Cara Memperbaiki Keyboard Laptop

0
24

Cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi atau yang error ini sering sekali dilakukan oleh kebanyakan pengguna laptop baru atau bekas. Biasanya dari kebanyakan keyboard laptop yang rusak atau yang macet ini bisa diatasi sendiri tanpa harus menggunakan jasa service laptop.

Namun ada sedikit perbedaan cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi seluruhnya atau yang tidak berfungsi sebagian. Diantaranya kamu harus mempunyai software yang khusus digunakan untuk mendeteksi keyboard yang error misalnya tertekan sendiri, yang tertukar, dll.

Software yang bisa kamu gunakan diantaranya Passmark KeyboardTest, Keyboard Test Utility, dan lain sebagainya. Software ini juga bisa digunakan untuk keyboard Asus yang error, keyboard Acer yang tidak berfungsi, dan masih banyak yang lainnya.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop

Nah, jika kamu sudah menggunakan software yang sudah disebutkan diatas dan ternyata terdapat yang error, kamu bisa menggunakan cara berikut ini untuk tahu bagaimana cara memperbaiki keyboard laptop yang rusak.

1. Masalah Driver Keyboard

Cara memperbaiki keyboard laptop yang pertama adalah mengupdate driver keyboard laptop kamu. Bisa jadi keyboard yang tidak berfungsi tersebut disebabkan karena driver keyboard yang mungkin kurang up to date.

cara memperbaiki keyboard laptop

Nah, untuk mengetahuinya silahkan lakukan cara berikut ini:

  • Pertama klik menu ‘Start’, kemudian ‘Control Panel’.
  • Lalu klik ‘System and Security’, setelah itu klik ‘Device Manager’, dan pilih driver ‘Keyboards’.

Jika yang terlihat adalah menu driver dengan tanda tanda seru, maka berarti keyboard laptop kamu harus update driver dengan yang baru.

Baca Juga: 2 Cara Menggunakan Recuva (Untuk Android Dan Pada PC)

2. Melakukan Restore Pada Windows

Cara memperbaiki keyboard laptop yang kedua adalah melakukan restore pada Windows yang kamu gunakan. Silahkan kamu ubah pengaturan keyboard dengan cara merestore Windows dan kembalikan pengaturan keyboard sebelum terjadi error dan tidak berfungsi.

Untuk merestore pada Windows laptop kamu, silahkan ikuti beberapa langkah berikut ini:

  • Pertama klik menu ‘Start’, lalu pilih menu ‘Control Panel’.
  • Kemudian klik ‘System and Security’, kemudian klik menu ‘Backup and Restore’.
  • Lalu klik Set up backup’.
  • Silahkan tunggu hingga proses reboot selesai.

Jika kerusakan keyboard disebabkan oleh sistem, maka keyboard seharusnya dapat berfungsi kembali setelah proses reboot. Akan tetapi, jika tidak ada perubahan, maka segera service laptop untuk pemeriksaan kerusakan hardwarenya.

3. Mengganti Layout Keyboard

Cara memperbaiki keyboard laptop yang ketiga adalah dengan cara mengganti layout dari keyboard yang kamu gunakan. Hal ini biasanya terjadi karena layout keyboard yang mengakibatkan huruf yang dihasilkan tidak sesuai.

Untuk dapat merubah pengaturan layout dari keyboard kamu yang berubah, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Pertama buka menu ‘Start’.
  • Kemudian klik menu ‘Region & Language’, lalu klik opsi ‘Language.
  • Jika sudah lanjutkan dengan klik bahasa yang akan kamu gunakan pada laptop. Misalnya ‘Bahasa Indonesia’, dan lain sebagainya.
  • Klik ‘Options’, lalu pastikan bahwa setelan keyboard menggunakan ‘US QWERTY’ terletak di bagian bawah halaman.
  • Yang terakhir silahkan hapus layout keyboard lainnya yang tidak dibutuhkan, dengan cara klik ‘Remove’.

Pelajari Juga: 5 Cara Menyambungkan Laptop Ke TV (Kabel Dan Tanpa Kabel)

4. Menyesuaikan Pengaturan Keyboard

Cara memperbaiki keyboard laptop yang keempat adalah dengan menggunakan fitur dan program bawaan dari Windows dan beberapa dan beberapa pengaturan yang berfungsi dengan baik.

Untuk merubah pengaturan keyboard laptop yang error kamu bisa menggunakan cara seperti berikut:

  • Pertama silahkan klik menu ‘Start’, lalu pilih ‘Control Panel’.
  • Jika sudah, silahkan klik menu ‘Ease of Access’.
  • Lalu lanjutkan dengan menekan tombol ‘Make the keyboard easier to use’.
  • Kemudian pada opsi ‘Set up Filter Keys’ silahkan hilangkan semua tanda centang yang ada.
  • Jika sudah, kemudian kamu periksa kembali keyboard tersebut apakah sudah berfungsi atau belum. Jika belum, kamu dapat menonaktifkan setting Sticky Keys pada menu yang sama.

5. Melakukan Restart Laptop

Cara memperbaiki keyboard laptop yang kelima adalah dengan melakukan restart pada laptop/PC kamu. Cobalah untuk merestart laptop kamu agar pengaturan keyboard dapat kembali seperti semula.

Akan tetapi, jika cara tersebut gagal, kemungkinan masalah besarnya adalah hardware yang terhubung pada laptop tersebut sedang error dan tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Silahkan baca cara mengatasi keyboard yang rusak atau error pada point yang nomor 6 berikut ini.

Lihat Juga: 11 Cara Memperpendek Link dengan Praktis dan Cepat (Tanpa Login)

6. Memeriksa Konektor Pada Keyboard Laptop

Cara memperbaiki keyboard laptop yang keenam memeriksa konektor pada keyboard laptop kamu yang terdapat masalah seperti renggang, tertekuk, rusak, atau bahkan terlepas.

Caranya, kamu bisa memperbaiki kerusakan tersebut dengan cara membuka keyboard laptop yang terhubung dengan motherboard dengan terlebih dahulu membuka pengunci pada konektor, lalu menghubungkannya kembali pada konektornya.

Membongkar keyboard dan konektornya tidak bisa asal-asalan dan harus didasari dengan cara-cara dan langkah yang benar. Silahkan periksa tipe serta merek laptop yang kamu punya kemudian lihat beberapa tutorial yang ada di Youtube.

Baca Juga: 7 Cara Melihat Password Gmail Sendiri Tanpa Nomor HP (100% Work)

Itulah cara memperbaiki keyboard laptop yang rusak atau yang error. Jika ingin mengetahui kerusakan laptop yang tidak berfungsi sebagian atau tidak berfungsi sama sekali, kamu bisa menggunakan software yang sudah disebutkan diatas.

Namun jika masalah keyboard kamu adalah keyboard yang macet atau tertekan sendiri, kamu bisa memeriksanya dengan cara-cara yang sudah disebutkan diatas. Sekian pembahasannya dan selamat mencoba!

Sumber: The Source Denver

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here