Rambox: Puluhan Email dan Chat Dalam Satu Aplikasi

0
19

Jika saya ditanya apa yang menjadi kelebihan bangsa Indonesia, tidak ragu lagi jawabannya adalah “lebih suka ngobrol”. Tidaklah mengherankan jika Indonesia merupakan salah satu negara pengguna social media terbesar dan berita hangat yang terjadi di Indonesia sering menjadi trending topic.

Facebook, BBM, WhatsApp dan LINE merupakan beberapa media yang penetrasinya lumayan tinggi di Indonesia. Mungkin karena maraknya telepon pintar Android yang harganya kian terjangkau, membuat lebih anyak kalangan kian dimudahkan untuk ngobrol di mana saja dan kapan saja.

Saya pribadi kini hanya menggunakan Telegram untuk aplikasi perpesanan. Telegram memiliki banyak fitur lebih unggul dibanding aplikasi perpesanan serupa, juga dapat secara mandiri dipakai di perangkat apa saja.
Namun demikian, sehebat apapun sebuah sarana perpesanan, jika rekan atau lingkungan sekitar tidak ada yang memakainya tentu saja bisa dikata hampir percuma. Karenanya tidak aneh jika kemudian orang-orang memasang banyak aplikasi perpesanan di telepon genggam atau komputernya.

Nah, akhirnya kita semakin banyak mendaftar email, semakin banyak mendaftar akun perpesanan, kemudian memasang masing-masing aplikasi perpesanan yang tidak kompatibel satu dengan yang lainnnya. Lama-lama situasinya semakin ruwet dan sulit ditata, terlebih bagi mereka yang hanya memiliki telepon genggam. Bagi pengguna komputer hal ini tidak terlalu memusingkan, selain karena umumnya komputer sekarang lumayan bertenaga, juga banyak perpesanan yang bisa dijalankan melalui peramban web. Jadi kita tidak perlu memasang sepuluh piranti lunak untuk membuka sepuluh akun perpesanan.

Namun hakikatnya manusia selalu mencari kemudahan. Kini telah ada teknologi yang lebih mempermudah keruwetan dalam menata akun perpesanan kita. Teknologi itu bernama electron. Electron memungkinkan kita menjalankan laman internet (yang normalnya mesti dibuka menggunakan peramban web) sebagaimana kita menjalankan aplikasi desktop pada umumnya.

Memperkenalkan Rambox. Rambox adalah aplikasi berdasar electron yang memungkinkan kita untuk mengakses sekitar 88 layanan perpesanan di internet. Jika ternyata layanan perpesanan yang kita pakai belum didukung Rambox, kita pun dapat menambahkannya sendiri.

Jendela Rambox

Pertama kali melihat Rambox, yang terbersit dalam pikiran saya adalah Rambox ini sebuah jiplakan dari aplikasi yang berguna sama bernama Franz, entah bagaimana kenyataan sebenarnya. Namun karena Rambox sepenuhnya open source, saya lebih memilih untuk mengulas Rambox sebagai artikel di blog ini.
Sekilas saya bandingkan, secara fungsi hampir tidak ada perbedaan mendasar, perbedaan terlihat pada tampilan di mana Franz tampil lebih sleek, rapi dan professional, sementara Rambox lebih spartan, alakadarnya dan font rendering-nya terasa kurang bagus (huruf terlihat kurus kering dan agak kasar).

Adapun fitur yang ditawarkan Rambox adalah sebagai berikut:

  • Notification
    Rambox akan menampilkan pemberitahuan menggunakan sistem notifikasi sistem operasi yang dipakai jika ada pesan baru.
  • Sync services
    Jika kita menggunakan Rambox pada komputer berbeda, kita dapat menyelaraskan pengaturan Rambox antar komputer tersebut.
  • Master password
    Demi keamanan, kita bisa mengatur agar Rambox selalu menanyakan kata kunci tiap kali ia akan dibuka.
  • Lock
    Kita juga bisa mengunci Rambox ketika karena sesuatu hal perlu sementara waktu meninggalkan komputer.
  • Don’t disturb
    Mematikan semua bunyi dan pemberitahuan. Jika Anda ikut di banyak grup perpesanan yang aktif, fitur ini akan sangat bermanfaat.
  • Add custom service
    Layanan perpesanan yang kita pakai belum termasuk secara default dalam Rambox? Jangan khawatir, kita bisa menambahkan layanan tersebut ke dalam Rambox secara mandiri.
  • Reorder and grouping
    Mengatur susunan bilah perpesanan agar gampang diakses.
  • Badges
    Tidak akan tertinggal pesan baru karena pada bilah perpesanan akan ditampilkan jumlah pesan yang masuk.
  • System tray
    Jika dirasa mengganggu, kita bisa menyimpan Rambox ke system tray dan mengaksesnya dari sana.
  • Start automatically on system startup
    Tidak perlu repot lagi menjalankan Rambox secara manual. Dengan fitur ini Rambox akan otomatis dijalankan seiring kita login ke desktop.
  • Custom code injection
    Jika Anda paham dengan seluk beluk web programming, Anda bisa menambahkan kode sendiri untuk menambahkan fungsi tertentu.
  • Proxy
    Gunakan fitur proxy ini jika ada layanan perpesanan yang diblok dalam jaringan.

Wow, can’t belive I’ve type that much…
Download Rambox from http://rambox.pro.

Sumber :kabayankababayan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here