Cara Memperpendek Link

0
109

Seringkali muncul postingan membagikan sebuah link di segala macam social media? Guna sharing informasi tertentu. Berbagai macam kepentingan dapat dibagikan mulai dari promosi produk, video di Youtube, file di Google Drive sampai dengan kuesioner di Google Form.

Pernah beberapa kali menemukan orang membagikan sebuah link yang panjang? Tentunya akan terlihat link tersebut kurang rapi dan gak enak dilihat bukan? Nemuin juga membagikan link pendek di twitter atau social media lainnya? Nah berarti kalian ketinggalan informasi.

Sekarang hal itu bisa dihindari dengan cara memperpendek link menggunakan situs pemendekan link atau tautan secara gratis. Dengan demikian, link yang kalian bagikan jadi lebih pendek serta mudah diingat. Penasaran bagaimana caranya? Simak ulasan berikut, check it out.

Cara Memperpendek Link

Sudah banyak situs yang menawarkan jasa pemendekan link, beberapa juga ada yang menawarkan paket lengkap berbayar. Di layanan tersebut, terdapat banyak fitur mempermudah kegiatan kalian tanpa download. Berikut rekomendasi situs shorter link terbaik buat dicoba.

1. Bitly

Cara memperpendek link pertama situs short URL terbaik dan terpopuler saat ini yaitu dengan Bitly. Salah satu alasannya karena kalian tak perlu membuat akun untuk menggunakan Bitly dan juga bisa digunakan sebanyak yang kalian inginkan.

  • Firstly, silahkan buka website “Bitly”.

Cara Memperpendek Link

  • Jika sudah terbuka pada tengah terdapat kolom besar, silahkan masukkan link yang akan kalian shortener. Contoh kalian ingin berbagi link video di Youtube, maka salin url diatas.

  • Tempelkan salinan link tersebut ke kolom besar di tengah, kemudian klik “Shorten”.

  • Tunggu beberapa saat, lalu hasil shortener akan muncul pada bawah kolom, yaitu “https://bit.ly/3fGloFe” kalian tinggal copy shorted link tersebut.

  • Selanjutnya jika kalian klik link tersebut, maka secara otomatis mengarahkan ke alamat video di Youtube.

Bagaimana lebih pendek dan gampang bukan dengan Bitly? Namun, untuk lebih memudahkan analisis dan monitor data, disarankan untuk membuat akun gratis. Cara mendaftar di bitly cukup mudah, kalian bisa menggunakan akun di twitter atau facebook.

Setelah mendaftar, kalian akan mendapatkan beberapa fitur yang bisa menunjang bisnis online. Mulai dari kustomisasi URL hingga melacak CTR. Tips berikutnya jika ingin edit link sesuai keinginan atau kustomisasi URL, langkah-langkahnya sebagai berikut.

  • Masuk website https://bit.ly kemudian klik “Sign up for free”.

  • Setelah selesai melakukan pendaftaran, klik kotak berwarna orange bertuliskan “Create Bitlink”. Kemudian di kotak putih bertuliskan “Paste long URL” paste-kan link di Youtube, lalu tinggal klik “Create”.

  • Link akan otomatis diperpendek tapi masih sulit untuk diingat. Untuk merubahnya, di bagian “Customize” edit sesuai keinginan kalian. Untuk bit.ly sendiri tidak bisa dirubah, hanya kode di belakangnya saja.

Baca Juga: 7 Cara Melihat Password Gmail Sendiri Tanpa Nomor HP (100% Work)

  • Seperti tampilan diatas shortlink di bitly masih huruf acak https://bit.ly/3fGIoFe diubah menjadi https://bit.ly/standupterlucu dan tinggal kalian klik “Save”.

  • Jika sudah dirubah custom URL sesuai keinginan kalian, kemudian klik “Copy”. Maka URL di Youtube sudah jadi atau bisa langsung kalian klik “Share” buat membagikan ke media sosial.

Bitly sudah dipercaya oleh banyak brand besar di dunia, seperti McDonald’s dan Dunkin’ Donuts. Selain itu, setiap link yang kalian perpendek di Bitly dilindungi oleh enkripsi HTTPS. Sehingga tak usah cemas disusupi virus atau penyalahgunaan link tersebut.

Cara memperpendek link dengan Bitly versi gratis hanya mengijinkan kalian untuk mengganti URL belakang saja. Jika ingin mengkustomisasi domain URL (bit.ly) kalian harus berlangganan minimal paket Basic seharga $29 /bulan.

Lihat Juga: 6 Versi Serial Number IDM Terbaru

2. TinyURL

Cara memperpendek link berikutnya situs short URL recommended yaitu dengan TinyURL. Sudah ada sejak tahun 2002 dan bisa dikatakan merupakan pelopor situs short URL di internet. Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan.

