Cara Mengembalikan SMS yang Terhapus

0
137

SMS penting tidak sengaja terhapus, sebagai contoh panggilan lamaran pekerjaan, bukti transaksi dan lain sebagainya. Jika kalian mengalami hal serupa, jangan khawatir, kali ini penulis akan memberikan sedikit informasi tentang cara mengembalikan SMS yang terhapus untuk kalian.

Perkembangan teknologi yang sangat pesat memang tidak bisa dipungkiri atau bahkan kita hindari. Walau banyak sekali perkembangan teknologi di bidang komunikasi, seperti chat, surat elektronik, telpon dan lainnya, SMS masih dirasa perlu untuk beberapa keperluan yang dirasa penting.

Terkadang, saking jarangnya saat ini kita menggunakan SMS, lupa terdapat pesan penting di dalamnya dan kita malah menghapusnya. Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mengembalikan SMS tersebut seperti semula.

Nah, langsung saja kali ini kita akan membahas cara mengembalikan SMS yang terhapus dengan mudah untuk kalian.

Cara Mengembalikan SMS yang Terhapus

Berikut akan penulis jelaskan beberapa cara untuk mengembalikan SMS yang terhapus. Ada beberapa step atau langkah yang harus kalian lakukan untuk mengembalikan SMS yang terhapus :

1. Dengan Wondershare Dr. Fone

Wondershare merupakan salah satu perusahaan yang terkenal untuk memberikan layanan manajemen perangkat Android melalui PC. Tidak hanya itu saja, Wondershare juga telah membuat sebuah aplikasi yang mampu mengembalikan file yang hilang di Android.

Dr.Fone merupakan sebuah aplikasi yang ditugaskan sebagai Android Recovery Utility, yang dibuat untuk mengembalikan file penting yang telah hilang di Android.

Daftar file yang bisa dikembalikan oleh software ini adalah pesan SMS, musik, gambar, dokumen, pesan history Whatsapp, percakapan, dan kontak, berikut adalah beberapa tahapannya :

  • Langkah yang pertama silahkan kalian download dan install Wondershare Dr.Fone di PC. Download langsung lewat situs resminya di sini. Setelah selesai download, install seperti biasa di PC.
  • Jika sudah silahkan kalian buka Pengaturan di Android, kemudian tap pada pilihan Developer Options , dan centang pada pilihan USB Debugging.

Pelajari Juga: 8 Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca (Di Semua Perangkat

  • Bagaimana jika kalian tidak dapat menemukan pilihan Developer options? Silahkan pergi ke pilihan About Phone di pengaturan, dan tap terus pada pilihan build number sampai muncul pesan You are now a developer, jika sudah kembali lagi ke awal.
  • Selanjutnya silahkan kalian buka aplikasi Dr.Fone di PC, sambil koneksikan perangkat Android ke PC menggunakan kabel micro USB, dan tunggu hingga aplikasi Dr.Fone akan selesai untuk me-recognize Android.
  • Selanjutnya silahkan Tap pilihan Allow jika ada pesan pop up yang muncul di Android.
  • Langkah selanjutnya kalian klik pilihan tombol start untuk melakukan proses scanning dari data-data yang telah terhapus sebelumnya di Android. Proses ini akan memerlukan waktu, apalagi jika data yang ada di Android sangat banyak.

  • Selanjutnya silahkan klik pada tab Messaging untuk selanjutnya memilih pesan SMS yang ingin dikembalikan, caranya cukup centang check box pesan yang ingin di recovery.
  • Sebelum melakukan proses recovery, kita bisa terlebih dahulu melakukan review pada pesan yang terhapus sebelum memutuskan untuk menekan tombol Recovery .

  • Jika kalian sudah benar yakin 100%, klik pada tombol Recovery yang selanjutnya aplikasi seharusnya akan berjalan untuk kemudian pesan SMS yang telah terhapus tersebut dapat akhirnya kita gunakan lagi.

