Install Dan Setting AdGuard Home Di STB b860h Linux Armbian

0
18

Cara Memblokir Iklan Dengan Install Adguard Home Di Armbian STB Bekas Indihome B860H – Selain menjadikan sebagai mini PC STB Bekas Indihome ini bisa juga kita jadikan sebagai DNS Server untuk blokir iklan dengan cara install adguard di armbian yang sebelumnya sudah kita install di STB Zte bekas indihome ini.

Adguard ini sama halnya dengan Pi-Hole, tapi menurut saya Adguard ini cukup mudah untuk diterapkan atau untuk di install di STB zte ini. Saya bahas sedikit tentang pengertian adguard ini.

Adguard Home merupakan sebuah software yang bersifat open-source yang bisa kita gunakan di jaringan LAN atau jaringan lokal kita yang dimana adguard home ini memiliki fungsi salah satunya untuk memblokir iklan. 

Dengan kita memblokir iklan tentu client atau user user yang senang browsing-browsing mencari suatu informasi tidak terganggu oleh adanya iklan. Tetapi dengan kita memasang adguard untuk blokir iklan, tentu para blogger yang blognya terdapat iklan diblognya untuk mendapatkan uang dari blog, akan merasa sedih karena iklannya tidak muncul termasuk saya hehe 😃.

Tapi itu hak semua orang sih, ada iklan atau tidak adanya iklan itu merupakan hak si usernya sendiri jika ingin memblokir iklan demi kenyamanan browsing browsing.

Dibawah merupakan Gambar sebelum saya menginstall adguard, di gmabar tersebut terlihat bahwa saat saya mengakses blog saya muncul iklan. Kalian bisa lihat gambar tersebut.

Sebelum install dan setting adguard

Sebenarnya kita pasang ekstensi adblocker di web browser kita juga bisa untuk menghilangkan atau blokir iklan, tapi itu hanya bisa digunakan pribadi saja. Jika orang lain ingin iklannya hilang juga maka harus memasang masing masing dari mereka ekstensi adbloker. 

Tapi dengan kita menjadi kan stb bekas indihome ini menjadi server adguard home, tentu orang yang terhubung ke jaringan lokal jika akan otomatis terblokir iklannya karena kita telah mengaktifkan adguard ini. 

stb bekas indihome ini bisa kalian dapatkan dengan harga yang cukup murah menurut saya pribadi, hanya dengan keluarkan uang sebesar 200ribu sampai 300ribu kalian sudah bisa mendapatkan stb zte b860h itu ko atau mungkin stb fiberhome hg680p. 

Jika sudah mendapatkan device tersebut kalian langsung bisa install armbian di stb tersebut dan langsung install dan setting adguard di linux armbian tersebut.

Cara Install Adguard Di linux Armbian untuk blokir iklan

Langsung saja kita masuk ke tutorial cara blokir iklan dengan install adguard di armbian linux.

Install dan Setup AdGuardHome

1. Pertama kalian remote stb kalian terlebih dahulu, atau masuk kedalam terminal armbian di stb kalian masing-masing terlebih dahulu.

Jika sudah kalian masuk kedalam mode root di stb kalian, disini saya menggunakan armbian based ubuntu 18.04 jadi saya memasukan perintah sudo su untuk masuk kedalam mode root.

Jika kalian menggunakan armbian based debian kalian masukan perintah su untuk masuk kedalam mode root.


2. Jika sudah masuk kedalam mode root, kalian copy perintah dibawah ini dan paste di terminal armbian kalian masing masing.

wget https://static.adguard.com/adguardhome/edge/AdGuardHome_linux_arm64.tar.gz

Seperti gambar dibawah ini.



Setelah kalian tekan enter, akan muncul tampilan seperti dibawah ini.


Biarkan saja tampilan seperti itu, itu sedang proses download file Adguard home nya. Jika sudah selesai di install akan muncul file seperti ini.



3. Sekarang kita extract file adguard yang sudah kita download tadi. Dengan cara memasukan perintah dibawah ini.

tar xvf AdguardHome_Linux_arm64.tar.gz

Jika sudah tekan enter akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini. 


4. Jika sudah kita lihat dengan perintah ls untuk melihat apakah sudah ada folder adguardnya. Jika sudah ada kalian masuk kedalam folder adguardnya dengan perintah dibawah ini.
cd AdGuardHome

Jika sudah kita lihat isi dari folder adguard tersebut, dan muncul file file adguardnya seperti gambar dibawah ini. 



5. Selanjutnya, kalian masukan perintah dibawah ini untuk meng-eksekusi adguard nya.
./AdGuardHome

Akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini.

Terdapat perintah Go to Http: ip-address:3000 ip address tersebut kita masukan kedalam bar url address di web browser,  jika kalian sudah memasukannya di bar address web browser, akan muncul setup seperti gambar dibawah ini.


6. Selanjutnya kita klik mari mulai atau get started, akan muncul tampilan default atau setup default seperti gambar dibawah ini.

Yang kita ubah hanya cukup Port hanya saja yaitu port admin dan juga port DNS Servernya.

Portnya bisa sesuaikan dengan keinginan kalian, disini saya menggunakan port admin dengan memasukan port 8008 dan port DNS Servernya yaitu 5352.

Seperti gambar dibawah ini.