  • Firstly, silahkan buka website “TinyURL”.

  • Jika sudah terbuka pada tengah terdapat kolom, silahkan masukkan link yang akan kalian shortener. Contoh kalian ingin berbagi file dokumen di Google Drive, maka salin url diatas.

  • Tempelkan salinan link yang panjang tersebut ke kolom bertuliskan perintah “Enter a long URL to make tiny”, kemudian klik “Make TinyURL!”.

  • Tunggu beberapa saat, lalu hasil shortener akan muncul pada bawah kolom, yaitu “https://tinyurl.com/lm9fgp” kalian tinggal copy shorted link tersebut dengan klik “Copy to clipboard”.

  • Selanjutnya jika kalian klik link tersebut, maka secara otomatis mengarahkan untuk mendownload dokumen di Google Drive.

 

Bagaimana lebih pendek dan gampang bukan? Selain itu, kalian juga bisa menggunakan kustomisasi URL tanpa harus mendaftar terlebih dahulu. Berikut langkah-langkahnya jika ingin edit link sesuai keinginan atau kustomisasi URL.

  • Seperti sebelumnya kalian masuk website https://tinyurl.com. Jika sudah terbuka pada tengah terdapat kolom, silahkan masukkan link yang akan kalian shortener. Contoh kalian ingin berbagi file dokumen di Google Drive, maka salin url diatas.

  • Kemudian Tempelkan salinan link yang panjang tersebut ke kolom bertuliskan perintah “Enter a long URL to make tiny”. Lalu edit sesuai keinginan kalian pada “Custom alias” dan klik “Make TinyURL!”. Untuk tinyurl.com sendiri tidak bisa dirubah.

  • Tunggu beberapa saat dan akan muncul seperti tampilan dibawah shortlink di tinyurl langsung berubah menjadi https://tinyurl.com/proposaljudul dan tinggal kalian klik “Copy to clipboard”.

TinyURL masih berfungsi dengan sangat baik hingga sekarang, walaupun tak menawarkan banyak fitur seperti situs short URL lain. Link yang kalian perpendek di TinyURL tak akan kadaluarsa.

Ini berarti, link tersebut akan tersedia selamanya dan bisa dimanfaatkan sepuasnya. Jadi, tak usah cemas dengan broken link nantinya.

3. Rebrandly

Cara memperpendek link berikutnya situs short URL recommended yaitu dengan Rebrandly. Situs short URL terbaik untuk kustomisasi URL dengan nama brand sendiri. So, kalian bisa membuat nama domain sendiri yang nantinya akan digunakan di setiap link.

  • Firstly, silahkan buka website “Rebrandly”.
  • Jika sudah terbuka pada tengah terdapat kolom, silahkan masukkan link yang panjang ingin kalian shortener. Contoh disini kalian ingin berbagi form kuesioner di Google Form, maka salin url dengan klik “Copy”.

  • Tempelkan salinan link yang panjang tersebut ke kolom bertuliskan perintah “Make your link shorter”, kemudian klik “Shorten URL”.

  • Kemudian muncul perintah seperti tampilan dibawah dan klik “Skip”.

  • Tunggu beberapa saat, lalu hasil shortener akan muncul pada bawah kolom, yaitu “https://rb.gy/rrghqy” kalian tinggal copy shorted link tersebut dengan klik “Copy”.

Selanjutnya jika kalian klik link tersebut, maka secara otomatis mengarahkan untuk mengisi kuesioner di Google Form.

Jika kalian ingin menggunakan domain dengan brand sendiri guna keperluan bisnis, maka kalian harus “Sign up free” terlebih dahulu.

Kemudian kalian bisa masukkan brand kalian pada kolom dibawah “Register new custom domain” lalu muncul contoh domain beserta price list setiap nama domain.

Rebrandly juga menyediakan berbagai fitur lain, seperti pengaturan kadaluarsa link, analytics, mengubah link menjadi QR Code dan masih banyak lainnya. Namun, untuk menikmati semua fiturnya, kalian diharuskan untuk berlangganan mulai dari $29/bulan.

Banyak brand besar Nasional dan Internasional yang menggunakan Rebrandly, seperti 3, Opera Mini, Lamborghini, VOLVO. So, Rebrandly cocok buat kalian para Enterpreuner.

Pelajari Juga: 5 Cara Mengetahui Password Instagram (Tanpa Email dan Nomor HP)

4. Tiny.cc

Cara memperpendek link berikutnya situs short URL recommended yang mendukung kustomisasi URL untuk keperluan branding bisnis kalian yaitu Tiny.cc. Menawarkan harga murah untuk kustomisasi URL dibandingkan situs short URL lain, yakni hanya $5/ bulan.

