Cara Membersihkan Virus di Laptop

0
18

Cara membersihkan virus di laptop di Windows 7, Windows 8, dan Windows 10 bisa menggunakan beberapa cara. Diantaranya yang paling umum digunakan adalah tanpa install ulang misalnya dengan antivirus seperti dengan Smadav, dengan Avast, dan lain sebagainya.

Namun, kamu juga bisa membersihkan virus dengan CMD yang ada di komputermu. Dan kali ini kita akan bahas sampai tuntas Cara membersihkan virus di laptop secara total. Berikut adalah tutorial lengkapnya.

Cara Membersihkan Virus di Laptop

1. Menggunakan Program Command Prompt

Cara membersihkan virus di laptop yang pertama adalah dengan menggunakan program Command Prompt yang ada di komputer. Berikut adalah tutorial lengkapnya:

  • Pertama, klik menu ‘Start’, lalu ketikkan ‘cmd’ pada kolom pencarian Windows. Jika sudah silahkan ‘Klik Kanan’ pada mouse, dan yang terakhir klik ‘Run as administrator’.

cara membersihkan virus di laptop

Atau bisa juga tekan tombol ‘Ctrl+R’ pada keyboard, lalu ketikkan ‘cmd’ dan tekan ‘Enter’. Maka program Command Prompt akan terbuka.

  • Jika program Command Prompt telah terbuka, lalu selanjutnya adalah mengetikkan ‘dir D: attrib -s -h /s /d’ jika yang terkena virus adalah drive D. Jika sudah lanjutkan dengan tekan ‘Enter’ pada keyboard.

Atau mungkin jika yang terinfeksi virus adalah drive C, maka ganti saja huruf ‘D’ menjadi ‘C’ atau yang lainnya.

Lihat Juga: 6 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop (Yang rusak Dan Error)

  • Selanjutnya setelah kamu tekan ‘Enter’, maka program Command Prompt akan mengeksplorasi drive yang dipilih dan memuat semua file pada drive tersebut. Seperti ini misalnya:

  • Kemudian, silahkan kamu cari file dengan format ‘.exe’ secara manual pada Command Prompt tersebut. Jika sekiranya kamu tidak pernah menginstal program tersebut sebelumnya, silahkan hapus melalui program Command Prompt ini.

Jika tidak bisa dihapus, kamu bisa search sendiri di Run, dan hapus file tersebut. Kamu juga bisa menggunakan REGEDIT yaitu dengan cara Start > Run > Regedit > Edit > Find > masukkan nama file virus yang kamu temukan di command prompt, dan hapus semua registry yang ada termasuk foldernya sekalipun.

2. Menghapus Program Mencurigakan Melalui Task Manager

Cara membersihkan virus di laptop yang kedua adalah dengan menggunakan Task Manager. Simak cara lengkapnya berikut ini:

  • Yang pertama, silahkan buka program Task Manager terlebih dahulu dengan menekan tombol ‘Ctrl+ Shift+Esc’ pada keyboard. Lalu silahkan periksa dan lihat program atau layanan yang mencurigakan.

  • Kemudian, jalankan MSConfig dengan cara klik tombol ‘Windows+R’ dan ketikkan ‘msconfig’ lalu tekan ‘Enter’ pada keyboard. Seperti contoh berikut:

  • Langkah selanjutnya setelah masuk ke ‘System Configuration’, silahkan klik opsi ‘Service’. Lalu silahkan cari dan hilangkan centang pada program yang mencurigakan.

  • Selanjutnya silahkan lanjutkan dengan klik opsi ‘Startup’, lalu centang kotak program yang mencurigakan.
  • Sekarang silahkan buka program Command Prompt, kemudian cari file dengan nama yang mencurigakan tersebut, lalu silahkan hapus file tersebut seperti cara pertama.

Baca Juga: 2 Cara Menggunakan Recuva (Untuk Android Dan Pada PC)

3. Menggunakan Software Anti Virus

Cara membersihkan virus di laptop yang ketiga adalah dengan menggunakan software antivirus yang ada di laptop/di komputermu. Biasanya pada setiap Windows yang kamu gunakan sudah dibekali antivirus bawaannya, namun jika masih kurang kamu bisa menggunakan antivirus pihak ketiga.

Banyak software antivirus yang terkenal saat ini, misalnya Smadav, Avast, AVG, Avira, Norton, Kaspersky dan lain sebagainya. Namun sayangnya, jika kamu ingin menggunakannya secara total, maka kamu diharuskan untuk menggunakan versi premiumnya.

Silahkan gunakan satu antivirus yang terbaik, lakukan update secara rutin, dan lakukan scanning dengan menjalankan antivirus tersebut pada laptop/PC kamu. Jika virus menyusup, antivirus akan mendeteksi dan membersihkan file-file tersebut.

4. Melakukan Format Partisi

Cara membersihkan virus di laptop yang keempat adalah dengan melakukan format terhadap partisi yang telah terkena virus. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Pertama klik ‘Computer’, kemudian klik ‘Manage’.

  • Jika sudah, silahkan klik opsi ‘Disk Management’, lalu ‘Klik Kanan’ pada partisi yang terinfeksi virus, dan yang terakhir klik ‘Format’. Lihat contoh gambar berikut ini:

5. Install Ulang Laptop Dengan Windows Baru

Cara membersihkan virus di laptop yang kelima adalah melakukan install ulang Windows baru pada laptop kamu yang terkena virus. Install ulang ini adalah cara yang bisa kamu jadikan pilihan jika dapat laptop/PC kamu terinfeksi virus yang telah sedemikian parah.

Jika kamu hendak melakukan cara ini, maka kamu bisa pastikan terlebih dahulu bahwa kamu telah membackup data penting yang ada di laptop/PC kamu secara total. Dengan begitu, ketika kamu hendak melakukan instalasi ulang laptop/PC, maka data penting pada laptop tidak ikut terhapus.

Pelajari Juga: 5 Cara Menyambungkan Laptop Ke TV (Kabel Dan Tanpa Kabel)

6. Bersihkan System Restore Pada Laptop

Cara membersihkan virus di laptop yang keenam adalah dengan mendelete System Restore yang telah dibuat. Caranya adalah sebagai berikut ini:

  • Yang pertama silahkan klik menu ‘Start’, lalu pilih ‘All Programs’, dan jika sudah silahkan pilih ‘Windows Administrative Tools’, lalu lanjutkan dengan klik ‘Disk Cleanup’.

  • Jika sudah, lanjutkan dengan memilih drive yang akan dibersihkan. Misalnya Drive C lalu tekan ‘OK’.

  • Langkah selanjutnya adalah mencari file yang mengandung virus, lalu centang pada kotak yang ada. Jika dirasa sudah cukup silahkan klik ‘Cleanup system files’ atau klik ‘OK’.

Lihat Juga: 11 Cara Memperpendek Link dengan Praktis dan Cepat (Tanpa Login)

Itulah beberapa Cara membersihkan virus di laptop Windows 7, Windows 8, dan Windows 10 secara total. Jika dirasa virus yang ada di laptop/PC kamu tidak terlalu parah, kamu bisa menggunakan cara tanpa install ulang Windows yang kamu punya.

Kesimpulannya, gunakanlah cara yang ringan terlebih dahulu seperti dengan antivirus seperti dengan Smadav, dengan Avast, dan lain sebagainya. Sekian tutorialnya, selamat mencoba!

Sumber: The Source Denver

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here