Pengertian Dan Jenis Jenis Infrastruktur Jaringan Komputer

0
24

Pengertian Infrastruktur Jaringan Komputer Dan Juga Jenis Jenis Infrastruktur Jaringan Komputer Yang Digunakan Saat Ini – Di artikel ini kita bahas sedikit tentang infrastruktur jaringan komputer dan juga jenis jenis infrastruktur jaringan komputer. Baiklah kita langsung saja.

Pengertian infrastruktur jaringan komputer dan jenis nya

Pengertian Infrastruktur Jaringan Komputer

Infrastruktur jaringan adalah sebuah kumpulan dari sistem komputer yang saling berhubungan satu sama lain, dihubungkan oleh berbagai macam bagian dari sebuah arsitektur telekomunikasi. 

Infrastruktur jaringan terdiri dari perpaduan banyaknya tekonologi dan sistem, sebagai seorang administrator jaringan harus  menguasai dalam teknologi dan sistem yang terkait agar nantinya infrastruktur jaringan dapat bisa dipelihara dengan mudah, dan di support dengan baik, serta dapat memudahkan dalam troubleshooting jika terjadi suatu masalah baik itu berupa masalah kecil pada infrastruktur jaringan sampai masalah besar pada sistem jaringan secara global.

Infrastuktur dapat berupa infrastruktur terbuka (open) atau infrastruktur tertutup (close). Contoh infrastuktur terbuka adalah internet, sedangkan contoh dari infrastruktur tertutup adalah private intranet. Mereka dapat beroperasi melalui media transmisi koneksi jaringan kabel atau jaringan wireless, atau kombinasi antara keduanya.
Secara khusus, infrastruktur jaringan komputer ini mengacu pada organisasi dan berbagai bagian konfigurasi mereka mulai dari jaringan komputer individu sampai pada router, kabel, wireless access point, switch, backbone, network protocol, dan network access control dan security.
Bentuk paling sederhana dari infrastruktur jaringan biasanya terdiri dari satu atau dua bahkan lebih komputer, sebuah jaringan atau koneksi Internet, sebuah hub yang menghubungkan komputer yang satu dengan komputer lainnya sampai dengan komputer terhubung dengan komputer lainnya atau sistem jaringan yang bisa hubung dengan sistem jaringan lainnya.
Untuk kita orang yang masih kurang paham akan apa itu networking. Punya pemikiran kurang lebih seperti ini gambarannya.
kita bisa mengakses internet dari rumah dengan memanfaatkan internet kabel ntah itu menggunakan kabel tembaga atau coaxcial atau fiberoptic atau data internet dari smartphone.
Atau Perspektif untuk orang yang kurang paham (awam) akan insfrastruktur jaringan seperti gambar dibawah ini.
Pada gambar diatas terdapat dua teknologi yang digunakan, yaitu wireless dan wired.
Contoh pertama bagian atas
User mengakses internet dari laptop yang terhubung dengan kabel ethernet yang terhubung ke modem. Kemudian modem tersebut terhubung ke internet dengan media kabel coaxial.
Contoh gambar kedua dibawah
lebih canggih atau paling sering digunakan saat ini..
Karena sudah menggunakan wireless dan telah menggunakan fiber optik. (baca juga: Contoh Kabel Jaringan Yang Sering digunakan)
Modem atau router tidak lagi menggunakan kabel coaxial, sekarang menggunakan kabel fiber optik untuk terhubung ke internet, dan user terhubung ke router menggunakan wireless.
Didalam infrastruktur jaringan komputer kita sangat memerlukan yang namanya network security atau Keamanan jaringan merupakan perhatian utama ketika membangun sebuah infrastruktur jaringan. Kebanyakan arsitektur menggunakan router dengan firewall terintegrasi alias built-in firewall.
Dan juga software yang memungkinkan untuk memberikan kemudahan akses kontrol, data packet monitoring dan penggunaan protocol yang diatur secara ketat.
Keamanan jaringan juga dapat dikontrol dengan cara menyesuaikan network sharing properties pada masing-masing komputer yang tersedia atau yang ada dan yang membatasi folder dan file untuk dapat terlihat oleh pengguna tertentu pada jaringan.

Jenis jenis Infrastruktur Jaringan Komputer

Pada Suatu infrastruktur jaringan adalah sekumpulan komponen-komponen fisik dan juga  logical yang memberikan pondasi konektifitas, keamanan, routing, manajemen, access, dan berbagai macam fitur integral jaringan. 
Contohnya saja jika kita terhubung dengan jaringan Internet, maka kita akan lebih banyak memakai protocol TCP/IP yang merupakan aturan atau prot paling banyak dipakai pada jaringan baik pada jaringan berskala kecil dirumahan sampai jaringan global internet.
1. Infrastruktur Jaringan Fisik 

Suatu infrastruktur fisik, sesuai dengan namanya fisik, maka akan banyak berhubungan dengan komponen atau perangkat fisik pada suatu jaringan komputer, contoh 
Pada topologi jaringan yang kalian pakai memakai kabel backbone Gigabit Ethernet. Maka kalian harus memakai kabel CAT5e agar bisa mendukung speed Gigabit.
Selain kabel, semua perangkat jaringan yang masuk kedalam kategori infrastruktur fisik yaitu:
  • Router digunakan untuk komunikasi jaringan local yang berbeda segment ip.

  • switch, bridges, yang memungkinkan client terhubung ke jaringan melalui switch.
  • Server seperti melayani service seperti DNS Server, DHCP Server, Web Server dll.
2. Infrastruktur Jaringan Logical

Infrastrucktur logical dari suatu jaringan komputer bisa merupakan konfigurasi dari banyak software atau package atau system yang menghubungkan, mengelola, dan mengamankan hosts atau client pada jaringan. 
Infrastruktur logical ini memungkinkan terjadinya komunikasi antar komputer melewati jaringan fisik yang sesuai dengan topologi jaringan. 
Sebagai contoh dari infrastruktur logical ini adalah seperti:
  • DNS Server Config

  • Database Config
  • Web Server Config
  • DHCP Server Config
  • Dan lain-lain
Mungkin ini dulu yang bisa saya berikan penjelasan sederhananya semoga mudah dimengerti. Jika ada kesalahan pada artikel atau materi ini bisa tolong tegur admin melalui kolom komentar mana saja yang harus di perbaiki atau di update, itu sangant membantu untuk saya dan kawan kawan kita yang membaca artikel ini.

Sekian Terimakasih.


Sumber refrensi and Thanks to:

Sumber: Catatan Shand

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here