Namun tenang saja, jika kalian hanya ingin memperpendek link yang panjang, Tiny.cc tidak memungut biaya sepeserpun alias gratis kok. Berikut langkah-langkahnya.

  • Firstly, silahkan buka website “Tiny.cc”.

  • Jika sudah terbuka, silahkan masukkan link yang panjang ingin kalian shortener pada kolom tersedia. Contoh disini kalian ingin berbagi form kuesioner di Google Form, maka salin url dengan klik “Copy”.

  • Tempelkan salinan link yang panjang tersebut ke kolom bertuliskan perintah “Paste a long URL”, kemudian klik “Shorten”.

  • Tunggu beberapa saat, lalu hasil shortener akan muncul pada bawah kolom, yaitu “http://tiny.cc/y4kjsz” kalian tinggal copy shorted link tersebut dengan klik logo Copy. Jika kalian klik link tersebut, secara otomatis muncul kuesioner di Google Form.

  • Jika kalian ingin langsung membagikan ke akun sosial modia seperti di twitter, facebook, linkedin dan lainnya bisa klik logo “Share” seperti tampilan dibawah.

  • Satu hal lagi kalian juga bisa dapat QR Code dengan klik logo “Get QR-Code”.

Bagaimana lengkap bukan fitur di Tiny.cc? Selain itu, kalian juga bisa menggunakan kustomisasi URL tanpa harus mendaftar terlebih dahulu. Berikut langkah-langkahnya jika ingin edit link sesuai keinginan atau kustomisasi URL.

  • Seperti sebelumnya kalian masuk website https://tiny.cc. Jika sudah terbuka pada tengah terdapat kolom, silahkan masukkan link yang panjang ingin kalian shortener.
  • Kemudian Tempelkan salinan link yang panjang tersebut ke kolom bertuliskan perintah “Paste a long URL”. Lalu edit sesuai keinginan kalian pada “Custom ending goes here” dan klik “Shorten”. Untuk tiny.cc sendiri tidak bisa dirubah.

  • Tunggu beberapa saat dan akan muncul seperti tampilan dibawah shortlink di tiny.cc langsung berubah menjadi https://tiny.cc/kuisCONOCO dan tinggal kalian klik logo “Copy” atau “Share” maupun Get QR-Code.

Selain fitur kustomisasi URL, Tiny.cc juga memiliki beberapa fitur lainnya. kalian bisa melacak performa link tersebut. Mulai dari melihat CTR, hingga mengetahui lokasi dan browser yang digunakan oleh viewer mengklik link tersebut.

5. BL.INK

Cara memperpendek link berikutnya situs short URL recommended dengan fitur yang sangat lengkap, dashboard user friendly untuk keperluan branding bisnis kalian yaitu BL.INK.

Kalian bisa mengkustomisasi link dan melacak lokasi orang yang mengklik, menggunakan perangkat apa, hingga bahasa sehari-hari mereka sekalipun bisa terdeteksi dengan BL.INK. Perusahaan multinasional seperti Chevron, Canon, Coca Cola, Brooks, Hilton, Logitech.

Menariknya, versi gratis BL.INK menawarkan hampir semua fitur yang mereka miliki. Namun, terbatas hanya kepada satu pengguna dan 1,000 klik per link saja. Jika bisnis kalian masih kecil, versi gratis BL.INK ini bisa dicoba.

Oh ya, BL.INK juga mempunyai fitur bernama Smart Link. Fitur ini memungkinkan kalian untuk membuat link berdasarkan keyword populer, sehingga bisa menarik trafik lebih banyak dan meningkatkan conversion rate.

6. T2M

Cara memperpendek link berikutnya situs short URL recommended terbaik dengan fitur lengkap yaitu T2M, dimana kalian bisa melihat statistik data. Dashboard ini mempermudah kalain melakukan analisis performa dari berbagai link yang telah diperpendek.

T2M juga menawarkan kustomisasi URL yang bisa kalian atur kadaluwarsanya, memperpendek banyak link yang panjang sekaligus, dan membagikan link ke media sosial seperti di twitter, facebook, linkedin dan lainnya cukup dengan satu klik saja.

Salah satu fitur unik T2M jarang ada di situs short URL lain adalah Custom Analytic Reports. Fitur ini memungkinkan kalian untuk meminta laporan statistik yang tidak disediakan pada dashboard bawaan.

Kalian bisa meminta alamat IP orang yang mengklik, browser digunakan, seberapa sering orang itu mengkliknya, dan masih banyak lainnya. Kalian tinggal minta saja laporan custom sesuai keinginan kepada customer support T2M.

Dengan fitur melimpah tersebut, sayangnya T2M tidak menawarkan versi gratis atau free trial sekalipun. Versi termurah adalah paket Basic yang bisa kalian nikmati selamanya dengan membayar $5.

