6 Cara Membuka dan Ekstrak File ZIP / RAR di Windows

0
138

Cara membuka dan ekstrak file RAR dan ZIP di Laptop Windows

Saat anda sedang menggunakan Laptop atau Komputer, maka tentu sudah sering menemukan file yang berformat RAR atau ZIP. File RAR dan ZIP merupakan file arsip yang sengaja dibuat untuk membuat beberapa file atau folder menjadi satu file. Tujuannya agar dapat dikirim dan dipindahkan ke tempat lain saat tidak memungkinkan untuk mengirim dalam bentuk folder, misalnya saja diupload ke internet. Setiap file RAR dan ZIP berisi file layaknya sebuah folder, tetapi memerlukan cara khusus agar anda dapat membuka dan ekstrak isi sebuah file RAR dan ZIP di Laptop Windows.

Jika anda hendak membuka sebuah folder di Laptop atau Komputer Windows, maka anda hanya perlu double click pada Mouse untuk membukanya. Tapi, jika anda hendak membuka file RAR, maka diperlukan software khusus agar isinya dapat dilihat dan diekstrak. Hal ini berlaku baik jika anda yang membuat file RAR dan ZIP tersebut, ataupun hendak membuka file RAR dan ZIP yang dibuat orang lain.

Ada banyak jenis file dan folder yang diubah menjadi file berformat RAR maupun ZIP. Misalnya saja dokumen yang ingin disatukan dalam satu tempat agar tidak gampang korup. Atau jika dokumen tersebut ingin dikirim melalui internet yang tidak memungkinkan untuk mengupload folder. Selain itu, sebagian besar master installer software juga dikemas dan ditampung dalam file RAR. Agar dapat membuka file RAR dan ZIP tersebut, maka diperlukan cara khusus untuk kemudian melihat dan mengekstrak isinya. (Baca juga: Cara Menggabungkan File Part (001, 002, dst) Menjadi Satu)

Cara Membuka dan Ekstrak File ZIP dan RAR di Laptop Windows

Jika anda ingin membuka file berformat ZIP, maka sebenarnya Windows secara default sudah memiliki kemampuan ini. Artinya, jika hanya file ZIP yang ingin dibuka dan diekstrak, anda tidak perlu menginstall software khusus.

Tapi, akan berbeda cerita jika yang ingin anda buka adalah file berformat RAR yang memerlukan software khusus. Ada banyak software pembuka dan pengekstrak file berformat RAR yang dapat digunakan secara gratis. Salah satu yang paling populer dan paling banyak digunakan pada Komputer Windows adalah WinRAR. Agar dapat menggunakan software tersebut, maka tentu saja anda harus install software WinRAR terlebih dahulu.

1. Membuka dan Ekstrak File ZIP di Windows Tanpa Software

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa anda dapat ekstrak file ZIP di Laptop Windows tanpa memerlukan software khusus. Anda hanya perlu menggunakan File Explorer Windows yang sudah memiliki kemampuan untuk membuka file ZIP.

Untuk membuka file ZIP dengan cara ini sangat mudah, silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Silahkan buka File Explorer di Laptop Windows yang anda gunakan, kemudian cari file ZIP yang ingin dibuka atau diekstrak.
  2. Silahkan klik kanan pada file ZIP tersebut, kemudian klik Open jika anda hanya ingin membuka dan melihat isinya.
    Membuka file ZIP tanpa software
  3. Jika anda ingin mengekstrak file ZIP tersebut agar berubah menjadi folder, maka silahkan klik kanan kemudian klik Extract All….
  4. Pada jendela selanjutnya anda dapat mengubah lokasi dan nama folder hasil ekstrak dengan cara klik Browse….Setelah itu, silahkan klik Extract untuk memulai proses ekstrak file ZIP tersebut.
    Cara mengekstrak file ZIP tanpa software
  5. Proses ekstrak file ZIP akan berlangsung, silahkan tunggu hingga selesai.
  6. Jika sudah selesai, maka akan muncul folder hasil ekstrak di direktori yang anda pilih sebelumnya. Jika sebelumnya anda tidak mengganti direktori dan nama folder, maka folder hasil ekstrak akan muncul pada direktori dan nama folder yang sama.

