Reset Bandwidth Counter Android

0
22

Kini paket Yellow memiliki fitur Pulsa Safe yang berguna untuk membatasi kelebihan pemakaian kuota internet sesuai dengan jenis paket Yellow yang dilanggan.

Telah beberapa waktu ini saya berlangganan paket internet Indosat Yellow. Yeah, walau banyak membaca keluh-kesah dari banyak pengguna Indosat lain, dan bahkan pernah mengalami sendiri pulsa reguler raib karena paket ini, namun godaan harga murahnya telah membutakan hati. Dan dengan sedikit perlakuan khusus, kini saya hampir tidak pernah lagi kehilangan pulsa karena paket Yellow.

Jadi, apakah perlakuan khusus tersebut? Berikut daftarnya.

  • Tidak menggunakan kuota hingga 1 GB. Saya selalu tetapkan penghitung bandwidth di Android maksimal pada 900 MB. Jika penggunaan data telah sampai 900 MB, maka saya matikan koneksi internet atau langsung melanggan ulang paket Yellow.
  • Tidak menggunakan paket Yellow 2 jam menjelang akhir masa paket. Walau katanya durasi paket adalah 24 jam, nyatanya baru 22 atau 23 jam ternyata paket telah terhenti. Jika tidak awas, kita akan berinternet menggunakan pulsa reguler.
  • Matikan koneksi internet hape pada 2-1 jam menjelang paket berakhir. Alasannya sama dengan poin di atas.
  • Selalu restart hape setelah mendaftar paket Yellow anyar. Just to make sure.

Merepotkan? Tentu saja. But beggar cannot choose. Ada harga ada rupa. Kalau tidak mau repot lebih baik berlangganan paket sultan saja; Unlimited 160 ribu per bulan.

Pada poin pertama di atas, saya menyinggung perihal penggunaan penghitung bandwidth di Android. Entah sejak Android versi berapa fitur ini mulai ada, namun jamak ditemui pada Nougat dan Oreo. Fitur ini lumayan berguna, walau tidak bisa sepenuhnya diandalkan. Misal, jika kita mendapat bonus kuota gratis, maka penggunaan kuota gratis ini akan masuk hitungan dan menjadikan penghitungan kuota utama tidak lagi akurat.
Namun yang lebih mengganjal adalah penghitung data ini memiliki satu “keanehan”; saya tidak menemukan cara untuk mengembalikan (reset) penghitungan data kembali ke nol. But, perhaps that’s just because of my ignorance….

Satu-satunya cara yang saya ketahui dan kini selalu gunakan adalah dengan menghapus berkas tertentu pada root filesystem. Sudah bisa ditebak, untuk bisa melakukan penghapusan dalam root filesystem maka hape harus telah di-root.

Singkatnya, hape harus rooted dan berkas yang harus dihapus adalah semua berkas yang berada dalam folder /data/system/netstats/.
Cara menghapus berkas-berkas tersebut bisa dengan menggunakan perintah rm dalam terminal emulator:

rm /data/system/netstats/*

Atau (yang selalu saya gunakan) dengan menggunakan file manager yang memiliki kemampuan meramban root filesystem. Here’s how.

  • Pasang file manager yang bisa meramban root filesystem. Saya sendiri menggunakan MixPlorer.
  • Tandai (bookmark) folder /data/system/netstats.
  • Setiap hendak resetting bandwidth counter, kita tinggal buka bookmark tersebut dan pilih semua berkas isinya kemudian hapus.

Setelah berkas-berkas tersebut terhapus, reboot hape. Niscaya setelahnya penghitungan akan kembali mulai dari 0.

Cag, sakitu heula, permios…

Sumber :kabayankababayan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here