Cara Mengganti IP Address

0
20

IP address menjadi bagian penting saat kita berselancar di dunia maya. Komponen ini memungkinkan perangkat seperti PC, ponsel atau laptop bisa terhubung dengan internet. Nah, ngobrol soal IP Address kali ini kita akan membahas cara mengganti IP Address.

Sebelum kita membahas cara mengganti IP address, tentu saja kalian harus paham apa itu IP address terlebih dahulu. Saat ini tidak sedikit orang yang beralih ke media sosial untuk media komunikasi. Namun paling tidak penggunanya pasti tetap membutuhkan nomor telepon.

Nah sekarang kalian bayangkan jika pengguna telepon tersebut adalah perangkat komputer dan IP address sebagai nomor telepon masing-masing pengguna, yang artinya, IP address merupakan angka yang pasti dimiliki oleh ponsel, komputer, smartphone yang nanti terhubung ke internet.

Oke, itu tadi gambaran tentang apa itu IP Address. Kali ini kita akan membahas bagaimana sih cara mengganti IP Address?

Apa itu IP Address?

Perlu diketahui bahwa semua situs yang ada di internet mempunyai kumpulan file dan data yang dijalankan oleh yang namanya server hosting.

Jadi wajar jika setiap website mempunyai IP address yang berbeda. Meski demikian, alamat IP website seseorang bisa saja sama dengan webmaster lainnya, pada intinya, IP Address merupakan kumpulan bilangan biner yang terdiri dari 1 dan 0.

Karena rumit akhirnya dibuat dengan format bilangan yang terbagi dari 4 buah kode. Contoh IP address adalah 192.168.1.1. Bagaimana cara mengetahui alamat address secara manual? Pengguna bisa cek melalui control panel di perangkat komputer atau lewat CMD.

Baca Juga: 6 Cara Membersihkan Virus Di Laptop (Semua Versi Windows)

Cara Mengganti IP Address

Nah, untuk mengganti IP Address kalian bisa mengikuti tutorial yang akan penulis jelaskan di bawah ini :

1. Dengan Control Panel

Cara pertama adalah lewat Control Panel, ini bisa disebut cukup mudah dilakukan sehingga banyak yang menggunakan cara sederhana ini. Contohnya untuk mengganti IP address pada windows 10, Windows 8, Windows 7, dan Windows XP.

Sama dengan cara mengetahui IP address perangkat, pengguna tinggal membuka menu control panel terlebih dahulu. Nah, untuk langkah selanjutnya silahkan kalian simak penjelasan di bawah ini :

  • Langkah yang pertama jika sudah terbuka control panel, pada halaman baru yang muncul, klik Network and Internet.

cara mengganti ip address

  • Kemudian klik Network and Sharing Center

  • Jika sudah pada bagian paling kiri, klik Change Adaptor Setting

  • Selanjutnya pengguna akan menghadapi beberapa pilihan pada jendela berikutnya. Klik kanan Wifi kemudian pilih properties.

Lihat Juga: 6 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop (Yang rusak Dan Error)

  • Langkah selanjutnya kalian cari Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) dan klik dua kali.

  • Berikutnya, kalian akan mendapat informasi mengenai IP address yang dimiliki. Untuk mengubah pilihan IP, pengguna masuk ke menu use the following IP address dan menyeting sesuai keinginan.

  • Langkah terakhir pastikan kalian mengubah digit paling belakang IP address ke angka ratusan. Contohnya seperti 168.1.157. Jika sudah, klik saja OK.

Dengan cara di atas kalian sudah mengganti IP address secara manual melalui perangkat komputer. Cara tersebut juga sama untuk pengguna windows 7, windows 8, windows xp atau windows lainnya, cuma mungkin tampilannya akan sedikit berbeda.

Sesudah kalian mengganti IP address tersebut, kemungkinan internet yang masuk ke perangkat akan terganggu. Hal tersebut wajar karena penyesuaian di alamat IP yang baru. Cukup kalian klik fix error saja dan koneksi internet akan kembali normal seperti semula.

