Cara Mematikan Laptop

0
31

Laptop sekarang ini sudah menjadi kebutuhan wajib bagi semua kalangan, banyak pengguna menginstal aplikasi apa saja tanpa melihat prioritas kebutuhan. Finally, banyak laptop tiba-tiba hang yang tidak bisa shutdown, lemot, karena kelebihan beban aplikasi.

Hal ini tentu saja menghambat kegiatan kalian, apalagi kalo dikejar deadline bisa pusing. Untuk mengatasi hal tersebut ada beberapa cara yang bisa dilakukan dengan benar. Langkah pertama adalah mematikan laptop terlebih dahulu.

Akan tetapi mematikan laptop langsung menekan dengan tombol power adalah tindakan salah. Terlalu beresiko, bisa berakibat kerusakan pada komponen laptop, seperti motherboard maupun softwarenya.

Berikut cara mematikan laptop dengan benar terbukti aman yang bisa dipakai semua merk laptop seperti Asus, Toshiba, Acer, Lenovo dan sebagainya pada versi Windows 7, Windows 8, Windows 10.

Cara Mematikan Laptop

Terdapat beberapa cara mematikan laptop secara aman yang dianjurkan oleh Microsoft mulai dengan keyboard, Command Prompt (CMD). Cara dibawah dapat digunakan semua versi Windows dan merk laptop serta berbagai kondisi seperti hang, yang tidak bisa shutdown.

1. Melalui Charmbar

Cara mematikan laptop pertama yaitu langkah atau tahapan resmi anjuran dari Microsoft, dengan melalui charmbar yang berada di sidebar windows. Berikut langkah-langkahnya pada contoh menggunakan Windows 8. Check this out!

  • Arahkan kursor mouse ke pojok kanan bawah atau atas sampai charm bar muncul, lalu klik tombol “Settings”.
  • Kemudian pilih “Power”.
  • Lalu pilih “Shutdown”.

Cara mematikan laptop ini hanya membutuhkan waktu sekitar 4-5 detik. So, selain berhasil dengan cepat juga pastinya safety. Makanya tak perlu cemas, dan bisa langsung kalian praktekkan.

Lihat Juga: 4 Cara Menghidupkan Komputer dengan Prosedur yang Benar

2. Menggunakan Keyboard “ALT + F4”

Adapun cara mematikan laptop berikutnya sangat praktis yaitu dengan keyboard. Cara ini dapat digunakan di laptop maupun PC serta semua versi Windows. Contoh dibawah menggunakan laptop Asus versi Windows 7 Ultimate, berikut langkah-langkahnya.

  • Firstly, pastikan semua program aplikasi kalian sudah tersimpan dan tertutup semua, sehingga sudah pada posisi desktop. Kemudian tekan tombol “ALT + F4” atau “ALT + F4” dan “Enter”.

Cara Mematikan Laptop

  • Berikutnya akan muncul notifikasi “Shut Down Windows” dan tinggal kalian pilih opsi “Shutdown” untuk mematikannya klik “OK”. Tunggu beberapa waktu sekitar 3,4 detik dan laptop akan mati secara otomatis.

3. Menggunakan Keyboard “Ctrl + Alt + Del”

Adapun cara mematikan laptop berikutnya masih dengan keyboard yang praktis dan cepat. Cara ini dapat digunakan di laptop maupun PC serta semua versi Windows. Contoh dibawah menggunakan laptop Acer versi Windows 7 Ultimate, berikut langkah-langkahnya.

  • Firstly, pastikan semua program aplikasi kalian sudah tersimpan dan tertutup semua, sehingga sudah pada posisi desktop. Kemudian tekan tombol “Ctrl + Alt + Del” secara bersamaan.

  • Nah, Berikutnya arahkan tanda panah sampai menunjuk atau berada pada simbol “Shutdown” berwarna merah pada pojok kanan bawah. Lalu tekan “Enter”. Tunggu beberapa waktu sekitar 3,4 detik dan laptop secara otomatis akan mati.

Pelajari Juga: 7 Kelebihan Windows 10 dan Kekurangannya

4. Menggunakan Keyboard “Windows + Tab”

Adapun cara mematikan laptop berikutnya masih dengan keyboard yang praktis dan cepat, dapat digunakan di laptop maupun PC serta semua versi Windows. Contoh dibawah menggunakan laptop Lenovo versi Windows 7 Ultimate, berikut langkah-langkahnya.