7. Adf.ly

Nah ini yang menarik, selain dapat digunakan buat cara memperpendek link dengan Adf.ly, kalian juga bisa mendapatkan uang disini. Kok bisa? Adf.ly akan membayar untuk setiap klik link tersebut. Semakin banyak klik pastinya semakin banyak uang didapat.

  • Firstly, silahkan buka website “Adf.ly”.

  • Jika sudah terbuka pada tengah terdapat kolom, silahkan masukkan link yang akan kalian shortener. Contoh kalian ingin berbagi file dokumen di Google Drive, maka salin url diatas.

  • Tempelkan salinan link yang panjang tersebut ke kolom atas, kemudian klik “Shrink!”.

  • Tunggu beberapa saat, lalu hasil shortener akan muncul pada bawah kolom, yaitu “https://raboninco.com/Q1kF” kalian tinggal copy shorted link tersebut dengan klik “Copy”.

  • Selanjutnya jika kalian klik link tersebut, maka secara otomatis mengarahkan untuk mendownload dokumen di Google Drive.

8. Ow.ly

Cara memperpendek link berikutnya situs short URL recommended terbaik tidak kalah populer adalah Ow.ly. Merupakan bagian dari HootSuite, sebuah layanan manajemen media sosial yang terhubung dengan berbagai situs jejaring sosial lainnya.

9. Is.gd

Cara memperpendek link selanjutnya situs short URL recommended paling simpel yaitu Is.gd. Tidak ada fitur ekstra di sini, hanya memangkas tautan saja. Tanpa perlu daftar atau mengisi kode CAPTCHA, terpampang di situsnya Is.gd sudah menyingkat 1,6 miliar tautan.

  • Firstly, silahkan buka website “Is.gd”.

  • Jika sudah terbuka pada tengah terdapat kolom, silahkan masukkan link yang akan kalian shortener. Contoh kalian ingin berbagi video di Youtube, maka salin url diatas.

  • Tempelkan salinan link yang panjang tersebut ke kolom, kemudian klik “Shorten”.

  • Tunggu beberapa saat, lalu hasil shortener akan muncul pada bawah kolom, yaitu “https://is.gd/ARHW3H” kalian tinggal copy shorted link tersebut dengan klik “Copy” atau bisa kalian dapatkan QR Code.

10. Bit.do

Cara memperpendek link berikutnya hampir sama dengan Is.gd yaitu Bit.do yang juga sangat mudah dan simpel digunakan. Kalian dapat menggunakan Bit.do dengan atau tanpa akun terdaftar. Selain itu juga dapat memodifikasi kata bagian akhir link sesuai keinginan.

  • Firstly, silahkan buka website “Bit.do”.

  • Jika sudah terbuka pada tengah terdapat kolom, silahkan masukkan link yang akan kalian shortener. Contoh kalian ingin berbagi video di Youtube, maka salin url diatas.

  • Tempelkan salinan link yang panjang tersebut ke kolom, masukkan verifikasi captcha, kemudian klik “Shorten”.

  • Tunggu beberapa saat, lalu hasil shortener akan muncul pada bawah kolom, yaitu “https://bit.do/fGKk9” kalian tinggal copy shorted link tersebut atau bisa dapatkan juga QR Code.

11. Soo.gd

Cara memperpendek link terakhir dapat kalian coba dengan gratis yaitu Soo.gd, sangat mudah digunakan seperti halnya Tiny.cc Kalian dapat menggunakannya dengan atau tanpa akun terdaftar. Selain itu juga dapat memodifikasi kata bagian akhir link sesuai keinginan.

  • Firstly, silahkan buka website “Soo.gd”.

  • Jika sudah terbuka pada tengah terdapat kolom, silahkan masukkan link yang panjang kalian shortener. Contoh kalian ingin berbagi video di Youtube, maka salin url diatas.

  • Tempelkan salinan link yang panjang tersebut ke kolom, kemudian klik “Shorten”.

  • Tunggu beberapa saat, lalu hasil shortener akan muncul pada bawah kolom, yaitu “https://soo.gd/6wia” kalian tinggal copy it to Clipboard tersebut atau bisa dapatkan juga QR Code.

Baca Juga: 8 Cara Melihat Foto Profil Instagram Ukuran Penuh

Cara memperpendek link diatas masing-masing memiliki pengguna dengan berbagai keperluan seperti bisnis, tugas kuliah ataupun menunjukkan eksistensi di sosmed. Oleh sebab itu mulai dari versi gratis dan berbayar banyak tersedia.

Berdasarkan review pengguna situs shorter link paling banyak dipakai dan diminati serta sering terlihat pada postingan sosial media seperti di twitter, instagram dan lainnya yaitu dengan bit.ly.

Sumber: The Source Denver

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here