Transfer Pulsa Indosat Melalui USSD/UMB

0
33

“Wah, ini judul artikel basi amat. Transfer pulsa Indosat kan tinggal SMS ke 151.”

Mungkin itu yang terpikir dalam benak Anda ketika membaca judul artikel kali ini. Memang SMS ke 151 itulah yang biasanya saya lakukan untuk transfer pulsa ke sesama nomor Indosat. Namun entah mengapa, beberapa hari ini layanan transfer pulsa 151 selalu galat “Token yang anda masukkan salah”, padahal saya yakin seyakin-yakinnya jika tokennya telah ditulis secara benar.

USSD Menu Browser yang menampilkan error token yang anda masukkan salah meski tokennya adalah benar

Mencari di mesin pencari juga tidak menghasilkan jawaban memuaskan. Beragam blog yang menulis cara transfer pulsa seakan saling menyalin artikel satu dengan yang lainnya tanpa memeriksa keberhasilan cara yang mereka tulis. Atau memang cara tersebut memang berhasil ketika artikel tersebut mereka tulis, karena nyatanya situs indosatooredoo.com sendiri menyajikan cara yang gagal setelah saya coba.

Karena melalui SMS ke 151 telah jelas tidak berhasil, dan saya pikir mungkin karena sedang gangguan atau perawatan sistem, akhirnya saya mencoba cara lain: melalui USSD alias UMB (UUSD Menu Browser). Sejujurnya saya baru tahu sekarang jika bisa transfer pulsa melalui USSD 🙈
Berikut cara yang terpampang di laman https://indosatooredoo.com/en/personal/producttariff/im3/support/transfer-pulsa:

Prepaid (IM3 Ooredoo & Mentari Ooredoo) :
Dial *123*7*2*3*1# and follow the instructions.

Postpaid (Matrix Ooredoo Auto) :
Dial *123*7*1*6*1 # and follow the instructions.

And it doesn’t works!
Tidak ada menu transfer pulsa di *123*7#. Hedeh…

Hmmm, mungkin menunya kini telah berganti. Maklumlah, sepengetahuan saya menu UMB ini sering berubah. Pastinya cara di laman Indosat tersebut adalah benar ketika ditulis, namun kini gagal karena UMB telah mengalami perombakan menu.
Baiklah, saya akan coba saja menelusuri UMB ini satu-per-satu. Siapa tahu pilihan transfer pulsanya kini berpindah dan terselip di menu lain.

And indeed there is a menu for it!
Hanya memang letaknya kini telah berpindah, bukan lagi di *123*7*2*3*1#, melainkan di *123*5*8*3*3*1#.

Jadi jika Anda juga mendapati error ketika mencoba transfer pulsa melalui SMS ke 151, kini bisa mencoba melalui UMB ke *123*5*8*3*3*1#. Jika ternyata tidak berhasil, mungkin menu UMB-nya telah berpindah lagi. Telusuri saja UMB untuk mencoba menemukan menu transfer pulsanya.

Pro tip: Alih-alih mengetik langsung deretan angka UMB, lebih baik jika selalu menelusurinya menu-per-menu. Misal, jangan mengetik *123*5*8*3*3*1#, melainkan ketik *123# ➜ kirim ➜ ketik 5 ➜ kirim ➜ ketik 8 ➜ kirim ➜ ketik 3 ➜ kirim ➜ ketik 3 ➜ kirim ➜ ketik 1 ➜ kirim. Tentunya perhatikan setiap menu sebelum mengetik dan mengirim. Jangan sampai kita berlangganan layanan yang tidak diinginkan karena UMB yang kita ketik ternyata kini telah berubah menjadi layanan lain yang berbayar. Kecuali telah kita pastikan UMB tersebut memang menuju menu yang kita inginkan.

Untuk syarat dan ketentuan layanan transfer pulsa Indosat, silakan rujuk laman https://indosatooredoo.com/en/personal/producttariff/im3/support/transfer-pulsa.
Demikian, semoga artikel ini berguna bagi yang sering kepepet pulsa, atau bagi Anda yang memiliki banyak nomor namun malas mengisinya satu-per-satu.

Sumber :kabayankababayan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here