Telegram Android Beta

0
26

Telegram merupakan satu-satunya aplikasi perpesanan yang pembaharuannya selalu saya tunggu. Maklum tiap kali update selain perbaikan juga selalu ada saja penambahan kegunaan baru.
Dan jika Anda pengguna Telegram yang senang mencoba lebih awal hal-hal baru yang akan diterapkan Telegram, Anda bisa menggunakan Telegram Beta untuk Android (untuk selanjutnya hanya akan ditulis Telegram Beta).

Seperti pengembangan perangkat lunak pada umumnya, Telegram yang kita pakai di perangkat Android ini tidak jadi dengan seketika melainkan melalui proses panjang sejak dari penulisan kode, uji coba di tahap alfa, kemudian uji coba terakhir di tahap beta, sampai akhirnya versi stabil dilepas ke khalayak umum.

Umumnya khalayak memasang Telegram dari APK Telegram stabil yang didapatkan dari Google Play. Namun jika kita sering meramban grup-grup Telegram baik yang lokal ataupun internasional, pastinya pernah sekali-dua menjumpai percakapan yang menyinggung perihal Telegram Beta.

Jendela Telegram Android Beta

Seperti namanya, Telegram Beta sepertinya diperuntukkan sebagai Telegram dalam pengujian tahap akhir. Saya menggunakan kata “sepertinya” karena perihal Telegram Beta ini agak misterius, sukar dicari kepastian sumbernya. Lain halnya seperti Telegram Desktop alpha yang jelas tercantum di situs Telegram, kita akan sulit mendapati jalur komunikasi resmi Telegram yang menyinggung soial Telegram Android beta. Entah itu situs telegram.org, kanal-kanal Telegram resmi, twitter atau repo Telegram Android di GitHub.

Satu-satunya sumber yang agak “meyakinkan” merupakan sumber asal-muasal dari biner Telegram Beta adalah laman https://rink.hockeyapp.net/apps/dc3b3c6317af4a3caa5269a58697e088.

Dikutip dari https://support.hockeyapp.net/kb/general-account-management-2/general-questions:

HockeyApp is a service for app developers to support them in various aspects of their development process, including the management and recruitment of testers, the distribution of apps and the collection of crash reports.

Bisa jadi pihak Telegram menggunakan layanan HockeyApp untuk mencari beta tester. Terlebih yang memasukkan biner Telegram Beta tersebut ke HockeyApp menggunakan nama Nikolay yang mirip dengan nama Nikolai Valeryevich Durov, kakak dari Pavel Durov, si pendiri Telegram.

Mengabaikan kemisteriusan muasal Telegram Beta ini, dan Anda tetap ingin menjajalnya. Ada beberapa hal yang patut menjadi perhatian:

  • Ada banyak sumber yang bisa kita jadikan tempat mengunduh biner Telegram beta. Saya sarankan untuk mengunduhnya dari https://rink.hockeyapp.net/apps/dc3b3c6317af4a3caa5269a58697e088. Jika pun lebih suka mengunduh dari sumber lain, selalu pastikan kesahihan MD5 fingerprint-nya.
  • Seperti namanya, ini adalah aplikasi Telegram dalam tahap beta. Di samping mungkin akan banyak fitur baru, pastinya juga banyak bugs baru yang membuat pengalaman ber-Telegram menjadi tidak nyaman karena cenderung crash.
  • Jangan gunakan untuk komunikasi sehari-hari. Kalau pun hendak dijadikan alat komunikasi sehari-hari, disarankan untuk menggunakan alternatif account.
  • Frekuensi update akan lebih sering. Karena ini memang ditujukan untuk tahap pengujian dan perbaikan.

Happy beta testing…

Sumber :kabayankababayan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here