Baca Juga: 2 Cara Menggunakan Recuva (Untuk Android Dan Pada PC)

2. Mengganti IP Address Android

Android saat ini menjadi salah satu perangkat smartphone yang paling banyak dipakai oleh masyarakat.

Dengan android, penggunanya bisa mengakses internet sesuai keinginan tanpa batas serta mencari informasi dan berita terbaru kapan dan dimanapun sesuai keinginan.

Saat mengakses internet melalui jaringan operator atau Wifi, perangkat android tetap membutuhkan IP address. IP address dari perangkat Android ini langsung didapat secara otomatis setelah terhubung dengan website tertentu.

Karena diberikan secara otomatis tentu saja siapapun tidak akan tahu jika IP address yang diberikan ada batasan akses ke situs tertentu. Berikut adalah cara mengganti IP Address pada perangkat android:

  • Langkah yang pertama silahkan matikan data terlebih dahulu.

  • Cara ini dirasa cukup mudah untuk dilakukan dan tidak perlu masuk ke menu setting masing-masing perangkat.
  • Berikutnya, agar kalian bisa mencobanya, pastikan data yang dimiliki masih hidup atau aktif terlebih dahulu.
  • Setelah memastikan koneksi data hidup, matikan data lewat status bar.
  • Langkah selanjutnya biarkan koneksi data mati beberapa detik, minimal 10 detik.
  • Jika sudah nyalakan lagi data tersebut. Dengan begitu IP address pada android sudah berganti tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Cara ini cukup sederhana sehingga banyak yang mencobanya.

Untuk mengganti IP address, pengguna juga bisa mengubah secara manual di android tanpa aplikasi. Cara ini memang memakan waktu tapi cukup akurat karena memberi hasil yang bagus. Berikut panduannya:

  • Langkah yang pertama silahkan kalian masuk terlebih dahulu ke menu setting atau pengaturan pada perangkat android.
  • Setelah berhasil masuk ke pengaturan di Android, silahkan pilih menu koneksi untuk mengganti IP address.

  • Langkah selanjutnya, Untuk mengganti IP address dengan bantuan Wifi Android, klik saja menu Wifi dan ikuti perintah berikutnya.
  • Jika sudah, pada bagian Wifi yang telah terhubung dengan perangkat Android, kalian bisa tekan dan tahan di jaringan Wifi tersebut.
  • Jika sudah maka akan ada jendela baru yang muncul. Pilih saja kelola pengaturan jaringan untuk melanjutkan langkah berikutnya.
  • Selanjutnya silahkan kalian centang pilihan tampilan opsi lanjutan. Dari menu tersebut, ada beberapa pilihan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Contohnya seperti mengatur IP yang ada di bagian bawah halaman tersebut.

  • Selanjutnya di pengaturan IP, kalian bisa mengatur IP sesuai keinginan. Pengguna bisa mengubah DHCP ke Statis atau sebagainya. Jangan lupa klik Simpan untuk menyimpan perubahan tersebut.

  • Tunggu hingga koneksi wifi reconnect. Jika sudah, maka IP address android telah berhasil diubah sesuai keinginan pengguna.

Pelajari Juga: 5 Cara Menyambungkan Laptop Ke TV (Kabel Dan Tanpa Kabel)

Jika kalian ingin mendapat koneksi internet yang lancar dari sebelumnya, pengguna PC atau android bisa menggunakan banyak cara. Contohnya dengan memanfaatkan cara mengganti IP address windows atau android seperti yang sudah kita dibawah sebelumnya.

Semoga sedikit ulasan tentang cara mengganti IP Address di atas dapat membantu kalian dan jangan lupa share juga ke teman dan saudara kalian yang membutuhkan yaa. Selamat mencoba 🙂

Sumber: The Source Denver

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here