Cara Download dan Install Software Power ISO di Windows

0
103

Cara download dan install software Power ISO di Windows

Ada banyak jenis dan format file yang sering digunakan pada Komputer Windows. Jenis file tersebut biasanya menggunakan esktensi tergantung software yang digunakan untuk mmebuatnya. Karena banyaknya jenis file, maka tentu banyak juga software yang bisa digunakan untuk membuka masing-masing file tersebut. Salah satunya adalah file yang menggunakan format atau esktensi .iso yang bisa dibuat dan dibuka dengan banyak software. Untuk membuat, membuka dan mengekstrak file ISO, maka bisa menggunakan Power ISO yang dapat diinstall dengan cara berikut.

Power ISO merupakan salah satu perangkat lunak yang dapat digunakan untuk membuka, membuat atau ekstrak file ISO. Jika anda menemukan file ISO, maka tentu perlu membuka atau mengekstrak isinya agar dapat dilihat dan digunakan. Selain itu, jika anda hendak membuat file ISO maka tentu juga perlu software yang dapat melakukan pekerjaan tersebut.

Umumnya format ISO sering ditemukan pada file installer Software atau Aplikasi dan juga Game. Hal ini karena file ISO sendiri merupakan bentuk digital dari CD dan DVD. Dimana selama ini file installer Software dan Game dimasukkan ke CD atau DVD. Dengan dimasukkannya installer tersebut ke file ISO sebagai pengganti CD/DVD, maka tidak perlu lagi membawa fisik file CD/DVD kemana-mana. Selain itu, tentu anda tidak lagi memerlukan pembaca CD/DVD yang juga sudah dihilangkan dari Laptop keluaran terbaru. (Baca juga: Cara Download dan Install Software WinRAR di Windows)

Cara Download dan Install Software Power ISO di Windows

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa untuk membuat dan membuka file ISO maka diperlukan software khusus. Salah satu software yang dapat digunakan pada OS Windows adalah Power ISO. Software ini dapat anda dapatkan secara gratis kemudian install di Windows yang digunakan.

Oleh karena itu, agar anda dapat menggunakan software ini, maka tentu harus diinstall terlebih dahulu. Agar dapat melakukan proses install, maka anda harus sudah memiliki file masternya. Anda dapat mendownload file master installer software Power ISO di situs resminya.

Sebelum melakukan proses download installer aplikasi Power ISO, maka pastikan anda sudah tahu berapa bit yang ingin didownload. Anda arus sesuaikan dengan bit Windows yang digunakan. Jadi, silahkan anda cek berapa bit Windows yang terinstall di Laptop yang digunakan.

Jika anda sudah tahu ingin mendownload Power ISO berapa bit, maka silahkan buka halaman download Power ISO. Pada halaman tersebut, silahkan klik tombol download sesuai dengan berapa bit yang diinginkan, 32-bit atau 64-bit.

Setelah klik tombol download, maka master installer Power ISO akan terdownload ke penyimpanan Komputer anda. Silahkan tunggu hingga proses download selesai.

Download Power ISO

Jika proses download software sudah selesai, maka kini anda sudah dapat menginstallnya. Untuk menginstall software Power ISO di Laptop atau Komputer Windows, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Silahkan jalankan file master installer Power ISO yang sudah anda download dengan cara double clik pada file tersebut.
  2. Pada jendela User Account Control yang muncul silahkan klik Yes untuk menjalankan sebagai Administrator.
  3. Pertama kali akan muncul jendela License Agreement, silahkan klik I Agree untuk menyetujui dan melanjutkan.
    Menginstall Power ISO di Windows 7 8.1 10
  4. Pada jendela selanjutnya anda dapat mengganti lokasi install dengan cara klik Browse. Tapi, jika partisi C anda masih banyak ruang kosong (lebih dari 20MB), maka langsung saja klik Install.
    Cara install aplikasi Power ISO di Windows
  5. Proses install software Power ISO di Laptop anda akan berlangsung, silahkan tunggu hingga selesai.
  6. Setelah selesai yang ditandai dengan munculnya keterangan Completed, maka silahkan klik Next.
  7. Selanjutnya, anda dapat menambahkan ekstensi apa saja yang dapat menggunakan Power ISO. Anda dapat menambahkan beberapa, misalnya .img, .wim, .rar, .zip, dll. Jika sudah selesai, maka silahkan klik Close untuk menutupnya dan menyudahi proses install.
  8. Setelah itu, maka kini anda sudah dapat menggunakan software Power ISO tersebut untuk berbagai keperluan.

Dengan demikian anda sudah dapat menggunakan software Power ISO untuk membuka file ISO di Windows. Terutama pada Windows 7 yang File Explorer belum bisa membaca dan membuka file ISO. Selain itu, kini anda juga dapat membuka file ISO sendiri jika memiliki file-file penting untuk menjaganya agar tidak corrupt.

Itulah cara mudah download dan install software Power ISO di Laptop Windows. Cara ini dapat anda gunakan pada semua edisi Windows, baik itu di Windows 7, Windows 8.1 maupun Windows 10. Jadi, jika anda membutuhkan software yang dapat digunakan untuk membuka dan membuat file ISO, maka silahkan install software ini dengan cara di atas.

The post Cara Download dan Install Software Power ISO di Windows appeared first on BagiTekno.

Sumber: BagiTekno

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here