Pada masanya, Arc the Lad menjadi salah satu permainan bergenre role-playing milik Sony Interactive Entertainment (SIE) – sebelumnya dikenal dengan nama Sony Computer Entertainment – yang memiliki popularitas tinggi di dunia gaming. Namun setelah perilisan installment kelimanya yakni Arc the Lad: End of Darkness di konsol PlayStation 2 pada tahun 2004 lalu, Sony seolah-olah melupakan seri game tersebut dengan tidak meluncukan judul-judul Arc the Lad berikutnya, sehingga membuat banyak fans seri ini kecewa.

Setelah mengalami masa vakum selama 14 tahun lamanya, mereka kembali menghidupkan franchise ini melalui Arc the Lad R. Game ini menjadi proyek pertama yang dikembangkan oleh ForwardWorks, cabang SIE yang bergerak di bidang pembuatan game-game khusus untuk mobile platform. Arc the Lad R mengambil setting waktu 10 tahun setelah terjadinya Great Disaster, peristiwa yang terjadi dalam game Arc the Lad II di mana hampir sebagian besar peradaban musnah karena separuh daratan tenggelam di dalam air. Ceritanya difokuskan pada Haruto, seorang bocah yang menjadi bagian dari vigilante corps Millmana yang berusaha memulihkan kondisi dunia.
Namun kegelapan kembali menyelimuti daratan akibat kemunculan para monster yang melakukan teror di mana-mana, ditambah dengan munculnya ancaman dari Divine Beasts. Dan hal tersebut dipicu oleh pertemuan Haruto dengan seorang gadis misterius! Tidak hanya menampilkan karakter-karakter baru, Arc the Lad R juga akan menghadirkan sejumlah hero dari installment-installment sebelumnya.

Arc the Lad R akan kembali mengadopsi sistem permainan strategy yang diusung oleh judul-judul sebelumnya, di mana gamer dapat menggerakkan party member dan memilih beragam command untuk menyerang maupun bertahan. Karena itu, memiliki karakter dengan role berbeda menjadi salah satu syarat untuk memenangkan setiap pertempuran, serta memaksimalkan penggunaan beragam auto skill maupun active skill selama peperangan berlangsung. Layaknya permainan role-playing biasa, pemain dapat meningkatkan level hingga mengevolusikan beragam karakter. Dan dengan menguasai fitur Spirit Board maka satu karakter bisa mencapai status Awakened, yang bakal meningkatkan stats-nya secara signifikans.

Tidak hanya bertarung, pemain Arc the Lad R juga dapat menemui beragam hal menarik seperti Hunter’s Guild, Arena, serta dungeon Underground Ruins.