Baca Juga: 6 Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Tanpa Root

2. Dengan Mobikin Doctor

Selain aplikasi yang sudah penulis jelaskan di atas, ada lagi satu aplikasi Mobikin Doctor yang bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengembalikan SMS yang tidak sengaja terhapus. Berikut adalah beberapa tahapannya untuk kalian :

  • Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah mendownload MobiKin Doctor for Android di sini.
  • Aplikasi inin sebenarnya adalah aplikasi berbayar, namun kalian bisa mencobanya dengan mengambil versi Free Trial yang gratis.
  • Selanjutnya silahkan kalian hubungkan ponsel ke PC via USB. Aplikasi ini akan mendeteksi perangkat kalian dan memberi informasi kapan prosesnya bisa dimulai.

  • Kalian akan diminta untuk mengijinkan akses MobiKin ke ponsel, dan dalam beberapa detik, kalian bisa melihat pratinjau atas pesan teks di layar utama MobiKin.
  • Kalian juga bisa melihat dari layar bahwa MobiKin dapat digunakan untuk Android SD Card Recovery dan sebagai Super Toolkit.
  • Selanjutnya kalian akan diminta untuk memilih jenis file yang akan kalian recovery.

  • Kalian dapat memulihkan banyak jenis data, yakni kontak, foto, pesan, log panggilan, foto, video, audio, dan dokumen. Pilihlah “Pesan” dan klik next.
  • Kalian dapat memilih pesan yang dihapus sehingga membuatnya lebih mudah untuk disaring.
  • Selanjutnya, silahkan kalian pilih recover untuk mengambil data yang hilang atau terhapus.

  • Setelah SMS kalian berhasil dipulihkan, kalian akan diminta untuk menyimpannya secara langsung ke PC. Pilih atau buat folder yang sesuai dengan keinginan untuk menyimpan pesan kalian.

Lihat Juga: 14 Pilihan Game Offline Android Petualangan Terseru

3. Cara Mengembalikan SMS yang terhapus di HP Jadul

Salah satu cara untuk melihat kembali SMS yang telah terhapus di HP jadul, seperti contoh di HP Nokia atau di HP samsung lama adalah dengan menggunakan Sim Card. Kartu ini memiliki kemampuan menyimpan informasi-informasi pada ruang yang dimilikinya.

Salah satu informasi tersebut adalah SMS. Selama informasi yang berupa SMS tersebut belum tertimpa atau overwrite dengan informasi lainnya, maka kita masih bisa menggunakan cara mengembalikan SMS yang terhapus di Sim Card.

Cara melihat SMS yang sudah di hapus di hp biasa seperti contoh di Nokia dengan menggunakan Sim Card dapat dilakukan menggunakan alat bantu yang disebut Sim Card Reader.

Perangkat ini memiliki kemampuan untuk mengakses data-data yang tersimpan dalam Sim Card.

Seperti contoh kita ingin mengembalikan SMS di kartu telkomsel, semua data termasuk yang sudah terhapus juga dapat diakses oleh Sim Card Reader dengan memanfaatkan kartu telkomsel tersebut.

Dengan menggunakan sebuah software, data tersebut dapat dipindahkan ke tempat lain yang diinginkan. Dengan demikian SMS yang sudah terhapus juga bisa diakses kembali.

Baca Juga: 18 Game RPG Offline Android Gratis Terbaik

Itu tadu sedikit turotial bagaimana cara mengembalikan SMS yang terhapus dengan mudah. SMS yang dirasa jadul pun terkadang bisa menjadi salah satu hal penting yang bisa suatu waktu kita butuhkan.

Semoga sedikit ulasan di atas dapat membantu kalian tentang cara mengembalikan SMS yang terhapus dengan mudah. Jangan lupa share ke teman dan saudara kalian yang membutuhkan yaa. Selamat mencoba 🙂

Sumber: The Source Denver

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here