Jika sudah memasukan port nya, langsung saja kalian klik tombol next atau selanjutnya yang berwarna hijau itu.

7. Selanjutnya kita disuruh untuk memasukan username dan juga password, silakan di isi sesuai ke inginan kalian.

Jika sudah klik next atau selanjutnya.


8. Langkah selanjutnya, akan muncul cara untuk melakukan konfigurasinya seperti untuk di Router, Windows, Macos, Android, iOS dan DNS Privasi. Tinggal kalian ikuti saja langkah-langkah yang sudah diberitahukan dibawah ini.

Disini saya akan setting AdGuard ini dengan Routerboard Mikrotik. Posisi ini langsung kalian bisa klik next atau selanjutnya untuk masuk kedalam halaman dashboard.

Dibawah ini adalah halaman dashboard dari AdGuardHome yang sudah kita install.

Setting Adguard Di Mikrotik

1. Pertama kita setup di AdGuardnya terlebih dahulu, klik filter atau penyaringan lalu klik DNS blocklist atau daftar blokir dns, seperti gambar dibawah ini.

Selanjutnya centang atau ceklis semua daftar URL, seperti gambar dibawah ini.


2. Jika sudah selanjutnya kita setting dibagian mikrotiknya, pertama kalian masuk atau remote terlebih dahulu mikrotik kalian.

Jika sudah masuk kedalam dashboard winbox, kalian klik IP lalu klik firewall pilih tab menu NAT lalu klik tombol tanda [+].

Seperti gambar dibawah ini.

3. Selanjutnya pada window new NAT rule, kalian konfigurasikan atau setting seperti gambar dibawah ini.
Chain : dstnat
src. Address : [!]192.168.100.253
protocol : tcp
Dst.Port : 53

Keterangan:
src address sesuaikan dengan ip address adguard yang kalian dapatkan.

Jika sudah klik menu tab action, pada menu tab action kalian konfigurasikan seperti gambar dibawah ini.
action : dst-nat
To Addresses : 192.168.100.253
To Ports : 5352
Keterangan:
To Address isi dengan ip address adguard kalian
To Ports isi dengan port dns yang sebelumnya sudah kalian setting di awal setup adguard

Jika sudah klik apply dan ok.
4. Selanjutnya kalian buat lagi new NAT rulenya, hanya pada step ini dibedakan hanya pada bagian protocol saja. Sebelumnya kita memilih protocol nya itu di isi dengan tcp, step ini kita ganti dengan udp.
Seperti gambar dibawah ini.
chain : dstnat
src address : [!] 192.168.100.253
Protocol : udp
Dst. Port : 53

Pada bagian menu tab actionnya tetap sama tidak ada yang dirubah ataupun berubah, kalian bisa langsung klik tombol apply dan ok.
action : dst-nat
To Addresses : 192.168.100.253
To Ports : 5352

Jika sudah kita berikan komentar dari masing masing konfigurasinya seperti gambar dibawah ini.

Nah jika sudah sekarang kita cek atau kita uji coba, apakah iklan benar benar hilang saat selesai install dan setting adguard di linux armbian?
disini saya mencoba masuk ke blog saya sebelum install dan setting adguard, blog saya memiliki iklan google adsense. Sekarang kita sudah selesai menginstall dan setting adguardnya di linux armbian.
Hasilnya iklan google adsense diblog saya telah hilang, seperti gambar dibawah ini.

Oke, kita coba pada situs lain, kita coba situs berita apakah iklannya akan hilang?
Hasilnya iklan yang berada di website berita kompas.com telah hilang, seperti gambar dibawah ini.

Dan kita check pada dashboard AdGuardHome terdapat traffik seperti gambar dibawah ini.

Sekarang proteksi perlindungan ads blockernya kita matikan, seperti gambar dibawah ini.
Bagaimana kita tahu kalau AdGuard ini benar benar mati? 
cukup lihat pada lambang tulisan AdGuard diatas. Jika nyala maka akan muncul tulisan hidup jika mati akan muncul tulisan mati.

Sekarang kita kembali lagi ke website kompas.com dan melihat apakah iklannya muncul?
Dan hasilnya iklannya ternyata muncul, kalian bisa lihat gambar dibawah ini.
Dimana letak iklannya ?

Jika kalian letakan kursor mouse kalian pada iklan tersebut akan muncul link iklannya. 
Gimana, mudah bukan Install dan Setting AdGuard Home ini? dengan install adguard kita bisa berselancar di google atau membaca artikel artikel seperti berita, sport, teknologi dll dengan tanpa takut di ganggu dengan iklan, tapi di sisi lain pemilik website atau blog seperti saya mungkin akan sedih karena pendapatkan dari blog salah satunya yaitu dari iklan jika memasang adblock iklan seperti ini pasti atau mungkin pendapatan kita akan turun hehe 😂. 
Tapi sekali lagi, itu hak kalian ingin memasang atau tidak memasang adblocker tergantung kalian sendiri sebagai pengunjung dari blog atau website tersebut.
jika kalian bingung saat setup atau installasi nya bisa tulis kolom komentar siapa tau bisa saya bantu atau ada yang ingin memberikan saran, kritik, masukan bisa masukan juga di kolom komentar..
Semoga bermanfaat artikel ini dan artikel lainnya.
Sekian Terimakasih.

Sumber: Catatan Shand

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here