Cara Hard Reset Xiaomi

0
60

Pada kesempatan kali ini penulis akan membagikan sedikit tips kepada kalian para pengguna HP atau smartphone Xiaomi tentang bagaimana cara hard reset Xiaomi all type dengan mudah dan 100% berhasil.

Cara hard ini bisa kalian terapkan pada semua tipe ponsel Xiaomi, seperti: Redmi 4a, Redmi 4x, Redmi Note 4, Redmi 2, 5 Plus, Redmi 3s, Redmi 3 Prime, Redmi Note 5A, Mi A1, Redmi S2 dan masih banyak lagi.

Alasan pengguna Xiaomi melakukan hard reset salah satunya adalah karena lupa pola atau kunci HP. Hal ini sangat sering terjadi, terlebih jika HP tersebut memang sudah lama tidak digunakan dan akan digunakan kembali atau di jual.

Seperti yang kita tahu, bahwa ponsel Xiaomi akhir-akhir ini banyak diminati, terutama oleh orang-orang yang mengutamakan spek dewa harga murah. Nah, berikut adalah cara hard reset Xiaomi dengan mudah.

Cara Hard Reset Xiaomi

Hal yang perlu kalian ketahui adalah, dengan mereset HP Xiaomi kalian maka data dan file yang ada di HP atau Smartphone Xiaomi akan secara otomatis terhapus, jadi ada baiknya back up terlebih dahulu file dan data penting yang ada di HP kalian.

Berikut adalah cara reset Xiaomi semua tipe dengan mudah, ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan :

1. Dengan Volume Up + Tombol Power

  • Pertama, pastikan baterai HP kalian mempunyai daya di atas 50%
  • Jika sudah, langkah selanjutnya kalian harus masuk ke Recovery Mode Xiaomi terlebih dahulu.
  • Caranya yaitu matikan ponsel kalian, lalu dalam keadaan mati tekan tombol Volume Up (+) dan tombol Power secara bersamaan.

Pelajari Juga: 6 Cara Screenshot Xiaomi (Screenshot Panjang di Xiaomi Series)

  • Jika sudah silahkan tunggu sampai HP Xiaomi kalian bergetar dan muncul logo MI. Kemudian akan muncul menu Recovery Mode.
  • Ada cara yang lebih mudah untuk masuk ke recovery mode tanpa harus mematikan ponsel. Yaitu kalian tinggal pergi ke Setting > Pembaruan, lalu pilih menu titik tiga di pojok kanan atas dan pilih Reboot to recovery mode / Mulai ulang ke mode pemulihan.

  • Nah, setelah kalian berhasil masuk ke menu recovery mode, pertama kalian akan disuruh memilih bahasa. Pilih saja bahasa English (gunakan tombol volume untuk navigasi dan tombol power untuk memilih).
  • Namun, dalam beberapa tipe ponsel, tidak akan disuruh memilih bahasa. Jika ponsel kalian tidak disuruh memilih bahasa, kalian tak perlu bingung.
  • Jika sudah berhasil masuk ke menu recovery mode. Selanjutnya kalian pilih menu Wipe Data/Factory Reset.

  • Jika sudah silahkan kalian pilih Wipe All Data.

Baca Juga: 5 Cara Menyadap LINE Pasangan (Tanpa Menyentuh HP Korban)

  • Jika seluruh langkah diatas sudah kalian lakukan, selanjutnya pilih Confirm untuk melakukan hard reset HP Xiaomi.

  • Tunggu sampai proses hard reset ponsel Xiaomi selesai. Biasanya tidak sampai 5 menit.
  • Jika proses sudah selesai, silahkan pilih Back to Main Menu > Reboot > Reboot to System untuk merestart ponsel Xiaomi kalian.
  • Selesai, kalian sudah berhasil melakukan hard reset HP Xiaomi.
  • Setelah berhasil hard reset, kalian akan disuruh melakukan pengaturan umum seperti setting bahasa, jaringan, tema dan lain sebagainya. Seperti pada ponsel pada saat baru dibeli.
  • Dalam beberapa kasus, saat pertama kali restart, maka kalian akan disuruh login menggunakan akun MI. Masukkan saja username dan password akun MI untuk login.

2. Manfaat dan Resiko Reset HP Xiaomi

cara hard reset xiaomi

Sebagai tambahan dan bahan pertimbangan untuk kalian, maka akan penulis jelaskan apa manfaat dan resiko yang perlu kalian ketahui ketika melakukan hard reset pada ponsel Xiaomi kalian.

Lihat Juga: Cara Logout Line di Android, di Iphone dan di PC (Tanpa Menghapus Chat)

Manfaat ketika kalian melakukan reset Ponsel Xiaomi kalian adalah sebagai berikut :

  • Menghapus Semua Virus dan Malware

Salah satu manfaat jitu ketika kalian melakukan reset handphone adalah semua virus dan malware yang bersarang di handphone kalian akan ikut terhapus ketika proses reset handphone berlangsung.

  • Performa Handphone Kembali Lancar

Tanpa kalian sadari setiap pengaturan yang kita terapkan pada handphone, akan berpengaruh pada kinerja handphone yang kita gunakan. Maka, ketika kalian melakukan reset HP, semua pengaturan akan kembali seperti awal atau bawaan pabrik.

  • Ruang Penyimpanan Internal Kembali Lega

Hal yang paling terasa setelah kalian melakukan reset handphone adalah ruang penyimpanan internal yang kembali lega. Meskipun dapat memperbesar dengan tambahan SD Card, tapi jika internal memiliki ruang banyak, HP akan berjalan lancar.

Itu tadi adalah beberapa manfaat yang akan kalian dapatkan ketika mereset HP. Setelah kalian tahu apa saja manfaatnya, kali ini penulis akan sedikit memberikan gambaran resiko reset Handphone Xiaomi kalian.

  • Bootloop

Resiko yang paling sering ditemui ketika melakukan reset handphone adalah bootloop. Bootloop sendiri terjadi ketika proses reset tidak berjalan dengan semestinya.

  • Menghapus Semua Aplikasi

Ketika melakukan reset, itu artinya semua aplikasi yang terinstall di handphone kalian akan ikut terhapus. Karena biasanya semua aplikasi yang kamu install akan tersimpan di memori internal.

Baca Juga: 3 Cara Membuat ID Apple Tanpa Kartu Kredit

Tapi dalam beberapa kasus, hard reset saja belum cukup ampuh untuk mengatasi masalah yang ada (biasanya bootloop parah atau mati total) seperti yang sudah penulis jelaskan di atas. Maka solusi adalah dengan membawanya ke service center Xiaomi terdekat.

Nah itu tadi cara hard reset Xiaomi. Jika kalian bisa melakukan hard reset sendiri jika mengikuti tutorial ini dengan seksama Dengan melakukan hard reset, maka kalian bisa mengatasi masalah seperti lupa sandi, brick, hang, ponsel android lemot, dan error lainnya. Selamat mencoba 🙂

Sumber: The Source Denver

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here