Cara Mengaktifkan WiFi di Laptop

0
32

Wifi saat ini merupakan hal yang sangat penting dan wajib ada, terutama di perkantoran, sekolah, cafe, public space dan lain sebagainya. Hal ini seiring kemajuan teknologi yang harus didukung dengan koneksi Internet. Nah, kali ini kita akan membahas cara mengaktifkan WIfi di laptop.

Jika kita ingin memanfaatkan koneksi Wifi yang tersedia, tentunya kita juga harus bisa mengakses dan mengaktifkannya di Laptop, PC, atau pun di HP kita. Terutama di Laptop, memang sudah ada fitur Wifi yang bisa kita gunakan untuk menangkap sinyal Wifi yang tersedia.

Namun, ternyata ada juga beberapa laptop yang mungkin terkendala perihal mengaktifkan Wifi pada perangkatnya atau mungkin terjadi masalah dengan pendeteksian Wifi yang tersedia. Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mengaktifkan Wifi di laptop.

Oke, langsung saja akan kita bahas bagaimana cara mengaktifkan Wifi di laptop dengan mudah.

Cara Mengaktifkan Wifi di Laptop

Disini akan penulis jelaskan untuk laptop/ komputer yang menggunakan OS atau sistem operasi Windows 7, Windows 8, dan Windows 10. Laptop yang memiliki variasi OS yang berbeda sehingga cara mengaktifkan Wifinya pun juga berbeda-beda.

Walaupun kalian menggunakan berbagai merk laptop seperti Acer, Asus, HP, Lenovo, Toshiba, Dell, dan lain sebagainya selama kalian menggunakan OS Windos maka cara untuk mengaktifkannya pun sama. Berikut adalah cara mengaktifkan Wifi di laptop:

Pelajari Juga: 3 Cara Mengetahui IP Address Orang Lain Dengan Mudah

1. Dengan Ikon Wifi pada Taskbar

Taskbar adalah menu horizontal atau vertikal yang berada di bagian bawah atau samping layar. Taskbar terdiri dari Start menu, Middle section, dan The notification area.

Start menu merupakan tombol ikon Windows yang berada di pojok taskbar, middle section menampilkan aplikasi atau program yang sedang dibuka. Jika kalian sudah sering menggunakan laptop Windows pastinya sudah tidak asing lagi.

  • Langkah pertama untuk mengaktifkan Wifi di Laptop, kalian dapat mengklik ikon Wifi yang tersedia pada notification area. Jika tidak terlihat, maka Anda bisa mengklik tombol panah atas di bagian notification area tersebut.

Cara Mengaktifkan WiFi di Laptop

  • Jika sudah silahkan pilih jaringan Wifi yang akan kalian sambungkan
  • Langkah selanjutnya klik untuk checklist pada Connect automatically sehingga kalian akan otomatis terhubung dengan WiFi tersebut lagi di lain waktu. Syaratnya, WiFi di komputer kalian harus dalam keadaan On.

  • Jika sudah kalian akan diminta memasukkan kata sandi jika Wifi yang dimaksud yang bersifat secured.
  • Namun jika tidak di Password, maka kalian bisa terhubung ke Wifi dengan langsung mengklik tombol Connect.
  • Selanjutnya akan terjadi proses penghubungan Wifi hingga akhirnya kalian berhasil terkoneksi.
  • Jika telah terkoneksi maka akan muncul keterangan Connected di bawah nama WiFi yang kita gunakan. Tombolnya juga akan berubah menjadi Disconnected.

2. Dengan Menggunakan Tombol Keyboard

Beberapa keyboard pada laptop tersedia tombol khusus untuk mengaktifkan Wifi. Adapun tombol tersebut biasanya terdapat gambar ikon Wifi atau Plane (pesawat) dan tombolnya terletak di bagian atas pada keyboard.

Cara untuk menggunakannya yaitu dengan menekan langsung tombol tersebut atau didahulukan dengan menekan tombol fn yang selanjutnya diikuti dengan menekan tombol Wifi/Plane tersebut.

Baca Juga: Cara Mengganti IP Address di PC dan Android Secara Permanen

3. Dengan Windows Mobility Center

Selain dengan 2 cara di atas, kalian bisa mengaktifkan Wifi melalui Windows Mobility Center. Cara ini sebenarnya cukup ribet, namun bisa juga menjadi opsi jika kedua cara di atas memang tidak berhasil, berikut beberapa langkahnya :

  • Langkah yang pertama silahkan kalian pergi ke bagian search atau pencarian, lalu ketik Windows Mobility Center dan klik.

