Jenis Jenis Konektor Pada Kabel Fiber Optik (FO)

0
8

Macam Macam Jenis Konektor Yang Terdapat Pada Kabel Fiber Optik (FO) –  Saat ini sudah banyak yang menggunakan kabel fiber optik atau biasa disingkat FO. Tapi kalian apa kalian tahu? Kabel fiber optik itu memiliki macam macam jenis pada konektornya. Selain kabel coaxcial, kabel UTP, Kabel STP, kabel fiber optic juga merupakan kabel yang sering digunakan pada jaringan komputer

Kita bahas sedikit kembali tentang pengertian kabel fiber optik. Kabel fiber optik merupakan kabel yang memiliki bahan dari serat serat kaca yang sangat halus didalamnya dan telah di campurkan oleh berbahan plastik menggunakan pembiasan cahaya saat dilakukan sebagai transmisi.

Serat optik yang berada di dalam kabel fiber optik memiliki tugas atau mempunyai peran untuk pemandu dari gelombang cahaya serat optik yang terbuat bahan silika atau bahan gelas yang memiliki ukuran sangat kecil dan juga ringan tapi dapat menghantarkan sinyal informasi dengan jumlah yang besar.

jenis jenis konektor kabel fiber optik

Sebagai orang network engineer atau teknisi kabel fiber optik kita perlu tahu macam macam jenis konektor pada kabel fiber optik atau kabel FO ini. Karena setiap jenis konektor pada kabel fiber optik ini digunakan atau memiliki fungsi yang berbeda berbeda dan tentunya digunakan pada saat yang berbeda beda juga.

Kita langsung saja bahas untuk bisa mengetahui apa saja jenis jenis konektor pada kabel fiber optik yang sekarang ini sudah banyak digunakan oleh ISP atau jaringan komputer saat ini.

Jenis Jenis Konektor Pada Kabel Fiber Optik

Ada beberapa jenis konektor pada fiber optik antara lain adalah:

1. Konektor E2000

Konektor E2000 yang memiliki mekanisme dengan sistem atau cara kerja kopling push-pull, yang dimana E2000 ini menggunakan rana logam otomatis di konektor untuk melindungi dari sinar laser dan debu.


2. Fiber Connector

FC atau Fiber Connector ini digunakan utuk pada kabel single mode dengan tingkat keakurasian yang dimilikinya sangat tinggi saat dihubungkan kabel fiber optik ini dengan trasmitter ataupun receiver. 

jenis jenis konektor kabel fiber optik
Konektor fiber connector

Konektor ini menggunakan sistem drat ulir dengan posisi yang dapat di atur sehingga ketika di pasangkan ke perangkat lain akurasinya tidak mudah untuk berubah ubah.

Untuk konektor fiber optik tipe ini sangat mudah digunakan tanpa slicer atau splicing tools. 


3. Straight Tip 

Straight tip atau ST bukan straight pada kabel UTP ya ini kabel fiber optik hehe..
jenis jenis konektor kabel fiber optik
Konektor ST
Bentuk dari straight tip (ST) ini seperti bayonet berkunci hampir mirip dengan konektor BNC atau Bayonet Neil-Concelman.
Sangat umum digunakan baik pada kabel fiber optik multi mode ataupun yang single mode dan juga sangat mudah digunakan baik dipasang ataupun dicabut.

4. Subcriber Connector

jenis jenis konektor kabel fiber optik
Konektor SC


Kabel fiber optik dengan konektor SC atau subsciber connector memiliki sistem pasang cabut. Biasanya konektor jenis ini digunakan untuk kabel yang single mode.
Dan juga konektor jenis ini tidak terlalu mahal untuk harganya sendiri, cukup simple dan dapat di setting atau diatur secara manual dengan tinggkat akurasinya baik bila kabel fiber optik dengan konekto ini dipasangkan ke perangkat lain, contohnya router GPON.

