Menjumlah Sel dari Banyak Sheet di Libreoffice Calc

0
20

Misal kita memiliki sebuah berkas (workbook) pembukuan tahunan yang terdiri dari 12 lembar (worksheet).
Keduabelas lembar ini memiliki bentuk yang sama dan diberi nama berdasar bulan buku, misal Januari, Februari dan selanjutnya hingga Desember. Pada setiap lembar terdapat sebuah sel, misal sel D16, yang berisi jumlah keuntungan pada bulan tersebut.
Pertanyaannya, bagaimana kita menghitung jumlah keuntungan selama setahun?

Yang langsung terlintas di pikiran tentunya menjumlahkan sel D16 pada tiap lembar:

=SUM($Januari.D16+$Februari.D16+$Maret.D16+$April.D16+$Mei.D16+$Juni.D16+$Juli.D16+$Agustus.D16+$September.D16+$Oktober.D16+$November.D16+$Desember.D16) 

Mudah kan? Well, not really
Contoh di atas hanya memiliki 12 lembar dan nama yang singkat. Bagaimana jika kita memiliki lebih banyak worksheet dengan nama yang panjang? Bisa dibayangkan betapa panjangnya formula yang digunakan, dan jika terdapat kesalahan dalam formula kemungkinan besar tidak akan langsung tertangkap mata dan untuk mengetahui di mana letak kesalahannya pun pasti membutuhkan ketelitian lebih.

Microsoft Office Excel memiliki formula untuk menghindari kerumitan tersebut. Kita bisa menggunakan formula berikut untuk menggantikan formula di atas:

=SUM('Januari':'Desember'!D16) 

Damn simple isn’t it?

Sayangnya, LibreOffice Calc tidak memiliki formula seperti itu. Namun di laman ini ditunjukkan sebuah cara untuk meraih hasil yang sama.
Jadi, jika akan menjumlahkan sel pada lembar yang sama persis (misal memiliki jumlah kolom dan baris yang sama) kita bisa menggunakan cuboids, misalnya seperti berikut:

=SUM($Januari.D16:$Desember.D16;$Januari.D17:$Desember.D17) 

Sejujurnya, saya sendiri tidak paham dengan cuboids sebagaimana disebutkan pada tautan di atas. Hasil searching lebih merujuk ke sebuah bentuk tiga dimensi dalam Matematika.

Selain bentuk formula yang lebih panjang dibanding formula MSO Excel, formula LO Calc ini juga terkesan hackish.
Misal, jika kita hanya hendak menjumlah sel D16 dari bulan Januari hingga Desember, maka sel D17 pada lembar Januari sampai Desember haruslah kosong, jika tidak maka akan ditambahkan pada penjumlahan.
Jalan keluarnya bisa dengan merujuk ke sel lain yang kosong dan tidak harus berdekatan dengan sel yang hendak dijumlahkan. Misal:

=SUM($Januari.D16:$Desember.D16;$Januari.Z16:$Desember.Z16) 

You’re welcome ….

Sumber :kabayankababayan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here