Mengaktifkan USB debugging (Security settings) Tanpa Mi Account

0
35

Belum lama ini teman di Telegram mengabarkan bahwa scrcpy kini sudah cukup lumayan kinerjanya. Sudah lama sebenarnya saya tahu perihal scrcpy, namun dulu kinerjanya masih belum memuaskan jadi akhirnya terlupakan.
It’s a good news. Dan ia berasal dari pengembang yang salah satu aplikasinya, yakni genymotion, sering saya pakai. Pengembang ini juga menghasilkan gnirehtet yang lumayan unik.

Sekilas mencoba saya lumayan terkesan dengan kinerja scrcpy versi anyar ini. Ia lumayan responsif dan bisa digunakan dengan ataupun tanpa kabel data. Namun ada tiga kelemahan ditemukan; (1) ia tidak bisa sekaligus menghantarkan suara, (2) jika hendak menggunakannya tanpa kabel kita harus terlebih dahulu menghubungkan hape dan komputer dengan kabel, dan (3) kita tidak bisa input pada mirrored screen di layar.
Untuk kelemahan pertama sepertinya tidak bisa berbuat banyak karena Android Open Accesory yang digunakan untuk forward audio nyatanya dihentikan dukungannya sejak Android 8.
Kelemahan kedua juga sepertinya juga tidak ada jalan keluarnya.
Dan untuk kelemahan yang ketiga ternyata lebih pada pengaturan pada sistem Android yang saya gunakan.

FYI, kini saya menggunakan hape Xiaomi Redmi Note 5 AI dengan sistem operasi MIUI 11 berdasar Android 9.
Agar scrcpy bisa mengendalikan hape secara remote, kita harus mengaktifkan USB debugging (Security settings) dalam Developer options. Sialnya, dalam MIUI untuk mengaktifkan fitur ini kita diharuskan untuk terlebih dahulu masuk ke Mi Account.
Masalahnya adalah walau saya lumayan setia menggunakan MIUI, namun tidak pernah menggunakannya untuk login ke Mi Account ataupun Google Account. Dan pastinya kali ini pun tidak akan login hanya sekedar untuk mencoba scrcpy.

Solusinya saya temukan dari laman Enable “Install via USB” without creating MI Account yang tersalin di bawah ini.

  • Pertama, pastikan hape telah rooted.
  • Masuk ke shell android. Bisa dengan melalui terminal macam termux atau melalui adb shell.
  • Login sebagai root dengan menjalankan perintah su.
  • Jalankan perintah berikut:
    setprop persist.security.adbinput 1
    
  • Sunting berkas /data/data/com.miui.securitycenter/shared_prefs/remote_provider_preferences.xml dan tambahkan atau sunting baris berikut sebelum tag </map>.
    <boolean name="security_adb_install_enable" value="true" />
    
  • Reboot hape.

Mestinya kini kita bisa mengaktifkan fitur USB debugging (Security settings) tanpa harus terlebih dahulu login ke Mi Account, dan kini scrcpy pun bisa mengendalikan hape langsung dari tampilan layarnya di komputer.

Sumber :kabayankababayan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here