Multi Tab di File Explorer Microsoft Windows

0
15

Sebagai pengguna GNU/Linux yang lumayan lama, saya kadang menggeleng kepala dengan bagaimana Microsoft Windows sampai 2017 tidak memiliki multi tab pada file explorer sistem operasinya.
Orang bilang nautilus sucks karena banyak mengurangi fiturnya, namun file explorer Windows sucks more.

Namun mungkin ini hanya masalah kebiasaan saja. Pengguna Windows yang memang tidak pernah merasakan banyak tab di file explorer-nya pastinya tidak merasa keberatan dengan membuka banyak jendela file explorer dalam kesehariannya, but not with me.

Sudah ada kabar burung bahwa Microsoft tengah menguji coba tabbed file manager di Windows 10. Namun sambil menunggu kabar ini sahih atau cuma isapan jempol, kita bisa menambahkan kemampuan multi tab pada file explorer Windows dengan menggunakan piranti lunak tambahan. Berikut daftar software tersebut.

Jendela Clover

Tampilan paling cantik, kinerja memuaskan. Meski pemasangannya mudah dan tidak memiliki dependency, namun wisaya pemasangan untuk v3 agak membingungkan karena menggunakan bahasa China.

Jendela QTTabBar

Open source. Namun kondisinya aga membingungkan karena ada dua versi. Yang pertama bisa didapat di Sourceforge, dan yang kedua (fork?) bisa didapat di http://qttabbar.wikidot.com/.

QTTabBar membutuhkan .NET 4, harus logoff setelah memasangnya agar ia bekerja, buggy, dan cara pemakaiannya tidak intuitif. Bahkan, untuk uninstalling pun tidak kalah membingungkan karena ia tidak muncul di Control Panel. Bahkan Revo uninstaller pun tidak mampu mendeteksi instalasi QTTabBar. Ternyata harus uninstalled melalui installer-nya.

Jendela BrightExplorer

It’s a trash. Not as bright as its name.
Closed source, tampilan jelek, kinerja tersendat-sendat, dan sulit untuk uninstalled.

Dari tiga software untuk menambah multi tab di file explorer tersebut di atas, sudah jelas pemenangnya adalah Clover. Ia tidak membutuhkan dependency, mudah dipasang, langsung bekerja tanpa harus logoff atau restart, kinerjanya gegas, dan tampilannya cantik.
Untuk v3 memang terkendala di wisaya install/uninstall yang berbahasa China, tapi dibanding kinerjanya yang bagus, itu tidaklah mengurangi nilai tambah yang ditawarkan.

Sumber :kabayankababayan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here