Cara Install Google Chrome Di Linux Ubuntu Dengan Mudah

0
24
Install Google Chrome Di Linux Dengan Mudah – Selain firefox, opera, edge browser, google chrome juga menjadi salah satu web browser yang di minati dan banyak digunakan oleh orang orang, untuk di windows kita menginstall chrome itu mudah sekali hanya tinggal klik klik menunggu download selesai dan chrome siap di gunakan.

Chrome di linux pun cara install nya juga tidak begitu sulit, memang sih web browser default linux itu sudah ada firefox, contohnya disini saya menggunakan xubuntu sebagai sistem operasi saya dan web browser yang sudah terinstall itu firefox dan cukup tapi tidak ada salahnya juga kita install web browser google chrome. 

Tapi itu balik lagi sih ke si penggunanya, jika penggunanya ingin menggunakan firefox atau opera monggo tidak ada yang larang hehe. Di artikel kali ini saya hanya share saja bagaimana cara kita install web browser google chrome di linux dengan mudah.


Install Google Chrome di Linux Ubuntu

1. Pertama, kalian download terlebih dahulu google chrome kalian dan sesuaikan dengan distro linux yang sedang kalian gunakan, disini saya menggunakan xubuntu maka saya akan pilih package .deb, seperti gambar dibawah ini.


Cara install google chrome di linux ubuntu


Pilih package .deb jika kalian menggunakan debian atau ubuntu dan turunannya, pilih .rpm jika kalian menggunakan fedora atau opensuse dan turunanya. Jika sudah memilih kalian klik accept and install.


2. Jika sudah, proses download akan dimulai dan jika download telah selesai kita buka terminal linux kita masing masing, oiya disini kita kan install google chrome di linux dengan menggunakan terminal ya..

Sekarang kalian buka terminal linux kalian masing masing, lalu masuk kedalam folder yang ada file google chrome yang sudah kita download tadi, cara masuk kedalam folder adalah cukup masukan perintah:

cd (nama-folder)

Karena disini file chrome saya berada di folder Downloads, maka saya akan memasukan perintah cd Downloadsseperti gambar dibawah ini sebagai contoh:

Masukan perintah ls untuk melihat isi file direktori.



3. Selanjutnya, pada file chromenya kita ubah permission file nya dengan memasukan perintah:

chmod 775 (nama-file)

Seperti gambar dibawah ini.



4. Selanjutnya, kita esekusi file .deb nya atau kita langsung mulai install package google chromenya, caranya dengan memasukan perintah dibawah ini:

dpkg – i (nama-file)

Seperti gambar dibawah ini.



5. Jika sudah selesai kita check, apakah sudah benar benar terinstall jika sudah terinstall maka akan muncul tuh google chromenya, seperti gambar dibawah ini.



Nah itu saja artikel ini, gimana mudah bukan? Untuk cara install google chrome di linux ubuntu, semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Silakan berikan masukan, kritik dan juga masukan di kolom komentar untuk artikel ini, blog ini dan artikel lainnya. 

Sekian Terimakasih.

Sumber: Catatan Shand

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here