Cara Download dan Install Software 7 Zip di Laptop Windows

0
185

Cara download dan install software 7 Zip di Laptop Windows

Terdapat banyak sekali jenis aplikasi atau software kompres file yang dapat anda gunakan di Laptop atau PC Desktop Windows. Salah satunya yang juga memiliki kemampuan untuk kompres dan ekstrak file adalah 7-Zip. Software satu ini mungkin kurang populer bagi pengguna Windows dibanding WinRAR. Tapi, kemampuannya tidak kalah jika dibandingkan dengan software kompres file lainnya. Jika anda tertarik untuk menggunakannya, maka silahkan install software 7 Zip menggunakan cara berikut.

Salah satu ekstensi file terkompres yang mungkin pernah anda temukan adalah 7z yang merupakan format khusus dari file hasil kompres menggunakan 7-Zip. Tapi, software ini juga dapat membuat dan mengekstrak format file kompres lainnya. Jadi, anda juga dapat menggunakan software 7-Zip untuk ekstrak file ISO, TAR, ZIP, dan lainnya.

Salah satu keuntungan lainnya menggunakan software ini adalah karena dapat digunakan secara gratis sepenuhnya. Jadi, anda tidak perlu memikirkan lisensi atau masa trial saat menggunakan software ini. 7-Zip juga sangat ringan untuk digunakan di Windows, sehingga tidak akan mengganggu kinerja Laptop anda. Jadi, jika anda tertarik untuk menggunakan software kompresi file ini, maka silahkan langsung saja install pada Laptop atau Komputer yang digunakan. (Baca juga: Cara Membuka dan Ekstrak File ZIP / RAR di Windows)

Cara Download dan Install 7 Zip di Laptop Windows

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa software 7-Zip merupakan aplikasi kompres file yang memiliki banyak fitur. Termasuk anda dapat menggunakannya untuk mengkompres file agar ukurannya menjadi kecil.

Jika anda ingin menggunakan software ini di Laptop, maka cara memasangnya juga sangat mudah. Anda hanya perlu mendownload file master installernya terlebih dahulu. File master installer 7-Zip dapat anda download secara gratis di situs resminya.

Tapi, sebelum mendownloadnya anda harus menyesuaikan dengan bit Windows yang ada di Laptop. Oleh karena itu, silahkan cek bit Windows di Laptop anda terlebih dahulu.

Setelah anda tahu ingin download software berapa bit, maka silahkan buka halaman download 7-Zip. Pada halaman tersebut silahkan anda download versi terbaru, yaitu daftar paling atas. Silahkan anda klik tombol Download sesuai bit yang ingin diunduh, 32-bit atau 64-bit.

Unduh aplikasi 7zip

Setelah anda mendownload file installer software 7-Zip, maka kini sudah dapat diinstall pada Komputer Windows yang digunakan. Silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut untuk menginstall software tersebut.

  1. Silahkan anda jalankan file master installer 7-Zip yang sudah didownload sebelumnya, yaitu dengan cara double click pada file tersebut.
  2. Pada jendela User Account Control yang muncul, silahkan klik Yes untuk memberikan izin Administrator.
  3. Setelah terbuka jendela Setup, anda dapat mengubah lokasi penginstalan. Tapi, jika tidak ingin mengubahnya dan biarkan di partisi C, maka langsung saja klik Install.
    Cara install 7Zip di Windows 10 8.1 7
  4. Proses install akan berlangsung cepat, jadi tunggu saja hingga selesai.
  5. Jika sudah selesai maka akan muncul keterangan installed, silahkan klik Close untuk menutupnya.
  6. Setelah itu, maka anda sudah dapat menggunakan software ini untuk mengkompres dan mengekstrak file.

Setelah anda menggunakan proses install yang sangat ringkas tersebut, maka kini aplikasi 7-Zip sudah dapat digunakan. Anda dapat menggunakannya untuk membuat file terkompress dari folder maupun mengekstrak file.

Itulah cara mudah download dan install software 7-Zip di Laptop Windows. Anda dapat menerapkan cara ini jika menggunakan Windows 7, Windows 8.1, maupun Windows 10. Jadi, jika anda membutuhkan software kompres file yang selamanya gratis, maka silahkan menginstall 7-Zip.

The post Cara Download dan Install Software 7 Zip di Laptop Windows appeared first on BagiTekno.

Sumber: BagiTekno

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here