  • Setelah itu akan muncul kotak dialog Windows Mobility Center. Lalu klik ikon question mark pada sudut kanan bawah kotak dialog tersebut.

  • Jika sudah silahkan kalian scroll ke bawah pilih ‘Connect to a Wi-Fi network in Windows 10’

  • Selanjutnya kalian akan di arahkan ke menu setting atau pengaturan Wifi.
  • Jika sudah silahkan klik pada bagian Wifi di sebelah kiri. Lalu, buatlah status WiFi menjadi On dengan mengklik atas menggeser tombol saklar tersebut.

  • Selesai! Wifi kalian telah aktif. Selanjutnya, kalian dapat memilih koneksi ke jaringan yang tersedia untuk mendapatkan koneksi.

Baca Juga: 6 Cara Membersihkan Virus Di Laptop (Semua Versi Windows)

4. Dengan Menggunakan Adapter Wifi

Jika Wifi kalian belum juga terkoneksi maka ada cara lain yang dapat kalian gunakan untuk mengaktifkan Wifi dengan membuat Adapter WiFi. Adapun caranya adalah sebagai berikut :

  • Langkah yang pertama silahkan kalian masuk ke Control Panel atau Settings dengan mengklik Start menu.
  • Jika sudah, kalian pilih kategori Network and Internet lalu klik Networking and Sharing Centre. Jika kalian menggunakan Windows 10, pilih Wifi.
  • Selanjutnya pada kolom sebelah kiri, pilih Change adapter option.

  • Kemudian kalian klik kanan pada ikon Wifi yang akan kalian gunakan, lalu pilih Enable dan WiFi Anda sudah terkoneksi.

  • Selesai! Silahkan pilih jaringan Wifi yang akan kalian koneksikan.

Penyebab Wifi Tidak Terdeteksi

cara mengaktifkan wifi di laptop

Jika semua cara di atas sudah kalian lakukan namun masih juga belum bisa terkoneksi dengan Wifi, kalian harus mempelajari terlebih dahulu apa saja penyebabnya. Berikut adalah penyebab Wifi tidak terdeteksi :

1. Driver WLAN belum terinstall

Masalah utama sinyal Wifi tidak terdeteksi adalah kalian belum menginstall driver WLAN / WiFi pada laptop yang kalian gunakan.

Agar perangkat komputer / laptop seperti processor, VGA, WiFi dll dapat berfungsi secara normal, maka harus menginstall driver terlebih dahulu dari masing-masing perangkat tersebut.

2. Penyedia layanan WiFi bermasalah

Masalah selanjutnya adalah penyedia layanan Wifi bermasalah, disini bisa jadi merupakan perangkat modem. Jika modemnya bermasalah, tentu mengakibatkan tidak terdeteksinya Wifi. Untuk itu, dapat melakukan pemeriksaan dan memastikan WiFi bisa terhubung.

3. Terlalu banyak perangkat yang terhubung ke WiFi tersebut

Selanjutnya, tidak terdeteksinya Wifi dapat disebabkan karena banyaknya pengguna perangkat yang tersambung dengan WiFi tersebut dan jika memang terdapat limit akses, terlebih pada jaringan Wifi publik misalnya di Cafe.

4. Laptop yang error

Laptop yang bermasalah atau error sangat mungkin menyebabkan Wifi tidak fapat terdeteksi. Salah satu masalah yang terjadi adalah koneksi jaringan dalam keadaan Airplane mode.

Untuk itu, silahkan kalian periksa kembali perangkat yang kalian gunakan, apakah sudah dalam keadaan untuk menerima layanan WiFi atau belum.

5. IP diblokir

Meski masalah ini jarang terjadi, namun hal ini merupakan salah satu penyebab WiFi tidak terdeteksi. Ini pernah terjadi kepada penulis ketika teman se-kost iseng dan ingin koneksi Wifinya lancar.

Untuk kasus ini solusinya, kalian harus menghubungi administrator atau pengelola jaringan yang memblokir IP kalian.

Lihat Juga: 6 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop (Yang rusak Dan Error)

Itu tadi adalah beberapa tips tentang bagaimana cara mengaktifkan Wifi di laptop. Walaupun terkesan hal yang sederhana mungkin juga banyak dari kalian yang belum tahu cara untuk mengaktifkan Wifi dan apa saja permasalahan yang membuat Wifi tidak bisa terkoneksi.

Semoga sedikit ulasan di atas dapat membantu kalian tentang bagaimana cara mengaktifkan Wifi di laptop dan apa saja permasalahan WIfi tidak bisa terkoneksi. Share juga ke teman dan saudara kalian yang membutuhkan yaa. Selamat mencoba 🙂

Sumber: The Source Denver

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here