Cara Cek Keaslian iPhone

0
57

Salah satu smartphone yang menjadi pilihan terbaik adalah smartphone pabrikan dari Apple atau yang sering dikenal dengan iphone. Satu hal yang perlu diperhatikan ketika membeli iphone adalah mengecek keasliannya sehingga kalian perlu tahu cara cek keaslian iphone.

Cara ini perlu kalian pahami lantaran banyak sekali yang menawarkan iphone dengan harga yang lebih murah namun keaslian iphone masih diragukan. Jika kalian tidak teliti saat membeli iphone baik baru atau bekas, bisa-bisa kalian kena tipu dengan iphone bajakan atau hasil reka ulang.

Jika kalian memakai iphone bajakan sudah pasti akan mengalami beberapa masalah ketika menggunakannya. Kalian harus lebih teliti lagi dan lebih mencermati setiap detail dari iphone yang kalian beli mulai dari kondisi fisik hingga mengecek nomor IMEI iphone.

Bagaimana Cara Cek Keaslian iphone?

Kalian bisa menggunakan beberapa cara agar bisa mengecek keaslian iphone yang kalian miliki. Cara yang paling sering dipakai adalah mengecek keaslian iphone via IMEI yang bisa dilakukan dari pengaturan iphone, atau bisa pula dengan cek IMEI secara online.

Selain dengan mengecek nomor IMEI iphone kalian juga dapat memastikan keaslian smartphone iphone menggunakan aplikasi khusus. Aplikasi yang bernama 3utools ini terbukti efektif dan mampu mendeteksi setiap orisinalitas bagian-bagian dari iphone semua seri.

Selain dua cara di atas masih ada pula cara lainnya yaitu dengan mengecek material atau komponen fisik dari iphone. Agar semakin jelas berikut akan disajikan beberapa cara cek keaslian iphone yang terbukti efektif.

Cara Cek Keaslian iphone

Tentunya kalian pasti menginginkan bisa mendapatkan atau membeli iphone yang asli bukan bajakan. Upaya untuk mendapatkan iphone asli kalian bisa mengecek keasliannya dengan beberapa cara berikut ini:

1. Melalui IMEI di Pengaturan Iphone

Cara paling mudah dan sederhana untuk mengecek keaslian iphone bisa melalui IMEI di pengaturan iphone, berikut langkah-langkahnya:

  • Langkah pertamanya kalian buka iphone kemudian pilih menu “Settings atau Pengaturan”

cara mengunci aplikasi

  • Setelah masuk ke menu Pengaturan kalian lalu pilih “General”

Baca Juga: 9 Cara Mengunci Aplikasi di Android Tanpa Aplikasi (Buat Semua Merk HP)

  • Berikutnya kalian tinggal pilih opsi “About”

  • Selanjutnya kalian bisa lihat dan cek nomor IMEI iphone, apakah sesuai atau tidak.

2. Dengan iTunes

Cara cek keaslian iphone yang kedua bisa dengan iTunes, berikut langkah-langkah mudahnya:

  • Langkah pertama adalah menyambungkan perangkat iphone dengan laptop yang sebelumnya sudah terinstall aplikasi iTunes. Jika belum punya aplikasinya maka kalian bisa mengunduhnya terlebih dahulu.
  • Setelah berhasil menyambungkan iphone dengan laptop, maka selanjutnya secara otomatis iTunes bakal terbuka.
  • Lalu kalian tinggal mencari perangkat iphone yang sedang digunakan. Caranya dengan klik ikon perangkat yang ada di sisi atas jendela iTunes.

  • Apabila iTunes kalian sudah tersambung dengan iphone yang lain , maka kalian pilih saja perangkat iphone yang mau di cek keasliannya lewat IMEI, misalkan kalian pilih iphone 6 atau iphone X.

  • Setelah kalian pilih perangkat iphone, berikutnya pilih tab “Ringkasan” atau dalam bahasa Inggris “Summary” untuk bisa melihat informasi lengkap terkait smartphone iphone tersebut, kurang lebih tampilannya seperti gambar di bawah ini:

  • Terakhir untuk melihat IMEI dengan iTunes maka kalian double klik di nomor telepon, selanjutnya nomor IMEI bakalan ditampilkan.

Pelajari Juga: 4 Cara Partisi SD Card (Di Android Tanpa PC Dan Dengan PC)

3. Dengan Kode Rahasia

Cara mudah lainnya untuk mengecek keaslian iphone via IMEI yaitu dengan menggunakan nomor atau kode rahasia *#06#. Berikut langkah-langkah mudahnya:

  • Pertama kali kalian buka iphone lalu pergi ke menu panggilan. Masukkan nomor *#06# lalu tekan ikon panggil.
  • Selanjutnya akan muncul 15 digit nomor IMEI iphone kalian.