5. Lucent Connector (LC) Simplex

jenis jenis konektor kabel fiber optik
Konektor LC Simplex


Lucent Connector Simplex yang dikembangkan oleh Lucent Technologies, memiliki ukuran setengah dari konektor subciber connector atau SC.
Konektor Lucent Connector ini digunakan untuk penyebaran dengan tingkat kepadatan tinggi dimana beberapa serat berhenti didalam ruang tertutup.
Konektor LC ini atau Lucent Connector Simplex menggunakan ferrule 1.25mm dengan mekanisme tab penahan yang serupa dengan konektor telepon (RJ11) atau RJ-45.
Seperti konektor SC, body pada konektor LC ini berbentu pesergi dan biasanya dua konektor ini diikat bersamaan dengan klik plastik untuk membuat koneksi dupleks.
Pencocokan untuk konektor LC memiliki insertion loss dengan sebesar 0.25dB, dan konektor ini dapat digunakan untuk kabel single mode ataupun kabel multimode.

6. LC Duplex (Lucent Connector Duplex)

jenis jenis konektor kabel fiber optik
konektor LC Duplex


LC Duplex atau Lucent Connector Duplex, diatas kita bicarakan yang simplex kali ini yang duplex. LC Duplex konektor fiber optik yang paling sering digunakan untuk menghubungkan antar swtich yang menggunakan modul SFP.
Konektor LC jenis ini memiliki 2 cabang terpisah RX/TX dan kabel ini digunakan untuk jenis kabel fiber optik single mode dan juga multi mode. 
Kabel fiber optik dengan konektor Lucent Connector Duplex ini adalah serat single mode (9mikron inti) yang dirancang untuk mentransmisikan data jarak jauh dengan kecepatan yang tinggi.
Kabelnya adalah duplex yang memiliki dua serat yang memungkinkan komunikasi singkron antar perangkat. Diameter cladding adalah 125 mikron.

7. Konektor Fiber optik MU

Konektor fiber optik MU terlihat seperti miniatur SC dengan ferrule 1,25 mm, dengan sistem desain push-pull yang sederhana dan body miniatur yang ringkas. Digunakan untuk beberapa konektor optik kompak dan mekanisme self-retentive untuk aplikasi backplane. 
konektor kabel fiber optik MU
Konektornya terdiri dari rumah plastik. Konektor MU adalah konektor optik yang di miniatur dan dikembangkan dengan aplikasi kepadatan dan kinerjanya.


8. Konektor E2000/APC

Solusi untuk hemat biaya yang menyediakan bandwidth dan tingkat transmisi yang tinggi dalam jarak yang lebih jauh. Kabel patch serat optik singlemode berkualitas tinggi ini dirancang khusus dengan menggunakan serat SMF-28e untuk aplikasi ethernet. 
Kabel ini sesuai dengan ROHS. Setiap koneksi memiliki daya tahan lebih besar dalam menahan tarikan, ketegangan dan dampak pemasangan kabel. 
Setiap kabel 100% diperiksa dan diuji secara optik untuk penyisipan kerugian sebelum Anda menerimanya. Desain jaket pull-proof mengelilingi serat mode tunggal yang populer 9/125, kebal terhadap gangguan listrik.
9. Konektor kabel fiber optik D4

konektor fiber optic D4


konektor kabel fiber ini hampir mirip dengan FC atau Fiber Connector hanya saja berbeda pada bagian ukurannya saja. Perbedaan ukurannya sekitar 2 mm pada bagian ferrule-nya.

10. Konektor kabel fiber optik bionic

konektor fiber optik bionic

Salah satu konektor yang kali pertama muncul dalam komunikasi fiber optik. Saat ini sangat jarang digunakan.
Mungkin ini saja dulu yang bisa saya sampaikan untuk macam macam jenis konektor pada kabel fiber optik, semoga bisa bermanfaat.
Ada yang ingin menambahkan mungkin? bisa ketikan di kolom komentar ya..😁
Jika ada saran, kritik, atau masukan bisa langsung di kolom komentar yaa..
Sekian Terimakasih.

Sumber: Catatan Shand

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here