Cara Install Cisco Packet Tracer Di Linux Menggunakan Terminal

0
150

Install cisco packet tracer di linux dengan mudahKita bisa install cisco packet tracer di linux baik itu di linux ubuntu, debian, mint, elementary OS, ataupun linux lainnya dengan menggunakan terminal. Caranya cukup mudah dan tidak terlalu sulit untuk install cisco packet tracer ini di laptop atau komputer yang menggunakan sistem operasi linux.

Cisco packet tracer adalah sebuah software untuk kita bisa belajar simulasi jaringan komputer dengan menggunakan perangkat cisco. Software cisco packet tracer ini bisa kita install di linux, windows, android, iOS ataupun MacOS.

Karena disini saya menggunakan linux ubuntu dengan desktop environment xfce, maka saya akan install cisco packet tracer nya di linux. 

Cara install cisco packet tracer di linux

Persiapan

Ada beberapa yang perlu kalian siapkan, seperti salah satunya kalian harus menyiapkan file installernya, karena disini saya menggunakan linux ubuntu maka saya menggunakan (.deb). 

Ada juga (.rpm) itu untuk redhat dan turunannya seperti centos jadi sesuaikan dengan linux kalian masing masing. 

Untuk file cisco pakcet tracernya kalian bisa unduh langsung di website netacad.com kalian cukup login atau registrasi akun di website tersebut dan jika kalian sudah login kalian bisa unduh atau download cisco packet tracer nya dengan gratis di website tersebut.

Jika kalian tidak ingin membuat kalian bisa akses halaman ini untuk mendapatkan cisco packet tracernya.
Jika sudah memiliki file installernya langsung kita masuk ke proses install cisco packet tracernya di linux.

Installasi cisco packet tracer

1. Pertama, kalian buka terlebih dahulu terminal linux kalian masing masing, lalu masuk kedalam mode root. Seperti gambar dibawah ini.

2. Masuk kedalam folder yang ada file installer cisco packet tracernya, disini saya masuk kedalam folder Downloads karena file cisco saya berada dalam folder atau directory tersebut. 
untuk masuk kedalam folder kalian bisa memasukan perintah:
cd (nama-folder)

Jika sudah masuk kedalam folder, kalian bisa  masukan perintah ls untuk melihat isi directory atau folder tersebut. Seperti gambar dibawah ini.

3. Selanjutnya kita ubah permission file cisco packet tracernya, sebelum install cisco packet tracer di linux, caranya dengan memasukan perintah
chmod 777 (nama file) 
4. Selanjutnya kita jalan perintah untuk memulai execute file installer .deb nya, caranya kalian cukup masukan perintah:
dpkg -i (nama-file)
Setelah menjalankan perintah diatas, akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini.
Kalian tekan ok saja.
Selanjutnya pilih yes untuk melanjutkan ke step berikutnya.

Setelah kalian memilih yes, akan di lanjutkan proses unpacking file cisco packet tracernya kalian tunggu saja hingga proses unpacking atau installasi nya selesai.

Jika proses intallasinya sudah selesai kalian bisa search software cisco packet tracernya, jika ada maka proses installasi sudah berhasil. Seperti gambar dibawah ini.
Jika dibuka maka tampilannya akan seperti gambar dibawah ini.
Gimana cukup bukan? untuk install cisco packet tracer di linux, Jika ada problem saat proses installasinya kalian bisa komentar di kolom komentar dibawah ini.
Atau kalian memiliki problem cisco packet tidak bisa dibuka? kalian bisa ketikan di kolom komentar agar bisa saya bantu problem solving. 
Semoga artikel ini bermanfaat ya, berikan saran dan kritik serta masukan untuk mensupport blog ini dan artikel selanjutnya agar bisa menjadi lebih baik lagi kedepannya.
Sekian Terimakasih. 

Sumber: Catatan Shand

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here