  • Firstly, pastikan semua program aplikasi kalian sudah tersimpan dan tertutup semua, sehingga sudah pada posisi desktop. Kemudian tekan tombol “Windows” + “Tab” sebanyak 2x, lalu tekan “Enter”.

  • Tunggu beberapa waktu sekitar 3,4 detik dan laptop secara otomatis akan mati.

5. Menggunakan Keyboard “Windows + Arah kanan”

Adapun cara mematikan laptop berikutnya masih dengan keyboard yang praktis dan cepat, dapat digunakan di laptop maupun PC serta semua versi Windows. Contoh dibawah menggunakan laptop Toshiba versi Windows 7 Ultimate, berikut langkah-langkahnya.

  • Firstly, pastikan semua program aplikasi kalian sudah tersimpan dan tertutup semua, sehingga sudah pada posisi desktop. Kemudian tekan tombol “Windows” + “Arah kanan” sekali, lalu tekan “Enter”.

  • Tunggu beberapa waktu sekitar 3,4 detik dan laptop secara otomatis akan mati.

6. Menggunakan Shortcut

Cara mematikan laptop berikutnya banyak menjadi favorit buat para penggunanya yaitu dengan shortcut. Selain aman, karena sebenarnya memanfaatkan fitur run command yang terintegrasi pada Windows.

  • Silahkan klik kanan di desktop dan buat “New Shortcut” atau pintasan baru.

  • Kemudian masukan kode “shutdown –s –f –t120” pada Type location of the item. “120” berfungsi sebagai timer menandakan 2 menit setelah klik shortcut tersebut laptop scara otomatis akan mati. So, bisa kalian atur sendiri angkanya sesuai keinginan.

  • Setelah itu masukan nama apa saja untuk shortcut seperti “SHUTDOWN 2 MINUTE” dan klik “Finish”.

  • Lihat pada desktop akan muncul tampilan shortcut yang telah dibuat. Sekarang, untuk mematikan laptop kalian hanya perlu double klik saja file ini.

7. Menggunakan Command Prompt (CMD)

Cara mematikan laptop berikutnya yaitu menggunakan comand prompt (CMD) yang sering digunakan oleh para programmer expert. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka Command Prompt (CMD) dengan tekan “Windows + R” lalu ketik “CMD” dan “Enter”.

  • Pada CMD cukup ketik “shutdown.exe –s” lalu tekan “Enter” nanti CMD akan muncul notifikasi, secara otomatis laptop akan mati.

  • Nah, ada juga cara memberikan waktu untuk mematikan komputer lewat CMD dengan timer yaitu masukkan perintah “shutdown.exe -s -t 60”.

  • Satuan waktu untuk settingnya adalah detik atau sekon, contoh tersebut menggunakan pengaturan 60, artinya 60 detik alias 1 menit. Kalian juga bisa mengubahnya sesuai keinginan. Dengan fitur ini, akan sama seperti TV yang memiliki mode auto sleep.

  • Trik berikutnya PC atau laptop kalian sebelum shutdown akan diberi perintah untuk memberikan notifikasi atau pesan seperti berikut cukup dengan mengetik . Kemudian tinggal tekan “Enter”.

Baca Juga: Terbaru, 15 Download Cursor Keren untuk Laptop dan PC 2020

8. Menggunakan Cortana

Cara mematikan laptop berikutnya menggunakan program fitur bawaan dari Windows 10 yang dikembangkan oleh Microsoft yaitu Cortana. Merupakan asisten virtual berbasis suara membantu menjalankan beberapa program atau perintah salah satunya ialah Shutdown.

  • Karena Cortana belum mendukung region Indonesia, jadi pertama kalian harus melakukan penyesuaian terlebih dahulu dengan mengaktifkannya. Buka menu “Settings” atau tekan tombol “Windows + I”.
  • Kemudian temukan menu “Time & Language”.

  • Pada panel sebelah kiri, pilih “Region & Language” kemudian geser ke panel kanan di “Country or Region”, pilih “United States”. Untuk bahasanya jika memungkinkan pilih bahasa “English”.