4. Secara Online

Cara cek keaslian iphone juga bisa dilakukan dengan mengecek garansi resminya secara online, berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama kali kalian buka browser “Safari” lalu ketik alamat situs online di https://checkcoverage.apple.com/id/in, setelah tampilan layar Safari kalian akan menjadi seperti ini

  • Selanjutnya kalian pilih “Settings” kemudian “General” lalu “About” dan pilih “Serial Number”. Setelah muncul serial number, kalian tekan serta tahan tepat di bagian nomor serial number untuk menyalinnya dari perangkat iphone yang dipakai.

  • Lalu kalian input serial number tadi pada kotak dialog yang tersedia untuk menginput serial number pada halaman Safari seperti gambar berikut ini,
  • Jangan sampai ketinggalan, masukkan juga kode verifikasi untuk menyatakan bahwa kalian bukan mesin atau robot
  • Lalu akan muncul hasil dari pengecekan yang dilakukan oleh Apple untuk menyatakan garansi iphone tersebut asli, dan sudah pasti iphone yang kalian pakai tadi adalah iphone original alias asli.

5. Dengan 3utools

Kalian juga bisa mengecek keaslian iphone dengan menggunakan aplikasi 3utools. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama kali tentunya unduh terlebih dahulu aplikasi 3utools kemudian instal di laptop yang mau dipakai.
  • Setelah berhasil memasang aplikasinya maka langsung kalian buka aplikasi 3utools kemudian sambungkan iphone dengan laptop memakai kabel USB, jika sudah terdeteksi perangkat iphone kalian maka tampilannya akan menjadi seperti ini,

  • Apabila kalian ingin mengecek kondisi baterainya maka bisa dilihat di “Battery life”

  • Untuk mengecek kode pemasaran dari iphone yang kalian gunakan bisa dengan memilih “Sales region” pada gambar di bawah ini dicontohkan muncul kode”PA/A” yang artinya iphone tersebut memang benar-benar dipasarkan di Indonesia.

Lihat Juga: 3 Cara Mengembalikan SMS yang Terhapus (di Android dan di HP jadul)

  • Selanjutnya untuk cek garansi resmi iphone, maka kalian lihat “Warranty Date” lalu isikan kode captcha.

  • Sedangkan untuk mengecek keaslian komponen atau bagian iphone maka pilih “View Verification Report”. Selanjutnya akan tampil data nama setiap komponen yang ada di dalam iphone. Apabila semuanya asli maka muncul keterangan “Normal” semua.

  • Apabila komponen iphone sudah diganti atau istilahnya refurbish makan akan tampil seperti gambar berikut ini:

  • Terakhir untuk memastikan keaslian iphone kalian bisa memilih “Sales Model”. Jika muncul kode dengan awalan “M” maka iphone milik kalian merupakan unit penjualan ritel. Agar lebih jelasnya bisa kalian lihat pada gambar di bawah ini:

6. Slot Sim Card

Cara cek keaslian iphone melalui IMEI bisa kalian lakukan juga dengan cara mudah yaitu dengan mengecek IMEI di slot sim card. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama matikan iphone kalian kemudian keluarkan slot sim card dari dalam iphone.
  • Kemudian lihat IMEI yang tercetak di slot sim card pada bagian belakang, semua jenis iphone yang asli mulai iphone 3G hingga iphone 11 pasti ada nomor IMEI di slot sim card.

7. Dus box

Mengecek keaslian iphone melalui IMEI juga bisa dilakukan dengan mengecek dus box atau kardus iphone. Caranya dengan melihat bagian bawah kardus iphone, maka dibagian tersebut akan terlihat jelas nomor IMEI, importer, serial iphone, dan lain sebagainya.

Agar kalian yakin dengan iphone yang dimiliki, maka pastikan IMEI yang ada di dus box sama dengan yang tertulis di bagian belakang iphone dan sistem operasi.

8. Cek IMEI Resmi iphone

Cara cek keaslian iphone yang terakhir bisa dengan mengecek resmi atau ilegalnya IMEI yang ada di iphone secara online. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka situs resminya di https://imei.kemenperin.go.id/
  • Kemudian masukkan IMEI yang ada di iphone kalian lalu pilih ikon “cari”

  • Apabila IMEI resmi dan sudah terdaftar maka iphone dapat digunakan namun jika tidak terdaftar maka iphone bakalan diblokir dan tidak dapat digunakan untuk telepon, SMS, berselancar internet kecuali kalian memakai akses Wifi.

Pelajari Juga: 8 Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca (Di Semua Perangkat

Selesai sudah seluruh pembahasan mengenai cara cek keaslian iphone melalui IMEI dengan menggunakan beberapa cara dan metode. Semua cara yang dibahas tadi merupakan usaha untuk terhindar dari praktik penipuan jual beli iphone bajakan.

Akhirnya semoga cara cek keaslian iphone yang dijabarkan tadi bisa membantu kalian dalam memilih iphone asli, resmi, dan terdaftar.

Sumber: The Source Denver

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here