Bagaimana Cara Membuat Aquascape

0
17
Bagaimana Cara Membuat Aquascape

Kemarin sempat melihat video klip mas Erix Soekamti, mengupload DOES episode 809. Diberi judul Aquascape. Jika di googling, ini berarti seni menanam dalam Akuarium. Kita akan mengatur tata letak, tanaman, kayu, dan juga batu dalam sebuah akuarium. Dalam vieonya mas Erix menyarankan untuk melihat akun Youtube Pakne Kenzho, dalam bio yang ditulis di youtubenya : chanel Pakne Kenzho berisi tentang bagaimana cara membuat sebuah desain atau lay out dalam aquascape, aquarium, hardscape, paludarium dll. Selain di youtube, Pakne Kenzho juga bisa ditemui di Instagram.

Bagaimana Cara Membuat Aquascape

  1. Siapkan bahan bahan dasar untuk membangun Aquascape. Antara lain bahan bahannya akuarium, pupuk dasar, Pasir Silika, bebatuan, tanaman, pompa, saringan, dan lampu.
  2. Jika semua bahan sudah terkumpul, kita Gunakan pasir Silika sebagai dasar dari Aquascapemu. Tebal pasir sekitar 2-3 cm, gunakan pasir yang keras di bagian samping. Buat kamu yang ingin membelinya, harga pasir silika ini sekitar Rp 10.000 per kilogram.
  3. Setelah pasir, kamu bisa menaburkan pupuk di atasnya. Pupuk ini sangat penting supaya tanaman-tanaman yang nantinya ditanam bisa hidup dan tumbuh dengan subur. Harga pupuk untuk membuat aquascape sekitar Rp100.000 yang bisa kamu gunakan berulang kali.
  4. Sesudah Pasir dan pupuk, kreasi kamu dimulai. Silakan susun batu atau kayu yang akan kamu pakai dalam membuat aquascape ini. Jika kamu kamu kebingungan bagaimana caranya, kamu bisa menonton youtube untuk referensi.
  5. Tahap selanjutnya yang tak kalah penting adalah, mengisi air. Jangan sampai saat proses ini membuat pasir dan pupuk berantakan.
  6. Bagian paling terakhir dari pembuatan aquascape yaitu menanam tanaman. Proses menanam ini juga bisa kamu lakukan sebelum akuarium diisi air. Atau kamu juga bisa mengisi dengan sedikit air, kemudian tanam tanaman, kemudian isi lagi dengan air.

Berapa biaya untuk membuat Aquascape

  1. tank plastik merek gex uk 45 x 30 x 25 70 rb, custom 50 rb
  2. filter internal ato hob 60 rb
  3. DIY light 70-100 rb
  4. co2 cair / diy 50 rb
  5. substrate ngeteng jbl + malang 40 rb, tanah dan malang 20 rb
  6. tanaman. iwagumi 40 rb (tennelus beberapa bundel)
  7. batu Mulung
  8. Kipas 100 rb
    Total sekitar 390 rb kita bisa membuat Aquascape versi irit.

Gimana? Ada yang tertarik buat bikin Aquascape sambil mengisi waktu kosong saat WFH?

.

Sumber: Isi Buku Tamu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here