Memperbaiki Gambar LCD ThinkPad yang Memerah

0
21
Layar ThinkPad yang dominan warna merah

Pagi hari ini mendadak mendapat kejutan. A shitty surprise. ThinkPad T520 andalan mendadak layarnya dominan berwarna merah. Wow…

Maklumlah, saya bukan orang yang apik dalam memakai laptop. Masih segar dalam ingatan laptop ini mesti ganti keyboard akibat terkena tumpahan kopi. Kini, karena semalam laptop ini diletakkan dibawah, mungkin ada yang menyenggol, menginjak, atau apa lah yang menyebabkan gambar di layarnya menjadi dominan berwarna merah.

Kalau dipikir-pikir, laptop ini agak unik. Dahulu sebelum kejadian kibor terkena tumpahan kopi, ada kawan di Telegram yang keyboard-nya rusak. Kini, sebelum layar ThinkPad ini menjadi menjadi berwarna merah, ada pula kawan di Telegram yang gambar layar ThinkPad-nya berwarna merah.

So, ummm, apa yang mesti dilakukan?

Sejujurnya, hati ini sudah pasrah. Bahkan kemudian saya mencari-cari harga kabel flexible ThinkPad di Tokopedia. Menilik ciri-ciri kerusakannya, dalam hati ini memang sudah yakin kerusakan terletak di kabel LCD (atau biasa disebut kabel fleksibel). Namun kemudian ternyata kabel flexible T520 tidak saya temui di Tokopedia, sementara mengintip harga-harga kabel flexible untuk ThinkPad tipe lain lumayan membuat hati mengkerut 😂
Kadung nasi telah menjadi bubur, mengapa tidak sekalian saja saya jajal perbaiki sendiri? Tadinya memang sudah rusak, jika kemudian rusak lagi karena saya oprek kiranya tidak mengapa. Hitung-hitung belajar. Terlebih kawan yang layar ThinkPad-nya memerah kini telah layarnya telah normal hanya dengan cara mencabut dan memasang kembali kabel LCD-nya.

Baiklah kita siapkan peralatan tempur untuk membongkar ThinkPad.
Salah satu yang saya sukai dari ThinkPad adalah nilai oprekable-nya. Ia modular dan gampang dibongkar pasang. Hanya dengan bermodal PDF Hardware Maintenance Manual (HMM), kita telah memiliki pedoman untuk melalui proses bongkar pasang dengan selamat dan sentosa. Boleh dikata, HMM ini adalah primbon bagi para ThinkPadder.
Anda bisa mendapatkan HMM di situs Lenovo atau dari sumber lain, misal dari https://thinkpads.com/support/hmm/thinkpad-hmm.html.

Okay, seperangkat obeng Jakemy telah siap dan HMM untuk T520 telah dibuka di hape.
Eits, tapi proses bongkar pasangnya tidak akan saya ceritakan. Yang pasti saya hanya membuka baterai, keyboard dan lid layar bagian depan. Tiup sana, kuas sini. Tekan sana tekan sini. Kalau kata urang Sunda mah, sagala dicabak. Sekalian usap-usap bodinya memakai minyak kayu putih.

Setelah dirasa tidak lagi berdebu dan soket-soketnya kencang, baterai dan keyboard pun dipasang sementara.
Bismillahirrahmanirrohim… tekan tombol power… eng-ing-eng… laptop pun boot dengan warna yang begitu indah dan mempesona, yess

ThinkPad dicoba dihidupkan setelah dibersihkan dan dikencangkan soket-soket kabelnya

Ternyata tidak serumit yang semula dikira.
Tidak sebombastis judulnya.
Mana proses memperbaikinya? 😩

Semoga awet dan bukan normal kagetan, alias nanti rusak lagi seperti kata seseorang di @pegelthinkpad. Amin.

Sumber :kabayankababayan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here