Cara Install dan Konfigurasi PHP 7.3 Di Linux Ubuntu 18.04/18.10

0
18

Cara Install dan Konfigurasi PHP 7.3 Di Ubuntu Server Atau Desktop – Di artikel ini saya akan mulai membahas untuk cara kita bisa install atau konfigurasi PHP 7.3 Di Linux Ubuntu 18.04 atau 18.10, cara ini bisa kita terapkan untuk ubuntu desktop ataupun ubuntu server 1804. atau ubuntu server 18.10.

Cara install PHP 7.3 Di Linux Ubuntu 18.04/18.10

Untuk PHP Framework dan web aplikasi yang ada, seperti WordPress, Laravel, Nextcloud cocok atau kompatibel dengan php 7.3 ini. Baiklah kita langsung saja untuk install php 7.3 di linux ubuntu.

Cara Install PHP 7.3 Di Ubuntu 18.04 / 18.10

1. Pertama, pastikan kalian sudah membuka terminal linux kalian masing masing dan sudah masuk kedalam mode root.

Untuk Ubuntu baik itu ubuntu desktop atau server masuk kedalam mode root cukup memasukan kode perintah yaitu:

sudo su

2. Jika sudah masuk kedalam mode root,  kalian harus memasukan perintah kode dibawah ini untuk memasukan repository php yang dibuat oleh om Ondrej Surry.

add-apt-repository ppa:ondrej/php

Atau untuk gambarnya kalian bisa lihat dibawah ini. 

Baca juga : Belajar konfigurasi Debian 9 Server.

Jika sudah memasukan perintah diatas dan menekan enter, kita disuruh untuk konfirmasi untuk ingin melanjutkan atau tidak, jika ingin melanjutkan bisa tekan enter jika tida bisa menggunakan kombinasi tombol ctrl + c  untuk membatalkan konfigurasi 


Jika kalian melanjutkan konfigurasinya dengan menekan enter selanjutnya, kalian tunggu hingga selesai saja, gambar dibawah adalah sedang proses atau loading penambahan repository.

3. Jika sudah selesai melakukan konfigurasi penambahan repository, kalian harus melakukan update pada ubuntu kalian, cukup memasukan perintah dibawah ini.
apt-get update

Seperti gambar dibawah ini, tunggu hingga proses update selesai.

4. Jika sudah melakukan update diterminal linux kalian, langkah selanjutnya kalian install php 7.3 dengan memasukan perintah dibawah ini.

 apt-get install php 7.3

Jika sudah memasukan perintah diatas, tekan huruf Y dan enter untuk melanjutkan begitupun sebaliknya jika ingin membatalkannya.

5. Selanjutnya jika sudah menginstall php 7.3 nya, selanjutnya kalian bisa install  ekstensi php lainnya sesuai kebutuhan, contohnya seperti gambar dibawah.

Untuk perintahnya kalian bisa masukan perintah dibawah ini kedalam terminal linux kalian. 

apt install php7.3-cli php7.3-fpm php7.3-bcmath php7.3-curl php7.3-gd php7.3-intl php7.3-json php7.3-mbstring php7.3-mysql php7.3-opcache php7.3-sqlite3 php7.3-xml php7.3-zip

Untuk cek versi phpnya kalian bisa memasukan perintah dibawah ini.

php -v

Atau kalian bisa menginstall Ekstensi PHP yang umum digunakan, silakan kalian masukan perintah dibawah ini.

sudo apt install php7.3-common php7.3-mysql php7.3-xml php7.3-xmlrpc php7.3-curl php7.3-gd php7.3-imagick php7.3-cli php7.3-dev php7.3-imap php7.3-mbstring php7.3-opcache php7.3-soap php7.3-zip php7.3-intl -y

Jika kalian sudah melakukan install php di ubuntu kalian, selanjutnya kita test.

Bagaimana cara testnya? kita bisa test dengan memasukan file info.php yang isinya kode dibawah ini.

untuk file phpnya kalian bisa membuatnya langsung di server ubuntunya atau bisa dibuat di windows lalu di file transfer ke server linux menggunakan samba.

Untuk file info.php nya kalian bisa letakan pada folder /var/www/html yaa…

Jika kalian sudah memiliki file info.php nya kalian test di web browser kalian, sebelumnya saya sudah install web server di ubuntu server saya.

Nah jika kalian sudah memiliki file info.php dan juga telah menginstall web servernya ntah itu apache2 atau nginx. 

Untuk test apakah php kita sudah berjalan di ubuntu desktop atau server kita, kalian masukan ip server kalian atau ip kalian di url bar pada web browser dan tambahkan /info.php

contohnya seperti ini

(ipserver)/info.php

disini ip saya adalah 192.168.100.253, maka akan saya tambahkan /info.php dan jadinya seperti dibawah ini

192.168.100.253/info.php

Jika php kalian sudah aktif dan running akan muncul tampilan seperti dibawah ini.

Sekian dari artikel saya kali ini jika ada kekurangan mohon maaf, ada kritik, saran atau masukan bisa diberitahukan kepada admin melalui kolom komentar dibaawah ini atau kontak page yang ada di blog ini.

Sekian terimakasih.

Sumber: Catatan Shand

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here