Cara Menghilangkan Vokal pada Lagu

0
105

Cara menghilangkan vokal pada lagu MP3 dengan bersih untuk karaoke di Youtube itu bisa menggunakan banyak cara. Misalnya dengan Adobe Audition, dengan Wavepad, dengan Wavosaur, dengan Adobe Soundbooth, dengan Cool Edit Pro, dengan Audacity atau dengan Virtual DJ.

Bahkan sekarang banyak sekali situs yang menyediakan fasilitas menghilangkan vokal pada lagu dengan bersih online. Jadi, buat kamu yang ingin menghilangkan vokal pada lagu di Hp Android atau di laptop tidak perlu menginstall aplikasi terlebih dahulu.

Cara Menghilangkan Vokal Pada Lagu

Berikut ini adalah bagaimana cara menghapus vokal pada lagu MP3 di Hp Android, di laptop, dan situs online tanpa software.

1. Cara Menghilangkan Vokal Pada Lagu Di Hp Android

Cara yang pertama ini kita akan mulai dengan menggunakan aplikasi yang disediakan di Google Play Store untuk membuat lagu karaoke tanpa vokal. Aplikasi ini sangat familiar digunakan oleh banyak orang. Nah, untuk tata caranya silahkan simak penjelasan berikut ini:

  • Pertama, download terlebih dahulu aplikasi ‘Vocal Remover for Karaoke’ di Play Store secara gratis.

cara menghilangkan vokal pada lagu

  • Jika sudah, silahkan buka aplikasi ‘Vocal Remover for Karaoke’, dan kemudian jalankan aplikasi ‘Vocal Remover for Karaoke’ tersebut.

  • Selanjutnya, pilihlah lagu yang akan di hapus vokal audionya dan ubahlah ke dalam format karaoke atau instrumen.
  • Setelah itu, aktifkan opsi ‘Remove Vocal’ menjadi ‘ON’.
  • Kemudian, silahkan kamu sesuaikan pengaturannya dengan menggeser slide yang ada di bawah layar sesuai dengan kebutuhan.
  • Jika semuanya sudah sesuai, selanjutnya pilih ikon ‘Ekspor’ yang ada di pojok kanan atas. Dan pilih nama file dari audio tersebut, dan yang terakhir silahkan klik ‘OK’.
  • Yang terakhir, silahkan kamu putar hasil editan file musik yang tersimpan pada folder ‘Vocal Remover for Karaoke’ di Androidmu.

Baca Juga: 10 Langkah Menggunakan Service Tool V3400 (Printer Canon)

2. Cara Menghilangkan Vokal Pada Lagu Dengan Audacity

Cara yang kedua, kita akan bahas tentang aplikasi PC yang paling umum digunakan untuk editing audio yaitu Audacity. Aplikasi Audacity ini selain digunakan untuk mengedit bagian-bagian penting dari audio seperti bass dan lainnya ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan vokal pada lagu.

Nah, untuk tutorial lengkapnya adalah sebagai berikut:

  • Pertama silahkan download aplikasi Audacity di https://www.audacityteam.org/download/
  • Lalu install dan kemudian buka aplikasi Audacity.
  • Langkah selanjutnya masukkan file lagu yang ingin di edit dengan cara drag file ke dalam Audacity. Bisa juga dengan masuk ke menu ‘File’, kemudian klik ‘Import’, lalu klik ‘Audio’.

  • Proses selanjutnya adalah memisahkan track dan membuat keduanya menjadi ‘Mono’ dengan cara klik tanda ‘Segitiga Terbalik’ warna hitam, kemudian pilih ‘Split Stereo to Mono’.

  • Setelah tracknya terpisah, kemudian lanjutkan dengan klik atau select track bagian bawah, lalu masuk ke menu ‘Effect’, dan klik ‘Invert’.

  • Setelah audio vokal berhasil dihilangkan, langkah terakhir adalah menyimpan hasil audio tersebut dengan cara klik ‘Export’, kemudian klik menu ‘Export as MP3’.

Sebenarnya format penyimpanan bisa menggunakan jenis apa saja, namun jika lagunya hanya ingin didengar biasa maka gunakan saja format MP3, karena size nya yang kecil dan masih enak untuk didengar.

Lihat Juga: 9 Cara Mematikan Laptop dengan Benar (Terbukti Aman)

3. Cara Menghilangkan Vokal Pada Lagu Di Audio Alter

Audio Alter merupakan salah satu situs yang bisa kamu gunakan untuk menghapus vokal pada lagu dengan bersih online yang mudah untuk digunakan. Kamu hanya cukup membuka situsnya kemudian unggah file audio yang ingin dihilangkan vokalnya. Berikut adalah cara lengkapnya:

  • Pertama silahkan buka browser yang kamu gunakan, kemudian buka link situsnya di https://audioalter.com/vocal-remover/
  • Jika sudah, silahkan unggah file audio dari lagu yang akan dihilangkan dengan cara klik ‘Browse computer’.

  • Setelah file berhasil di unggah, selanjutnya silahkan kamu klik tombol ‘Submit’ seperti contoh berikut ini:

  • Selanjutnya tunggu sejenak hingga remove vokal audionya berhasil seluruhnya.

  • Langkah terakhir adalah mendownload file hasil dari remove vokal tersebut dengan cara klik ‘Download’.

4. Cara Menghilangkan Vokal Pada Lagu Di Vocal Remover Pro

Vocal Remover Pro juga merupakan salah satu situs yang bisa kamu gunakan untuk menghapus vokal pada lagu dengan bersih online. Kamu hanya cukup membuka situsnya kemudian unggah file audio yang ingin dihilangkan vokalnya. Berikut adalah cara lengkapnya:

  • Pertama silahkan buka browser yang kamu gunakan, kemudian buka link situsnya di http://www.vocalremoverpro.com/online-vocal-remover.html
  • Jika sudah, silahkan unggah file audio dari lagu yang akan dihilangkan dengan cara klik ‘Choose File’, lalu ketikkan kode ‘Verification’, dan yang terakhir klik ‘Create karaoke Track’.

Pelajari Juga: 4 Cara Menghidupkan Komputer dengan Prosedur yang Benar

  • Jika sudah silahkan kamu tunggu prosesnya hingga selesai seluruhnya.

  • Lalu jika sudah muncul keterangan ‘Your Karaoke Track has been created successfully’ maka itu artinya proses telah berhasil dihilangkan vokal pada audio MP3 tersebut.
  • Nah, selanjutnya kamu tingga putar terlebih dahulu hasil dari audio karaoke tersebut, kemudian jika sudah sesuai silahkan klik ‘Download’ file tersebut.

cara menghilangkan vokal pada lagu

Baca Juga: 7 Kelebihan Windows 10 dan Kekurangannya

Demikian cara menghilangkan vokal pada lagu dengan bersih di Hp Android, di laptop, dan menggunakan situs online. Jika kamu senang menghilangkan vokal pada lagu MP3 untuk karaoke di Youtube dan sebagainya, cara diatas patut kamu coba.

Jika kamu ingin tanpa software maka silahkan gunakan situs online yang gratis dan dapat digunakan dengan maksimal. Dan sekian pembahasan kali ini, selamat mencoba!

Sumber: The Source Denver

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here