Cara Membuat Partisi Hardisk Tanpa Aplikasi dan Tanpa Hapus Data

0
16

Cara Membuat atau Membagi Partisi Hardisk Tanpa Menghapus Data Di Windows 7,8 Dan 10 Tanpa Aplikasi Pihak Ketiga – Mungkin beberapa orang bingung dengan membagi partisi Hardisk laptop atau komputer ntah itu sistem operasinya windows 10 ataupun windows 8 atau windows 7 yang sekarang tahun 2020 ini sudah end support.

Tapi sebenarnya untuk membagi atau membuat partisi ini cukup mudah ko caranya dan bisa diterapkan di windows 7 sampai windows 10 terbaru sekalipun. Dan juga kita tidak memerlukan aplikasi pihak ketiga untuk membagi atau membuat partisi ini.

Jika kalian memiliki macam jenis harddisk atau ssd yang memiliki kapasitas besar seperti mungkin hardisk 1TB atau 1Terabtye dan kalian ingin membaginya menjadi beberapa partisi itu bisa ko. Tapi saran saya untuk ssd jangan dilakukan pembagian partisi, karena bisa mengurasi umur dari ssd itu sendiri.

Langsung saja kita ke cara bagaimana membagi atau membuat partisi hardisk di windows.

Cara Membagi atau Membuat Partisi Hardisk

1. Kalian bisa membuka library atau windows explorer. Disini saya menggunakan windows 7 tampilannya akan seperti ini. 


kalian klik kanan saja computer jika sudah klik kanan akan muncul pilihan manage, silakan kalian klik pilihan manage tersebut, seperti gambar dibawah ini.

Tampilan di windows 7


Jika kalian menggunakan windows 10 atau windows 8 kalian bisa klik kanan pada tulisan this PC lalu pilih manage. Seperti gambar dibawah ini.


Tampilan di windows 8 dan windows 10



2. Jika kalian sudah klik manage selanjutnya kalian akan muncul window computer management. Nah jika sudah muncul kalian klik disk management. Jika sudah muncul akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini.

Untuk tampilannya pada windows 7, 8, ataupun windows 10 itu tidak beda jauh.


Gambar diatas tampilan disk management yang dimana jika ada hardisk atau flashdisk atau ssd itu bisa kedeteksi dan terlihat ukuran size yang sebenarnya.



3. Selanjutnya, jika kalian ingin membagi atau membuat partisi baru kalian pilih saja partisi nya yang ingin dibagi setelah partisinya kalian klik di kolom atau kotak nya akan ada garis miring nya itu atau biasa disebut dengan garis arsir.

Di kolom yang tedapat garis miringnya kalian klik kanan, lalu pilih menu shrink.



4. Saat sudah meng-klik pilihan shrink akan muncul tampilan pembagian ukuran disk management seperti gambar dibawah ini.


Pada enter the amount of space to shrink in MB : kalian isi atau jumlah yang ingin dibuatkan partisinya.


Sebagai contoh disini saya memakai harddisk 320GB dan saya ingin membagi partisinya sebesar 50GB maka saya tulis 50.000MB.

Jika sudah kalian langsung saja klik tombo shrink.

Jika sudah selesai maka akan muncul partisi baru dengan status unallocated. Partisi dengan status ini belum bisa kita gunakan, kita harus mengaktifkan nya terlebih dahulu.


5. Jika sudah muncul partisi baru, selanjutnya kalian klik kanan pada partisi dengan status unallocated, lalu pilih new simple volume.

Seperti gambar dibawah ini.


6. Setelah klik new simple volume selanjutnya kalian akan ditampilkan tampilan window baru seperti dibawah, langsung saja kalian klik tombol next.



7. Setelah klik tombol next, kalian akan disuruh mengisi berapa MB ukuran yang ingin dijadikan partisi baru.

Disini saya memiliki 50GB dan saya akan membuat semua menjadi partisi baru, jika kalian ingin memberikan ukuran partisi tertentu silakan masukan di simple volume size in MB jika sudah memasukan ukuran partisi yang di inginkan langsung klik next.


8. Setelah kalian klik next, kalian bisa memilih drive letter yang tersedia atau kalian ingin diberikan secara default kalian langsung saja klik next. Seperti gambar dibawah.


9. Oke selanjutnya akan muncul seperti gambar dibawah, untuk gambar dibawah kalian bisa mengganti semuanya mulai dari file systemnya, unit sizenya, dan nama tau label untuk partisinya.


Jika tidak ingin menggantinya kalian bisa langsung klik next saja.


10. Untuk step ini langsung saja kalian klik next, seperti gambar dibawah.


11. Saat kalian sudah klik next, akan muncul partisi baru yang sudah sudah aktif dan siap digunakan untuk menyimpan data data penting kalian.


Ya itu cara untuk membagi atau membuat partisi tanpa menghapus data di windows semoga bisa membantu. 

Silakan tinggalkan komentar jika ingin memberikan saran, kritik atau masukan.

Sekian Terimakasih.

Sumber: Catatan Shand

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here