Install Jellyfin di STB B860H Untuk Menjadi Server Media Streaming

0
9

Install Jellyfin Di STB B860H Bekas Indihome – Selain menjadi web server, dns server menggunakanadguard stb b860h ini juga bisa kita jadikan sebagai media file server.Untuk softwarenya sendiri disini saya menggunakan jellyfin. Selain jellyfin sebenarnya ada open media vault (omv) tapi saya penasaran dengan software ini dan maka dari itu saya mencoba nya. Jellyfin ini bersifat open-source sama seperti open media vault (omv).


Harga STB ini cukup murah mulai dari 200 hingga 300 tentunya beda seller beda harga. Awalnya stb ini saya gunakan sebagai android TV yang saya gunakan hanya menonton film, anime, menonton video di youtube, mendengarkan music di youtube dan juga kadang streaming acara tv, streaming film di nextflix atau iflix di stb bekas indihome ini.

Tentunya stb zte b860h ini harus kita unlock dan root terlebih dahulu sebelum kita menggunakannya sebagai android tv ataupun menjadikannya sebagai mini pc, tapi jika kalian tidak bisa root dan unlock stb b860h ini. Kalian bisa membelinya kepada seller yang stb nya sudah di unlock dan sudah di root alias tinggal pakai saja.

Tapi ga ada salahnya kalian ingin belajar mencoba root dan unlock stb satu ini, menurut saya caranya gampang-gampang susah  😁. Jika stb zte bekas indihome ini kalian sudah root, kalian bisa menginstall nya menjadi android tv atau menjadi mini pc. 

Untuk menjadi mini pc kalian bisa install armbian di stb zte b860h ini, jika ingin menjadikan android tv kalian bisa menginstall salah satu sistem operasi (OS) android. OS android yang pernah saya gunakan salah satunya adalah pulpstone yang di kembangkan oleh Bapak Fuad salim.

Selain menjadikannya sebagai mini pc, stb zte ini juga bisa dijadikan sebagai mini server, salah satunya seperti install adguard untuk blokir iklan, install wordpress untuk dijadikan website local, dijadikan file media streaming yang akan saya berikan cara tutorialnya pada artikel ini.

Menjadikan stb bekas indihome sebagai server file media streaming

Baiklah langsung saja kita masuk ke tutorial cara menjadikan stb zte b860h menjadi file media streaming.

Install dan Setup Jellyfin

1. Pertama kalian buka terlebih dahulu terminal dari armbian kalian masing masing, disini saya meremote armbian menggunakan software putty. 
Selanjutnya kalian masuk kedalam mode root dengan memasukan perintah su atau sudo su dan masukan password kalian.

2. Jika sudah masukan perintah dibawah ini, untuk Instal transport HTTPS 

apt install apt-transport-https


3. Selanjutnya, untuk Import Kunci Jellyfin GPG signing masukan perintah dibawah ini. 

wget -O – https://repo.jellyfin.org/debian/jellyfin_team.gpg.key | sudo apt-key add –


4. Selanjutnya, kita tambah repository jellyfin, masukan perintah dibawah ini.

sudo touch /etc/apt/sources.list.d/jellyfin.list

setelah sudah memasukan perintah diatas masukan perintah dibawah ini juga.
echo “deb [arch=$( dpkg –print-architecture )] https://repo.jellyfin.org/debian $( lsb_release -c -s ) main” | sudo tee /etc/apt/sources.list.d/jellyfin.list


5. Selanjutnya kita update repository pada server kita dengan memasukan perintah. 

apt-get update


6. Jika sudah update repository selanjutnya kita install jellyfin nya, dengan memasukan perintah dibawah ini. 

sudo apt install jellyfin -y

Atau perintah dibawah ini.

sudo apt install jellyfin 


7. Jika sudah install jellyfin, sekarang kita check statusnya dengan memasukan perintah dibawah ini. 

systemctl status jellyfin

Jika hasilnya sudah active atau running berarti jellyfin sudah bisa kita akses.


8. Jika kita ingin mengakses media streaming server jellyfin ini, jika cukup memasukan ip address kita kedalam url address di web browser dengan menambahkan port 8096, formatnya seperti ini (ip-address):8096.
Contohnya seperti ini
Disini IP yang saya dapat adalah 192.168.30.253.


9. maka saya masukan ip saya dengan port 8096 di web browser seperti gambar dibawah ini, Setelah kalian memasukan ip address akan muncul tampilan pertama dari jellyfin seperti gambar dibawah.

Kalian klik tombol next saja untuk melanjutkan stepnya.
10. Step selanjutnya, kalian akan disuruh memasukan username dan juga password jika sudah langsung klik next.
11. Untuk step selanjutnya kita langsung next saja, kita akan setup library pada halaman dashboard saja.
12. Pada tampilan ini kalian disuruh untuk mengisi lokasi dan juga bahasa, jika sudah langsung klik next.

