Cara Menghidupkan Komputer

0
27

Komputer bukanlah sebuah perangkat yang asing lagi bagi sebagian besar orang. Akan tetapi bukan berarti setiap orang bisa menghidupkan komputer utamanya untuk anak-anak ataupun kalangan pemula. Dengan demikian dibutuhkan cara menghidupkan komputer dengan benar.

Benar dalam artian kalian bisa menghidupkan atau mengaktifkan perangkat komputer dengan prosedur yang benar. Jika prosedur ini bisa dipenuhi maka secara otomatis komputer akan memiliki daya tahan atau umur pemakaian yang lebih panjang.

Ada beberapa cara menghidupkan komputer yang sebaiknya kalian pahami agar tidak salah dalam menghidupkan komputer berbagai versi mulai menghidupkan secara biasa, dengan keyboard,dengan UPS, dan lain sebagainya.

Cara Menghidupkan Komputer dengan Benar

Agar kalian semakin paham dengan langkah-langkah menghidupkan komputer maka ada baiknya kalian banyak membaca teks prosedur menghidupkan komputer. Perlu kalian ingat semua ada tanda ditulis dalam bahasa Inggris, sehingga kalian perlu memiliki kemampuan berbahasa Inggris.

Akan tetapi jika kalian masih bingung dan merasa kurang bisa menggunakan bahasa Inggris maka tulisan di bawah ini bisa membantu kalian dalam belajar komputer dasar. Lantas bagaimana cara memahami tutorial jika tidak ada gambarnya?

Tenang pada tutorial di bawah ini akan disajikan langkah-langkah menghidupkan komputer lengkap beserta gambarnya. Langsung saja berikut pembahasan selengkapnya:

Pelajari Juga: 7 Kelebihan Windows 10 dan Kekurangannya

Cara Menghidupkan Komputer

Jika kita cermati bersama sebenarnya ada cara yang paling aman untuk menghidupkan komputer yaitu menyambungkan komputer dengan UPS. untuk menjaga kestabilan arus listrik serta apabila tiba-tiba listrik padam maka komputer dekstop tetap aman.

1. Menghidupkan Komputer Desktop Mode Normal

Cara yang pertama adalah menghidupkan komputer desktop dalam mode normal atau bisa dikatakan dengan cara biasa. Berikut langkah-langkah mudahnya:

  • Pertama kali yang perlu kalian lakukan adalah memeriksa kabel power apakah sudah tersambung dengan benar. Baik yang tanpa UPS ataupun dengan UPS. Selanjutnya untuk yang memakai UPS maka nyalakan dahulu tombol “ON”
  • Setelah seluruh kabel sudah sudah tersambung dengan benar, selanjutnya tinggal colokkan kabel ke sumber daya listrik

  • Kemudian kalian tinggal menekan tombol power di CPU komputer. Pastikan lampu indikator menyala, selanjutnya tinggal tunggu CPU menyala

cara menghidupkan komputer

  • Berikutnya jika layar monitor belum menyala, maka kalian tekan tombol power atau “On” di monitor komputer. Apabila monitor belum juga menyala maka kalian cek kabel yang menghubungkan monitor dengan CPU sudah tersambung dengan benar apa belum.

  • Terakhir, ketika semuanya sudah mulai berjalan dengan normal maka tunggu saja komputer melakukan booting dan selanjutnya kalian sudah bisa menggunakan komputer.

2. Menghidupkan Komputer Mode Aman Windows 7

Cara menghidupkan komputer yang selanjutnya adalah komputer dalam mode aman atau safe mode di windows. Langsung saja berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama kali kalian temukan dahulu tombol F8 di papan keyboard. Ketika komputer sedang booting maka kalian harus menekan dan menahan tombol F8 agar bisa masuk ke mode aman atau safe mode.

  • Sebagai catatan apabila komputer kalian mempunyai tombol “Fn” yang terletak di pojok bawah sebelah kiri, maka kalian perlu menekan tombol Fn + F8 agar bisa masuk ke safe mode.
  • Selanjutnya kalian tekan tombol power untuk menghidupkan komputer. Apabila komputer dalam kondisi sleep maka kalian tekan kemudian tahan tombol power sampai komputer mati lalu tekan kembali tombol power untuk menghidupkan komputer.