  • Setelah pengaturan region dilakukan, sekarang waktunya kalian menjalankan Cortana untuk pertama kali. Klik tombol “Start Menu” kemudian temukan shortcut Cortana di daftar aplikasi.

  • Kemudian, klik ikon Gear di sebelah kiri, temukan opsi Let Cortana respon to “Hey Cortana”. Nah, ubah posisi yang sebelumnya kondisi mati ke On dengan menggeser ke kanan.

  • Akan muncul permitted permintaan izin dan klik “Sure” untuk memberikan izin dan fitur “Hey Cortana” sudah bisa digunakan.

  • Selain Hey Cortana, di taskbar juga disediakan tombol mikrofon sebagai pengganti jika panggilan suara kalian tidak direspon.

  • Ketika Cortana dijalankan, fitur tersebut akan berjalan dan berfungsi sesuai rancangannya. Setelah muncul tulisan “Listening..” ucapkan kata “Shutdown”. Jika suara berhasil terdeteksi, laptop akan mati secara otomatis.

9. Menggunakan Fitur Hybrid Shutdown

Cara mematikan laptop dengan cepat berikutnya menggunakan fitur Hybrid Shutdown yaitu mengubah tombol Power yang biasanya memiliki 3 fitur option yaitu Sleep, Shutdown dan Restart diubah pilihan menjadi Shutdown saja. Langsung simak penjelasan berikut ini.

  • Firstly, buka “Control Panel”. Kemudian, pilih “Hardware & Sound” seperti pada tampilan gambar dibawah ini.

  • Pada pilihan “Power Options”, pilih “Change what the power buttons do”.

  • Ubahlah pilihan pada “When I press the power button” dari “Sleep” menjadi “Shut Down”. Lalu, klik tombol “Save changes”.

Mematikan Laptop yang Tidak Bisa Shutdown

Beberapa Cara mematikan laptop diatas salah satunya berfungsi dengan benar untuk mematikan laptop ketika sedang error, hang. Namun bagaimana mematikan laptop yang tidak bisa shutdown? Berikut beberapa penyebabnya dan cara mengatasinya, check this out!

1. Registry Corrupt

Salah satu penyebab laptop yang tidak bisa shutdown yaitu adanya Registry corrupt. Registry merupakan kumpulan data berfungsi untuk menyimpan konfigurasi. Baik itu buat aplikasi, sistem dan lain sebagainya termasuk juga pengaturan shutdown sendiri.

Oleh sebab itu bisa coba cara mematikan laptop dengan membersihkannya menggunakan aplikasi CCleaner yang tersedia fitur Pembersih Registry Corrupt. CCleaner dapat digunakan pada semua jenis laptop seperti Asus, Acer, Lenovo, Toshiba dan semua versi Windows.

So, next step coba matikan laptop. Walaupun registry berhubungan dengan konfigurasi, tapi kemungkinannya membuat shutdown error kecil. Jika cara ini nggak berhasil dengan benar, coba cara selanjutnya.

2. File Windows Corrupt

Salah satu penyebab laptop yang tidak bisa shutdown yaitu adanya file Windows corrupt. Solusi cara mematikan laptop dengan mematikan fitur Hybrid Shutdown terlebih dahulu. Fitur ini terdapat pada Windows 8, 8.1 dan Windows 10.

Cara kerjanya yakni dengan membuat kernel pada Windows menjadi nonaktif sementara, jadi secara otomatis laptop akan terlihat mati. Nah, ketika dinyalakan kembali, kernel yang nonaktif tadi akan menjadi aktif. Hal ini akan membuat waktu booting jadi berkurang.

  • Pertama, pada kolom “Search” ketik dan buka “Control Panel”.

  • Klik “Hardware And Sounds”, kemudian masuk ke “Power Options”.

  • Selanjutnya cek pada menu bagian kiri, klik opsi “Choose what the power button do”.

  • Klik opsi “Change settings that are currently unavailable”, lalu hilangkan centang “Turn On Fast Startup”. Jika sudah, klik “Save Changes”.

  • Tutup semua jendela yang terbuka, kemudian coba shutdown

3. Bug

Salah satu penyebab laptop yang tidak bisa shutdown yaitu adanya Bug. Ketika kalian mengunduh suatu program terdapat beberapa bagian belum terunduh sehingga program tidak berfungsi sebagaimana mestinya dan tentu saja bisa berdampak laptop tidak bisa mati.

