Arti Istilah Dalam Trading

0
39

Dalam dunia finansial, trading sering disebut sebagai salah satu sumber pemasukan uang yang sangat potensial.

Secara ringkas, trading bisa diartikan sebagai aktivitas jual beli aset investasi dalam kurun waktu yang relatif singkat atau jika diartikan secara umum trading adalah konsep ekonomi dasar yang meliputi kegitan jual beli barang dan jasa.


Analogi Apa itu Trading

Secara sederhana trading adalah sebuah perbelanjaan di pasar modern, dimana kita mengambil barang di suatu toko A dengan harga 10.000 dan dijual di toko B dengan harga 15.000.

Atau kita analogikan seperti gambar berikut :

Secara sederhananya seperti itu dan itu dilakukan dalam tempo waktu yang relatif sangat singkat, bisa mungkin 1 hari, 1 jam, atau bahkan hitungan menit.

Pilihan Trading sebagai salah satu sumber pemasukan saat ini sedang banyak diminati oleh masyarakat. Namun tak sedikit orang yang bukan malah menjadi tambahan income melainkan menghabiskan income yang dia miliki.

Aktivitas trading tidak hanya kita membeli dengan harga murah kemudian menjual dengan harga mahal, ada hal hal yang perlu kamu ketahui sebelum memulai trading, contohnya beberapa istilah trading berikut ini.


Istilah Istilah dalam Trading

1. PUMP

Istilah PUMP Dalam Trading
Istilah PUMP Dalam Trading

PUMP adalah suatu kondisi dimana nilai jual saham tiba tiba naik secara tidak masuk akal, dan dalam kurun waktu yang relatif singkat, contohnnya pada gambar diatas ⬆⬆⬆

2. DUMP

Istilah DUMP dalam Trading
Istilah DUMP dalam Trading

DUMP merupakan kebalikan dari PUMP yaitu suatu kondisi dimana nilai jual saham tiba tiba menurun secara derastis, dalam kurun waktu yang relatif juga sangat singkat.

======================================================================

Catatan :

Warna Hijau didalam gambar adalah pemberitahuan bahwa harga saham sedang naik, sedangkan warna merah menunjukan bahwa harga saham sedang mengalami penurunan.

======================================================================

3. LOSS

Istilah Loss Dalam Trading
Istilah Loss Dalam Trading

Lose adalah suatu kondisi dimana seorang tradder mengalami kerugian, yang dimana diakibatkan dari menurunnnya harga jual saham yang secara derastis. Atau juga dikenal dengan defisit dalam ilmu ekonomi.

Bisa diambil contoh gambar diatas, bahwa harga awal/harga beli senilai Rp. 2.322 karena mengalami DUMP tanpa diketahui penyebabnya akhirnnya tradder menjualah saham tersebut dengan harga Rp. 2.274.

LOSS ini juga sering disebut dengan SOR atau Longsor artinnya sama yaitu penurunan harga nilai jual saham yang secara berturut turut.

4. OPIT / PROFIT

Arti Istilah OPIT dalam Trading.jpg
Arti Istilah OPIT dalam Trading.jpg

Berbeda dengan LOSS, OPIT/PROFIT ini adalah suatu keuntungan yang didapatkan oleh tradder selama dia menjalankan trading.

Contohnnya bisa dilihat digambar diatas, seorang trader membeli saham sebesar Rp. 2.274 kemudian karena mengalami PUMP maka trader tersebut menjual saham tersebut dengan harga yang tinggi yaitu Rp. 2.322.

5. TREND UP

Istilah Trend UP dalam Trading.jpg
Istilah Trend UP dalam Trading.jpg

Trend Up adalah suatu kondisi saham naik secara seginifikan dan terus menerus, dan relatif waktunnya juga sangat singkat hal ini bisa terjadi dalam beberapa faktor, dan akhirnnya membuat seorang trader dapat meraup penghasilan yang banyak.

6. TREND DOWN

Istilah Trend Down dalam Trading.jpg
Istilah Trend Down dalam Trading.jpg

Sebaliknya apabila Trendup seorang trader dapat meraih untung atau penghasilan yang banyak, tetapi kalau Trend Down seorang trader akan mengalami kerugian.

Karena menurunnya harga jual saham yang secara terus menerus dalam waktu yang sangat singkat.

7. RED DAYS

Istilah Red Days dalam Trading.jpg
Istilah Red Days dalam Trading.jpg

Apa itu Red Days ? Red Days dalam dunia trading dikenal sebagi hari weekand, atau jum’at, sabtu minggu, dimana dihari ini para trader yang memiliki saham banyak menarik uangnnya sehingga hal ini membuat nilai jual saham menjadi naik.

8. CUKONG

Istilah Red Days dalam Trading.jpg
Istilah Red Days dalam Trading.jpg

Istilah Cukong dalam dunia trading sudah bukan hal yang asing lagi, dimana cukong ini adalah sebutan dari para trader yang memiliki tabungan uang yang UNILIMITED, bisa 1milyar, 10milyar, 100 milyar ataupun tiliyunan.

9. CL / CUT LOSS

Istilah CL dalam Trading
Istilah CL dalam Trading

Hampir mirip dengan LOSS bedannya LOSS dan CUT LOSS adalah saham yang dimiliki trader sudah berganti menjadi IDR, sedangkan LOSS belum berubah menjadi IDR.

Penyebabnya CL ini sama, biasannya karena terjadinnya DUMP yang terus menerus sehingga menyebabkan para tradder menutup investasi sahamnnya.

10. CR / CHAT ROOM

Istilah CR dalam Trading
Istilah CR dalam Trading

CR atau Chat Room adalah sebuah wadah atau tempat untuk melihat berbagai informasi dari para sesama tradder, hal ini sama halnnya dengan ketika kamu Live Instagram kemudian ada yang mengomentari Live Instagram yang kamu lakukan saat itu juga.

Setidaknnya itulah istilah istilah mengenai Trading yang perlu kamu pahami terlebih dahulu sebelum kamu terjun didunia trading, semoga bisa bermanfaat.

The post Arti Istilah Dalam Trading appeared first on Ibnufirnas.

Sumber: Blog Ibnufirnas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here