Cara Install dan Konfigurasi SSH Server Di Ubuntu Server 18.04

0
16

Install dan Konfigurasi SSH Server di Ubuntu Server 18.04 – SSH memiliki kepanjangan yaitu Secure Shell adalah protokol jaringan kriptografik untuk mengoperasikan layanan jaringan secara aman melalui jaringan yang tidak aman. SSH menjadi salah satu metode yang sering digunakan oleh para Sysadmin. 

Cara install dan konfigurasi ssh server di ubuntu server 1804

Untuk artikel ini adalah tentang cara install dan konfigurasi SSH Server Di Ubuntu server 18.04. SSH bisa kita akses dengan putty jika kalian menggunakan system operasi windows dan bisa juga menggunakan terminal linux masing masing dengan memasukan format ssh username@ip-address.

Setelah kita selesai installasi linux Ubuntu server 18.04 ada baiknya kita langsung menginstall ssh server agar server tersebut bisa kita remote jadi kita tidak perlu repot untuk mengkonfigurasi langsung di server. 

Jika di dunia nyata lebih tepatnya di dunia kerja seorang Sysadmin pastinya akan meremote server mereka dengan ssh server dan tidak perlu untuk melakukan konfigurasi atau mungkin troubleshoot di depan servernya langsung. 

Baca juga : Belajar konfigurasi Debian 9 Server

Jika kalian memiliki atau ingin membeli atau menyewa sebuah vps server pastinya kalian akan melakukan remote server tersebut dengan menggunakan ssh server untuk melakukan konfigurasi server tersebut dan tidak mungkin kita datang langsung ke lokasi server untuk melakukan konfigurasi servernya terlebih lagi jika kalian menyewa vps server yang berlokasi di luar Indonesia, masa kalian harus terbang dulu ke lokasi server untuk melakukan konfigurasi? Hehe.

Install dan konfigurasi ssh server di Ubuntu server 18.04

1. Pastikan kalian sudah masuk kedalam login root Ubuntu server 18.04 masing masing. Jika sudah masuk, kalian lakukan update dan upgrade terlebih dahulu package-package di service kalian.

Masukan perintah dibawah ini untuk melakukan update dan upgrade di server kalian.
apt-get update && apt-get upgrade -y

 



2. Selanjutnya, jika kalian sudah melakukan update dan upgrade package, langsung saja kita install ssh servernya dengan memasukan perintah dibawah ini.

apt-get install openssh-server -y


3. Jika installasinya sudah selesai, kalian bisa cek status ssh server kalian untuk memastikan apakah sudah benar benar aktif atau belum, dengan memasukan perintah:
systemctl status ssh
4. Jika sudah aktif ssh server kalian, kita buka port ssh server karena Ubuntu hadir dengan tools yang disebut dengan UFW yaitu alat konfigurasi firewall, jika ufw kalian aktif buka port ssh kalian dengan memasukan perintah:
ufw allow ssh
5. Nah jika sudah kalian bisa langsung meremote server kalian, jika kalian menggunakan windows kalian bisa menggunakan aplikasi putty untuk meremote server kalian, tapi jika kalian menggunakan linux kalian bisa memasukan perintah format:
ssh username@ip-address
Jika kalian menggunakan windows dan ingin meremote server kalian, kalian bisa download putty terlebih dahulu, jika sudah kalian buka aplikasi putty kalian masing-masing.

Pada kolom Host anme or Ip address, kalian masukan ip server kalian disini ip address server saya adalah 192.168.100.193 maka saya akan memasukan ip address tersebut di kolom hostname or ip address di aplikasi putty, seperti gambar atas.
Selanjutnya, kalian tekan enter dan akan muncul window Putty security alert kalian bisa pilih saja yes.

Jika sudah menekan enter dan memilih yes, selanjutnya kalian akan masuk kedalam login form yang disuruh memasukan username dan password login server kalian, jika sudah memasukan username dan password server kalian telah bisa di remote dan kalian bisa lanjut melakukan konfigurasi.
Sekarang ssh server sudah terpasang di server Ubuntu 18.04 kalian, sekarang kalian bisa meremote server kalian dari jarak jauh . Bagaimana apakah cukup jelas dengan penjelasan saya di artikel ini?
Jika kurang paham bisa ketikan saja di kolom komentar dibawah ini dan jika ada kritik, saran, masukan bisa juga di ketikan di kolom komentar dibawah ini. 
Saran, masukan dan kritik kalian semua merupakan sebuah penyemangat untuk saya agar bisa menjadi lebih baik lagi kedepannya.
Sekian terimakasih.

Sumber: Catatan Shand

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here