Ini memang bisa saja terjadi. Misalnya pada Windows dengan versi tertentu. Terkadang ada aplikasi atau driver yang tidak kompatibel, sehingga membuat sistem jadi tidak bisa berjalan dengan benar.

Oh ya, maksud dari ‘Windows versi tertentu’ bukanlah beda versi Windowsnya (Contoh, Windows 8 dan 10). Melainkan versi update dari sistemnya, semisal Windows 10 Fall Update, atau Windows 10 Anniversary Update.

Solusi paling efektif cara mematikan laptop agar kembali normal yaitu dengan update Windows terlebih dahulu atau coba install ulang laptopnya. Dengan versi Windows yang berbeda dari sebelumnya.

Namun harus diketahui juga, mungkin saja update kalian jalankan justru terdapat bug, sehingga membuat error akhirnya laptop yang tidak bisa shutdown. Cara mematikan laptop agar kembali normal yaitu menggunakan fitur Troubleshooter. Berikut panduannya.

  • Buka Control Panel, pada kolom search kanan atas ketikkan “Troubleshooting”. Kemudian klik “View All”.

  • Klik kanan pada “Windows Update”, pilih “Run As Administrator”. Setelah itu ikuti langkah-langkah yang ada.

4. Driver Error

Salah satu penyebab laptop yang tidak bisa shutdown berikutnya masih berhubungan dengan bug yaitu adanya driver error pada perangkat.

Menjalankan suatu komponen pada laptop memang diperlukan driver, contohnya komponen WIFI dan Webcam. Namun tidak jarang, Driver terinstall mengalami error, dan berpengaruh ke sistem bisa berdampak laptop tidak bisa mati.

Solusi cara mematikan laptop agar kembali normal yaitu mengingat kembali dan periksa driver apa yang terakhir kalian install. Kemudian coba hapus driver tersebut dengan uninstall program.

Alternatif solusi cara mematikan laptop agar kembali normal berikutnya yaitu menggunakan System Restore. Fungsi System Restore ialah memperbaiki Windows dengan mengembalikan kondisinya ke waktu masih normal. Berikut langkah-langkahnya.

  • Klik opsi “Repair Your Computer” dan cari opsi “System Restore”.

  • Kemudian kalian tinggal ikuti langkah-langkah yang ditunjukkan sampai selesai.

Alternatif solusi cara mematikan laptop agar kembali normal berikutnya menggunakan fitur di Windows 10 yaitu melakukan Reset Windows. Berfungsi untuk mengembalikan semua pengaturan dan kondisi Windows persis seperti habis diinstall ulang.

  • Firstly, tekan tombol “Windows + S”, kemudian ketik “Reset”.
  • Buka dan klik Get Started. Setelah itu tinggal ikuti langkah-langkahnya saja.

Alternatif solusi cara mematikan laptop agar kembali normal berikutnya buat semua laptop yaitu mereset BIOS. Fungsi BIOS singkatnya adalah untuk mengatur konfigurasi dasar pada komponen sekaligus sistem.

Tujuannya adalah untuk menghilangkan error yang muncul efek kesalahan pengaturan pada Windows. Caranya masuk ke BIOS dan cari pengaturan “Revert to default setting”.

Jika belum berhasil, solusi terakhir cara mematikan laptop agar kembali normal berikutnya yaitu dengan melepas baterai laptop. Karena aktivitas Windows yang berjalan termasuk bug secara otomatis kadang bisa ikut mereset.

Namun ini tindakan alternatif saja, karena apabila terlalu sering bisa beresiko merusak harddisk.

Lihat Juga: 4 Cara Mengaktifkan Wifi di Laptop (Penyebab Wifi Tidak Terdeteksi)

Cara mematikan laptop diatas sudah digunakan oleh banyak pengguna dan tentunya berhasil dilakukan berbagai jenis laptop seperti Asus, Acer, Lenovo, Toshiba dengan kondisi hang, yang tidak bisa shutdown untuk versi Windows 10, Windows 8 dan Windows 7

Buat kondisi laptop normal cukup menggunakan cara mematikannya dengan keyboard merupakan cara paling efektif, dan tidak jarang juga orang lain dengan CMD.

Sumber: The Source Denver

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here