Dengan menggunakan langkah-langkah di atas, maka anda sudah dapat membuka dan mengesktrak isi file ZIP di Laptop Windows tanpa software. Karena ini tidak memerlukan software khusus, maka artinya anda tidak perlu repot menginstall software pengekstrak.

2. Membuka dan Ekstrak File RAR dan ZIP Menggunakan WinRAR

Cara lainnya yang dapat anda gunakan jika anda hendak membuka dan mengekstrak file RAR dan ZIP di Windows adalah dengan menggunakan WinRAR. Software ini dapat digunakan secara gratis, jadi pastikan sudah menginstallnya sebelum mengikuti cara kedua ini. Jika anda sudah memasangnya, silahkan ikuti langkah-langkah berikut untuk membuka dan ekstrak file RAR dan ZIP.

Untuk melakukan cara ini juga sangat mudah, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Silahkan anda cari file RAR atau ZIP yang ingin dibuka atau diekstrak.
  2. Setelah menemukan filenya, maka silahkan klik kanan pada file tersebut.
  3. Pada context menu yang muncul, silahkan klik Open with WinRAR untuk membuka file RAR atau ZIP tersebut.
    Cara membuka file RAR di Windows
  4. Setelah itu, akan muncul jendela WinRAR yang dapat anda gunakan untuk melihat isi file RAR atau ZIP tersebut.
  5. Jika kemudian anda ingin mengekstraknya, maka silahkan klik Extract To.
  6. Selanjutnya, silahkan mengatur direktori dan nama folder hasil ekstrak pada bagian Destination path. Anda dapat membuat folder baru jika belum tersedia folder untuk menampung hasil ekstrak dengan cara klik New Folder.
  7. Jika semua sudah anda atur, maka silahkan klik Ok untuk melakukan proses ekstrak.
  8. Silahkan tunggu hingga proses ekstrak selesai, lamanya tergantung besar kapasitas file yang diekstrak.
  9. Jika sudah selesai, maka akan muncul folder hasil ekstrak pada direktori yang anda atur sebelumnya.

Dengan menggunakan langkah-langkah di atas, maka anda dapat dengan mudah membuka file RAR maupun ZIP untuk kemudian melihat isinya. Selain itu, jika ternyata anda jika dapat langsung ekstrak berubah fikiran dan ingin mengekstraknya.

3. Ekstrak File RAR dan ZIP ke Folder Tertentu Menggunakan WinRAR

Cara ketiga yang dapat anda lakukan untuk mengekstrak file RAR dan ZIP adalah melakukan proses exctract dan menentukan lokasi dimana hasil ekstrak disimpan. Cara ini mirip dengan cara kedua, hanya saja anda tidak perlu membuka file RAR atau ZIP tersebut terlebih dahulu.

Untuk mengekstrak file RAR dan ZIP menggunakan cara ketiga ini, maka silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Silahkan anda klik kanan pada file RAR atau ZIP yang ingin diekstrak.
  2. Pada context menu yang muncul, silahkan klik Extract files….
    Cara extract file RAR dan ZIP di Laptop
  3. Pada jendela yang muncul, silahkan anda atur lokasi partisi dan folder dimana hasil ekstrak nantinya akan disimpan.
  4. Setelah anda mengatur semuanya, maka silahkan klik Ok untuk memulai proses ekstrak.
  5. Silahkan tunggu hingga file RAR atau ZIP tersebut selesai diekstrak.
  6. Jika sudah selesai, maka akan muncul folder hasil ekstrak pada partisi dan folder yang sebelumnya ditentukan.

Cara ini dapat digunakan jika ingin langsung mengekstrak file RAR atau ZIP ke direktori tertentu tanpa harus membukanya terlebuh dahulu.

4. Ekstrak Isi File RAR dan ZIP Menggunakan WinRAR

Cara lainnya yang dapat anda gunakan untuk mengekstrak file RAR atau ZIP adalah mengeluarkan isinya langsung. Dengan menggunakan cara ini, maka semua isi file RAR atau ZIP tersebut akan diekstrak tanpa membuatkanya folder.