  • Kemudian ketika komputer mulai menyala maka tekan dan tahan tombol F8 tunggu hingga muncul menu awal.

  • Jika menu awal tidak muncul maka kalian bisa memuat ulang komputer lalu tekan dan tahan tombol keyboard Fn+F8 secara bersamaan.
  • Setelah itu kalian tekan tombol arah bawah yang ada di sisi kanan keyboard hingga sampai di “Safe mode” berhasil dipilih

  • Terakhir tinggal tekan “Enter” setelah kalian memilih mode aman atau safe mode maka selanjutnya komputer akan mulai dihidupkan dalam mode aman.

Baca Juga: Terbaru, 15 Download Cursor Keren untuk Laptop dan PC 2020

3. Menghidupkan Komputer Mode Aman Windows 8 dan 10

Jika sebelumnya sudah dibahas mengenai langkah-langkah menghidupkan komputer mode aman di windows 7, maka sekarang saatnya membahasa tutorial untuk yang windows 8 dan windows 10. Berikut tutorial selengkapnya:

  • Langkah pertama kalian harus menekan tombol power yang ada di CPU. Hal ini bertujuan untuk menghidupkan komputer dalam mode normal dahulu.

  • Setelah komputer menyala selanjutnya kalian klik layar awal atau logo windows yang ada di pojok kiri bawah layar monitor

  • Kemudian kalian pilih ikon “Power” yang bentuknya lingkaran di bagian pojok bawah

  • Berikutnya kalian temukan tombol keyboard “Shift” yang ada di sebelah pojok kanan papan ketik kalian

  • Langkah selanjutnya kalian tekan dan tahan keyboard “Shift” sambil klik “Restart” yang muncul setelah kalian mengklik ikon power tadi. Selanjutnya komputer akan memulai ulang kemudian memuat “Advanced Options” yang memberikan pilihan “mode aman atau safe mode”

  • Tunggu proses restart komputer hingga memuat pilihan “advanced options” yang ditandai dengan layar monitor menjadi biru seperti gambar di bawah ini:

  • Lalu kalian pilih opsi “Troubleshoot”

  • Setelah itu pilih “Advanced Options”

  • Kemudian arahkan dan pilih “Startup Settings” yang ada di pojok kanan layar

  • Berikutnya klik “Restart”

  • Tunggu sampai proses restart selesai hingga kalian melihat tampilan “Startup Settings”

  • Selanjutnya kalian tinggal tombol keyboard “4” untuk memilih mode aman atau safe mode

  • Terakhir komputer akan memuat ulang dalam mode aman alias Safe Mode, tunggu hingga prosesnya selesai.

Lihat Juga: 4 Cara Mengaktifkan Wifi di Laptop (Penyebab Wifi Tidak Terdeteksi)

4. Menghidupkan Komputer Mac Mode Aman

Cara menghidupkan komputer yang terakhir adalah menghidupkan komputer Mac mode aman. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama kali kalian tekan tombol power di komputer Mac. Apabila komputer sedang dalam model sleep makakalian tekan dan tahan tombol power sampai komputer mati, lalu tekan kembali tombol power untuk menghidupkan

  • Setelah komputer mulai menyala maka kalian tekan keyboard “Shift” ketika komputer baru menyala.

  • Kalian lepaskan keyboard “Shift” setelah muncul logo Apple.

  • Gambar warna abu-abu di logo lengkap dengan bilah proses pemuatannya, setelah pemuatan selesai maka kalian sudah berhasil menghidupkan mode aman pada komputer Mac.

Pelajari Juga: 3 Cara Mengetahui IP Address Orang Lain Dengan Mudah

Demikian tadi seluruh ulasan beserta langkah-langkah praktis menghidupkan komputer dengan benar. Cara menghidupkan komputer tadi bisa kalian gunakan sesuai dengan kebutuhan mulai dari cara menghidupkan normal hingga mode aman untuk windows 7, 8, dan 10 serta komputer Mac.

Akhrinya semoga tutorial atau teks prosedur cara menghidupkan komputer di atas bisa membantu kalian yang sedang belajar komputer.

Sumber: The Source Denver

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here