13. Untuk tampilan dibawah remote access saya biarkan default saja dan saya langsung klik next.
14. Untuk setup pertama jellyfin selesai langsung saja klik tombol finish.
15. Setelah klik tombol finish kita akan masuk ke tampilan login, silakan masukan username dan password yang sudah kalian setup sebelumnya.
16. Setelah berhasil login, tampilan awal belum terlihat apa apa karena kita belum setup medianya di server. 

Setup Media di jellyfin

1. Disini kita cek terlebih dahulu, apakah flashdisk atau harddisk external kita sudah terdeteksi, masukan perintah dibawah ini.

Fdisk -l

Disini terlihat flashdisk saya berukuran 32GB terdeteksi dengan device /dev/sdb1, seperti gambar dibawah ini.

2. Jika sudah terdeteksi kita buat foldernya terlebih dahulu, untuk membuat foldernya kita bisa membuatnya didalam folder /media ataupun didalam folder /mnt

Disini saya membuat folder didalam folder /media dengan memasukan perintah dibawah ini.

mkdir /media/storage1

Seperti gambar dibawah ini. 

Jika sudah membuat folder kita lihat apakah foldernya sudah benar benar terbuat? Dengan memasukan perintah ls untuk melihat isi folder.

Seperti gambar dibawah kalau foldernya sudah benar benar terbuat dengan nama storage1. Untuk nama folder itu terserah kalian ya…

3. Selanjutnya kita mount penyimpanan externalnya ke folder yang sudah kita buat, dengan memasukan perintah dibawah ini.

Mount /dev/sdb1 /media/storage1

Seperti gambar dibawah ini.
Jika sudah mount penyimpanan externalnya, didalam folder storage1 kita buat file lagi untuk memisahkan file file yang nantinya akan kita masukan.
Masukan perintah dibawah ini untuk membuat dari dalam folder yang sudah kita buat sebelumnya tadi.

Mkdir /media/storage1/photo


4. Selanjutnya kita setting file smb.conf nya atau file sambanya, jika kalian belum install sambanya, kalian install terlebih dahulu samba servernya. (Baca juga : cara install samba server).
Jika sudah install sambanya, masukan perintah dibawah ini untuk melakukan setting pada file smb.conf.

nano /etc/samba/smb.conf

5. Selanjutnya dibaris paling bawah kalian tambahkan perintah seperti gambar dibawah.

Untuk path itu adalah lokasi folder, Selebihnya kalian bisa baca di artikel cara install samba server di blog ini.
6. Nah jika sudah di setting file samba config nya, selanjutnya kalian masukan file berupa gambar misalnya kedalam folder yang sudah ktia buat tadi, foldernya yaitu /media/storage1/photo.
7. Jika kalian sudah memasukan file baik itu berupa gambar ataupun berupa music, video selajutnya kita tinggal setup media di dashboard jellyfin. 
Silakan kalian masuk kedalam dashboard jellyfinnya, jika sudah masuk kedalam dashboard jellyfin dan kalian klik menu libraries seperti gambar dibawah ini.
8. Jika sudah berada didalam menu libraries, klik tanda tambah add media library seperti gambar dibawah ini. Jika sudah berada didalam menu libraries, klik tanda tambah add media library seperti gambar dibawah ini.
9. Saat sudah klik add media library, pada content type kalian pilih atau sesuaikan dengan folder yang kalian ingin masukan.
Disini saya memilih photo karena saya ingin memasukan file media berupa foto.
10. Selanjutnya pilih dan cari folder yang sebelumnya sudah kita setting dan sudah kita buat, contohnya seperti gambar dibawah ini. Jika sudah kalian klik ok. 

Setelah kalian sudah klik ok, akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini.

Selanjutnya kalian ke dashboard halaman menu utama maka akan muncul tampilan file yang sudah kalian setup. Saya kan setup media file berupa gambar maka hasilnya seperti gambar dibawah.

Selain foto, jika kita memiliki video kita bisa masukan video tersebut kedalam jellyfin dan saat video tersebut sudah berada di server orang orang atau client client yang terhubung satu jaringan dengan server media streaming jellyfin ini, bisa melakukan streaming pada video yang sudah kita masukan kedalam server. 
Tidak hanya bisa melihat foto dan streaming video saja user atu client yang satu jaringan dengan jellyfin ini bisa streaming music, jika music tersebut sudah dimasukan atau di upload kedalam jellyfin ini.

Mungkin penjelasannya sedikit ribet ya haha….mungkin bisa tuliskan saja di kolom komentar jika ada yang kurang paham atau bingung.
kalian bisa tanyakan dikolom komentar dibawah ini atau kalian ingin memberikan saran, kritik, dan masukan bisa juga tuliskan di kolom komentar dibawah ini.
Semoga bisa bermanfaat ya artikel ini walaupun sedikit ribet penjelasannya hehe..
Sekian Terimakasih.

Sumber: Catatan Shand

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here