here