Chat Telegram di Pidgin Windows

0
29

Sebagai sarana perpesanan yang sumbernya terbuka (walau hanya sebatas di sisi client), Telegram memiliki banyak client yang memungkinkan para penggunanya untuk tetap saling terhubung.
Anda selalu mobile dan hanya bisa mengakses telepon genggam? Ada Telegram untuk Android dan iOS. Bahkan Windows Mobile. Entah untuk BlackBerry. Namun seingat saya dulu pernah ada sayembara untuk membuat client telegram untuk BlackBerry, entah kini masih ada atau tidak.
Anda banyak duduk menghadap komputer? Ada Telegram Desktop yang bisa digunakan di Windows, Linux atau MacOS. Atau jika tidak suka memasang software ini-itu, Anda bisa mengakses Telegram langsung dari browser (Webogram).

Tidak hanya sebatas yang disebut di atas saja, dalam artikel ini saya akan menjelaskan bagaimana kita menggunakan Telegram di Pidgin. Well, bukan hanya Pidgin, namun semua instant messaging client yang berdasar libpurple. Misal Adium di MacOS.
Pidgin adalah sarana perpesanan yang multiplatform dan berdasarkan pustaka libpurple. libpurple adalah pustaka yang mendukung banyak protokol perpesanan, misal: Bonjour, Gadu-Gadu, IRC, Lotus Sametime, Mxit, MSNP, Novell GroupWise, OSCAR, SIMPLE, SILC, XMPP/Jingle, Yahoo! Messenger dan Zephyr. Dukungan untuk protokol lain bisa ditambahkan dengan sistem plugin Pidgin.
Nah, yang memungkinkan Pidgin terhubung ke protokol Telegram adalah sebuah plugin bernama Telegram-purple.

Mengapa bertelegram menggunakan Pidgin?
Entahlah, saya sendiri lebih suka menggunakan telegram Desktop. Namun, selera dan kebutuhan orang berbeda-beda. Ide tulisan ini terlintas karena saya pernah mendapati ada yang menanyakan bagaimana memakai Telegram di Pidgin, pas ditanya mengapa, dia beralasan untuk melayani bisnis pulsanya. Sejauh yang saya ketahui, bisnis pulsa biasanya memakai SMS dan Yahoo! Messenger. Mungkin dia terbiasa memakai Yahoo Messenger di Pidgin, dan karena Telegram mulai ngetop, ingin pula memakai Telegram di Pidgin.
Pastinya masih banyak lagi alasan lain, atau kalaupun tidak ada, anggaplah sekedar mengetahui, jadi sekiranya membutuhkan alternatif client selain Telegram Desktop atau Webogram kita pun bisa memakai Pidgin.

Pidgin sebenarnya bersifat multiplatform, bisa dijalankan di Windows ataupun Linux. Namun karena kali ini saya mencobanya di Windows, makanya judulnya pun menggunakan kata Windows. Namun saya yakin apa yang akan dijelaskan di bawah ini bisa juga dilakukan di Linux, malah bisa jadi lebih mudah.

Mari kita mulai saja…

Pidgin window when uses to connect to telegram

Beberapa temuan setelah saya mencoba telegram-purple:

  1. Saat login pertama kali, butuh waktu lama untuk bisa masuk ke jendela chat Telegram. Bahkan setelah lama menunggu Pidgin-nya malah crash. Sepertinya telegram-purple mencoba untuk mengumpulkan daftar kontak dan riwayat pesan. Jadi waktu tunggu sepertinya akan berbeda tergantung akun Telegram Anda. Jika akunnya sudah tua dan banyak bergabung grup atau kanal, kemungkinan loading-nya akan lama, demikian juga sebaliknya.
    Tapi setelah dijalankan ulang, Pidgin-nya bisa anteng membuka telegram.
  2. Pidgin akan mencoba mengunduh semua media. Jika misalnya Anda bergabung di grup atau kanal yang banyak mengandung gambar, maka ia akan mengunduh gambar-gambar dalam kanal tersebut.
  3. Tidak bisa reply pesan.
  4. Pidgin akan membuka tiap percakapan atau grup atau kanal pada jendela baru. Jadi jika Anda punya banyak chat atau bergabung banyak grup dan kanal, siap-siap saja untuk melihat banyak tab atau jendela baru bermunculan.
  5. Gambar dan media tidak ditampilkan langsung, melainkan berupa pranala (link)
  6. Gif juga tidak ditampilkan, hanya akan tampil berupa tulisan [animation].

Demikian sekilas kesan mencoba telegram-purple agar kita bisa menggunakan Telegram di Pidgin. Sekilas fiturnya masih sederhana. Namun dibalik kesederhanaan terkadang ada manfaat lebih. Misal tidak ditampilkannya media atau gif. Andai Telegram Android atau Telegram Desktop yang saya pakai sehari-hari memiliki fitur ini. Terutama stiker, Bisa dikata 90% saya benci stiker. Stiker akan dimuat otomatis tanpa bisa diblok, bersifat spam dan flood, juga banyak yang mengandung gambar yang bersifat sensitif.

Sumber :kabayankababayan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here