Cara Menggunakan Recuva

0
16

Pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana cara menggunakan Recuva untuk Android maupun pada PC. Karena tidak sedikit orang yang mengalami kehilangan data yang disebabkan oleh tidak sengajanya file yang terhapus, terformat, efek malware, dan lain sebagainya.

Jika sudah begitu tentunya akan sangat merepotkan saat data kita hilang. Apalagi isi dari data tersebut adalah dokumen atau file yang penting.

Bagi kamu yang pernah atau sedang mengalaminya hal tersebut, disini kita akan bahas salah satu aplikasi atau software yang bisa dicoba mengatasi masalah tersebut yaitu aplikasi atau software yang bernama Recuva.

Cara Menggunakan Recuva

1. Apa itu Aplikasi Recuva?

Recuva merupakan sebuah aplikasi atau software yang berguna untuk mengembalikan data yang hilang di komputer atau untuk mengembalikan data yang hilang di Android.

Software Recuva juga dapat mendukung semua jenis ekstensi file recovery, seperti Dokumen, Video, Foto, File Compressed, dan lain sebagainya.

Ukuran atau size dari aplikasi Recuva ini juga tidak terlalu besar, dan bersifat open source yang bisa diunduh dan digunakan secara gratis. Nah, bagaimanakah cara menggunakan aplikasi ini? Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

Pelajari Juga: 5 Cara Menyambungkan Laptop Ke TV (Kabel Dan Tanpa Kabel)

2. Fitur-Fitur Yang Ada Pada Aplikasi Recuva

Sebelum mengetahui cara menggunakan Recuva, maka kita akan membahas fitur-fitur yang terdapat dalam aplikasi Recuva ini. Recuva menawarkan kemampuan untuk mengembalikan file yang sudah terhapus di komputer. Akan tetapi, Recuva juga mempunyai beberapa fitur lain seperti:

  • Mengembalikan File Hardisk

Jika Hardisk tidak sengaja terformat, maka tidak perlu khawatir karena Recuva dapat mengembalikan file yang ada di dalam hardisk yang sudah terformat dengan cara:

Klik opsi ‘All local Disk’ yang ada di pojok kiri atas. Kemudian, checklist pada file yang ingin dikembalikan. Lalu, klik ‘Recover’.

  • Mengembalikan File E-Mail

Aplikasi Recuva juga bisa mengembalikan file Email yang sudah terhapus pada Microsoft Outlook Express, Mozilla Thunderbird, dan Windows Live Mail. Caranya:

Klik kolom ‘Pencarian’, setelah itu pilihlah opsi ‘E-mail’ untuk mengembalikan file Email yang hilang. Selanjutnya tunggulah hingga aplikasi Recuva memproses pengembalian Email yang hilang tersebut.

  • Memulihkan Dokumen Microsoft Office

Jika kamu pernah mengalami kejadian dimana saat mengetik di Words atau Excel tiba-tiba komputer mati karena mati lampu atau crash, maka aplikasi Recuva dapat mengembalikannya dengan recovery dari temporary files.

  • Menghapus File Secara Permanen

Apabila kamu ingin menghapus file secara permanen dari Recycle Bin saja maka kamu harus menggunakan aplikasi Recuva karena aplikasi ini ini dapat membuat file sudah terhapus tersebut tidak bisa di recovery lagi.

  • Melakukan Scanning File Pada PC

Selain mengembalikan file data yang hilang, aplikasi Recuva ini juga dapat melakukan pemindaian terhadap semua jenis file yang ada di PC kamu. Hal ini berfungsi untuk mencari lokasi file yang lupa.

  • Pilihan Bahasa

Pada saat pertama kali menginstall aplikasi Recuva, maka secara otomatis kamu akan menggunakan bahasa default yaitu bahasa Inggris. Namun, kamu juga bisa menggunakan bahasa Indonesia untuk aplikasi Recuva ini dengan cara:

Silahkan klik dan pilih ‘Options’, kemudian klik ‘language’, dan kemudian jika pada saat aplikasi Recuva ini menampilkan semua bahasa maka kamu perlu mencari bahasa ‘Indonesia’ untuk mengubahnya ke dalam bahasa Indonesia. Jika sudah tinggal klik ‘OK’.