Jadi, jika file-file didalamnya ada banyak dan tidak tertampung dalam sebuah folder sebelum dikompres, maka hasil ekstrak nantinya akan berantakan. Semua file-file tersebut akan dikeluarkan dan muncul di lokasi yang sama dengan tempat file RAR atau ZIP tersebut berada.

Jika anda inging mengekstrak dengan menggunakan cara ini, maka silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Silahkan anda klik kanan pada file RAR dan ZIP yang ingin dikeluarkan isinya.
  2. Pada context menu yang muncul, silahkan anda klik opsi Extract here.
    Cara mengekstrak file RAR dan ZIP di Laptop Windows
  3. Setelah itu, file RAR atau ZIP tersebut akan langsung diekstrak, jadi silahkan tunggu hingga selesai.

Cara ini sangat cocok jika file RAR atau ZIP tersebut sudah memiliki folder yang menampung semua file isinya. Atau, jika file-file isinya tidak ditampung oleh satu folder tetapi jumlah file-nya tidak banyak, maka anda juga dapat melakukan cara ini. Jika jumlah file-nya banyak, maka tidak disarankan menggunakan cara ini agar file-file dalam penyimpanan Laptop anda tidak berantakan.

5. Ekstrak File RAR dan ZIP dengan Membuat Folder Menggunakan WinRAR

Cara lainnya yang dapat anda lakukan adalah mengekstrak file RAR dan ZIP dengan cara membuat folder secara otomatis. Nama folder yang terbuat akan disamakan dengan nama file yang diekstrak. Jadi, file-file hasil ekstrak nantinya tidak akan berantakan karena sudah dibuatkan folder untuk menampungnya.

Untuk melakukan cara ini, silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Silahkan klik kanan pada file RAR atau ZIP yang hendak anda ekstrak.
  2. Kemudian, pada context menu yang muncul silahkan klik opsi Extract to Nama Folder\.
  3. Setelah itu, proses ekstrak akan berlangsung, jadi silahkan tunggu hingga selesai.
  4. Jika sudah selesai, maka akan muncul folder baru yang namanya sama dengan nama file tersebut. Di dalam folder tersebut sudah berisi file-file hasil ekstrak.

Silahkan gunakan cara ini untuk melakukan proses ekstrak yang cepat dan hasil ekstrak juga tetap rapih.

6. Ekstrak Isi File RAR dan ZIP yang Dikunci Menggunakan WinRAR

Tidak jarang juga anda menemukan file RAR atau ZIP yang sudah diberi password. File-file tersebut diberi password sebagai pengaman saat dikompres menggunakan WinRAR, jadi hanya bisa dibuka menggunakan WinRAR.

Selain itu, agar anda dapat membukanya maka tentu harus mengetahui password yang harus dimasukkan. Jika anda sendiri yang membuat file RAR atau ZIP tersebut dan memberinya password, maka silahkan ingat password yang sebelumnya dimasukkan. Tapi, jika ternyata orang lain yang membuatnya, maka silahkan anda tanyakan password pada pembuat file tersebut.

Setelah mengetahui password untuk membuka file RAR atau ZIP tersebut, silahkan lakukan proses ekstrak menggunakan salah satu cara di atas. Setelah itu akan muncul jendela yang meminta anda untuk memasukkan password.

Silahkan anda masukkan password kunci pembuka file RAR atau ZIP tersebut pada kolom Enter Password yang tersedia. Setelah memasukkan password file RAR atau ZIP tersebut, maka silahkan klik Ok.

Cara membuka file RAR atau ZIP yang dikunci password

Jika password yang anda masukkan sudah benar, maka proses ekstrak akan berlangsung, jadi silahkan tunggu hingga selesai.

Itulah cara mudah membuka dan ekstrak file RAR dan ZIP di Laptop Windows 10. Cara ini dapat dilakukan pada Windows 7, Windows 8.1, dan Windows 10. Jadi, jika anda menemukan file RAR atau ZIP dan hendak melihat dan mengeluarkan isinya, maka silahkan gunakan salah satu cara di atas.

The post 6 Cara Membuka dan Ekstrak File ZIP / RAR di Windows appeared first on BagiTekno.

Sumber: BagiTekno

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here