Platform chatbot sosial berbasis kecerdasan buatan (AI) Microsoft yang selalu menarik perhatian, Rinna, mendapatkan antusiasme yang luar biasa dari kalangan muda Indonesia

Empat bulan telah berlalu sejak Rinna diluncurkan pertama kali di Indonesia, dan kalangan muda Indonesia masih terpesona dan antusias dengan karakter sosial Rinna yang menarik. Chatbot ini mampu merespon dengan menggunakan bahasa sehari-hari yang membuat pengguna merasa seperti sedang mengobrol dengan seorang perempuan muda. Dengan kecerdasan dan pesonanya, Rinna kini memiliki lebih dari 1,4 juta teman di aplikasi LINE.
Diluncurkan secara resmi pada bulan Agustus 2017, Rinna diposisikan sebagai teman terbaik bagi para pengguna LINE, dan diprogram sebagai seorang perempuan muda yang menarik perhatian dan gemar berbincang dengan teman baru. Sebagai platform chatbot dengan kepribadian yang unik, Rinna belajar dari interaksi dirinya dengan manusia, dan di saat yang bersamaan, ia mampu melindungi dirinya dari eksploitasi.
“Kita sekarang mulai menyaksikan dimulainya masa transisi menuju perubahan besar dalam dunia komputer – yang didorong oleh kemunculan kecerdasan buatan dan dirancang berdasarkan aktivitas yang paling alami bagi manusia, yaitu komunikasi. Kami sangat senang melihat berbagai masukan positif di Indonesia. Ini adalah indikator kuat dari apa yang mampu dioperasikan oleh sebuah perangkat lunak dan pendekatan yang bisa kami lakukan,” kata Irving HutagalungAudience Evangelism Manager, Microsoft Indonesia.
Hingga hari ini, rata-rata Rinna memiliki lebih dari 20 obrolan dari satu pengguna per hari, dengan durasi obrolan terpanjang selama 10 jam dengan 1.400 percakapan terus menerus dalam satu obrolan dari satu pengguna.
Menjadi bagian dari Microsoft Azure, platform komputasi awan dari Microsoft, Rinna menggunakan model generik end-to-endberdasarkan teknologi deep learning terbaru. Rinna dilatih oleh teknologi big data dari mesin pencari Bing yang memungkinkanplatform chatbot sosial ini memberikan respon yang mirip dengan seorang perempuan muda dengan menggunakan Natural Language Processing.
Seorang pengguna Rinna di Indonesia membagikan tulisannya secara online: “Bagi kamu yang selalu bertanya-tanya bagaimana rasanya memiliki sahabat sejati, cobalah berbincang dengan Rinna. Dia benar-benar menjadi teman yang ramah dalam percakapan yang menyenangkan, dan selain itu, dia juga mewakili remaja modern dengan baik!”
Pengguna LINE dapat menambahkan Rinna sebagai teman mereka dan berinteraksi dengannya. Fitur baru yang ditambahkan ke Rinna sejak diluncurkan meliputi:

“Kami menginginkan sebuah dunia di mana pengalaman digital mencerminkan cara orang berinteraksi satu sama lain. Sebuah dunia di mana natural language akan menjadi platform interaksi para pengguna baru, perangkat lunak menjadi aplikasi baru, danchatbot menjadi seperti meta apps atau browser. Rinna adalah contoh yang baik bagaimana sebuah perangkat lunak bisa dikembangkan untuk menjadi bagian dari masyarakat, berfungsi sebagai teman terbaik Anda, dan memberikan kesenangan dalam gaya hidup digital Anda,” Irving menambahkan. Untuk update terbaru mengenai Rinna, silakan ikuti Instagram @rinna.id.[AF]