Lihat Juga: 11 Cara Memperpendek Link dengan Praktis dan Cepat (Tanpa Login)

3. Cara Download Dan Install Aplikasi Recuva

  • Untuk mendownload aplikasi Recuva, silahkan buka situs resminya di ccleaner.com/recuva. Jika sudah silahkan download versi gratisnya yang sudah disediakan.

cara menggunakan recuva

  • Jika kamu sudah mendownload aplikasi Recuva, kamu bisa langsung menginstal aplikasi Recuva tersebut dengan cara klik ‘Install’.

  • Atau bisa juga dengan klik ‘Customize’.
  • Lalu klik ‘More’, kemudian silahkan memilih direktori install. Silahkan kamu pilih lokasi ‘Drive’ yang tidak ingin di restore. Jadi jika kamu kehilangan file data pada ‘Drive D’, maka jangan install aplikasi Recuva pada ‘Drive D’, melainkan pada ‘Drive C’ atau drive yang lainnya.
  • Selanjutnya silahkan lanjutkan install aplikasi Recuva seperti biasa.

4. Cara Menggunakan Recuva Untuk PC

  • Pertama buka aplikasi Recuva melalui menu ‘Start’, kemudian klik dua kali seperti biasa.

  • Jika sudah, silahkan klik ‘Next’.

  • Kemudian pilih jenis file data yang ingin akan di restore. Silahkan pilih ‘All Files’ jika ingin mencari semua jenis file data yang hilang, misalnya video, foto, atau dokumen.

  • Lanjutkan dengan klik ‘Next’.
  • Kemudian kamu lanjutkan dengan memilih opsi ‘I’m not sure’, jika ingin mencari file data pada semua direktori penyimpanan komputer kamu. Atau jika file data yang hilang tersebut pada drive tertentu, maka kamu pilih ‘In a specific location’, lalu klik ‘Next’.

  • Yang terakhir klik ‘Start’ untuk memulai proses scan file data yang hilang tersebut.

  • Kemudian tunggu hingga beberapa saat sampai proses scan selesai seluruhnya.
  • Jika sudah, maka akan muncul file restore yang hilang tersebut dan bisa langsung kamu klik ‘Recover’.

  • Langkah selanjutnya silahkan pilih lokasi penyimpanan file restore tersebut pada Drive yang berbeda, jika sudah kemudian klik ‘OK’.

  • Tunggulah hingga proses recover tersebut selesai (tergantung dari besar kecilnya data).

Baca Juga: 7 Cara Melihat Password Gmail Sendiri Tanpa Nomor HP (100% Work)

5. Cara Menggunakan Recuva Untuk Android

  • Yang pertama silahkan hubungkan terlebih dahulu Android kamu ke perangkat PC yang telah terinstal aplikasi Recuva dengan kabel USB atau Card reader.
  • Lalu kemudian silahkan ubah pengaturan Preferensi USB sebagai ‘Transfer file’.

  • Jika sudah kemudian buka aplikasi Recuva di PC kamu.
  • Selanjutnya pilih jenis file recovery yang ingin kamu kembalikan, atau bisa pilih ‘All files’ jika ingin mengembalikan semua jenis file yang ada di SD Card.

  • Pilih opsi ‘In a specific location’, dan kemudian pilih lokasi memori SD Card.

  • Selanjutnya, kamu memilih lokasi file recovery sebelum hilang atau terhapus, jika sudah kemudian klik ‘OK’. Setelah itu maka aplikasi Recuva akan secara otomatis mengembalikan semua file yang terhapus pada folder tersebut.

Lihat Juga: 6 Versi Serial Number IDM Terbaru

Demikian cara menggunakan Recuva untuk Android maupun pada PC. Tidak perlu ragu untuk menggunakan aplikasi Recuva ini untuk mengembalikan data yang hilang di komputer atau untuk mengembalikan data yang hilang di Android.

Semoga penjelasan dari tulisan ini dapat dipahami dan dipraktekkan. Selamat mencoba!

Sumber: The Source Denver

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here