SIM Card tidak Terbaca

0
66

Kenapa SIM Card tidak terbaca di Android, di Modem, dan di iPhone? Jika kamu mengalami situasi yang seperti itu, ini karena ada beberapa sebab yang harus kamu ketahui terlebih dahulu mengapa SIM Card yang digunakan tersebut tidak terbaca.

Jika kamu sudah mengetahi penyebab dari SIM Card yang tidak terbaca, maka kamu sudah pasti akan tahu cara memperbaiki kartu yang tidak bisa terbaca tersebut.

Misalnya, Jika kamu mengalami masalah serupa setelah ganti ROM, atau setelah upgrade OS di Xiaomi atau merek lainnya, maka kamu akan tahu cara mengatasi dan solusi yang akan digunakan. Nah, berikut ini adalah penyebab dan solusi yang bisa kamu gunakan.

Penyebab Sim Card Tidak Terbaca

Ada beberapa faktor penyebab yang dapat membuat SIM Card tidak terdeteksi pada smartphone kamu, diantaranya adalah:

1. SIM Card Sudah Terlalu Panas

Faktor yang pertama, bisa jadi disebabkan smartphone kamu yang sudah terlalu panas akibat dari pemakaian. Sehingga membuat SIM Card cepat rusak dan tidak dapat terdeteksi lagi dalam beberapa saat.

Ini disebabkan karena slot SIM Card yang ada pada umumnya terletak pada area yang berdekatan dengan komponen smartphone yang sangat rawan panas.

Baca Juga: 6 Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Tanpa Root

2. Slot Kartu SIM Rusak

Faktor yang kedua, bisa jadi disebabkan karena slot SIM Card yang mengalami kerusakan hingga dapat merusak kuningan pada SIM Card tersebut.

Kuningan pada SIM Card ini merupakan komponen penting yang ada dalam SIM Card. Kuningan tersebut merupakan data-data pengguna yang dapat dibaca oleh sistem.

Jika kuningan pada SIM Card telah rusak, maka hal ini akan dapat membuat SIM Card tidak dapat terbaca lagi dikarenakan untuk membaca SIM Card dibutuhkan slot tersendiri yang mana Jika slot tersebut telah rusak maka SIM Card tidak dapat membaca data pengguna.

3. IMEI Yang Hilang

IMEI merupakan nomor unik yang dapat membedakan setiap tipe dan merek pada smartphone. Jika IMEI ini hilang, maka akan berpengaruh pada SIM Card yang tidak dapat terbaca atau terdeteksi.

4. Gangguan Jaringan Provider

Faktor yang keempat adalah gangguan pada jaringan provider. Jaringan provider ini merupakan salah satu penyebab SIM Card yang terpasang tidak dapat terdeteksi lagi, walaupun sebelumnya baik-baik saja.

Gangguan ini biasanya disebabkan oleh adanya kondisi alam seperti hujan deras yang disertai petir. Dan bisa juga dengan adanya maintenance yang terjadi pada tower pemancar sinyal.

5. Masa Pakai SIM Card Sudah Kadaluarsa

Faktor selanjutnya adalah SIM Card yang kamu gunakan sudah sangat lama. Hal ini juga bisa menjadi faktor penyebab terjadinya SIM Card HP tidak dapat terdeteksi walaupun sudah terpasang.

SIM Card ini biasanya akan mengalami degradasi pada material plastik dan juga kuningannya setelah mencapai umur lebih dari 5 tahun penggunaan.

Ada baiknya Jika SIM Card tersebut sudah melebihi 5 tahun maka silahkan ganti kartu saja. Jika tidak ingin nomornya hilang, kamu bisa mengganti SIM Card saja dengan menggunakan nomor yang lama.

Silahkan kamu datang langsung ke kantor resmi provider yang kamu gunakan dan silahkan ganti SIM Card kamu dengan yang baru.

Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca

Dari penjabaran mengenai faktor yang menyebabkan SIM Card tidak terbaca diatas, maka sekarang kita akan bahas bagaimana cara mengatasi SIM Card yang tidak terbaca pada smartphone kamu. dan berikut adalah cara-cara yang bisa kamu gunakan:

1. Membersihkan Kuningan Pada SIM Card

SIM Card tidak Terbaca

Cara yang pertama, kamu hanya cukup membersihkan kuningan pada tembaga SIM Card dengan menggunakan penghapus pensil (karet) yang sering kamu jumpai.

Langkah pertama silahkan lepas SIM Card pada smartphone kamu, kemudian gosokkan kuningan SIM Card dengan menggunakan penghapus pensil sampai benar-benar bersih dan warna kehitamannya menghilang.

Langkah kedua, kamu juga bisa membersihkan kuningan SIM Card ini dengan menggunakan tisu yang diolesi oleh minyak kayu putih, dan usapkan pada kuningan sampai bersih dari warna kehitamannya.

2. Aktifkan Mode Pesawat Atau Airplane Mode

Cara yang kedua adalah dengan cara mengaktifkan mode pesawat atau airplane mode, lalu membiarkannya hingga beberapa saat, dan setelah itu menonaktifkan kembali mode pesawat atau airplane mode tersebut.

Dengan cara ini, sistem pada smartphone kamu akan melakukan pengaturan jaringan secara otomatis untuk mencari sinyal yang stabil. Cara ini sering digunakan pada saat data SIM Card tidak mau langsung hidup.

3. Melakukan Restart HP

Cara selanjutnya adalah dengan melakukan reboot pada smartphone kamu. dengan begitu, bug-bug yang ada pada smartphone akan menghilang dengan sendirinya. Dengan begini permasalahan pada sistem jaringan akan kembali secara normal kembali.

Lihat Juga: 14 Pilihan Game Offline Android Petualangan Terseru

4. Mengganti Pengaturan Pada Jaringan

Cara yang keempat adalah dengan mengubah pengaturan jaringan pada smartphone kamu menjadi format semula. Jika sinyal tidak muncul ini, biasanya disebabkan oleh pengaturan jaringan yang salah. Oleh karena itu pilihlah jaringan menjadi 3G Only atau 4G Only secara manual.

5. Pengaturan Access Point Name (APN)

Cara yang berikutnya yang bisa kamu coba adalah dengan memeriksa pengaturan pada APN pada smartphone kamu. Karena APN ini merupakan sebuah jembatan yang dapat menghubungkan perangkat yang terhubung dengan jaringan operator.

Jika terdapat kesalahan pada konfigurasi APN inilah yang akan menyebabkan SIM Card tidak terbaca di smartphone kamu. Jika kamu ingin merubahnya, penting untuk diketahui bahwa setiap operator memiliki konfigurasi APN yang berbeda-beda.

Cara Setting APN:

Buka menu ‘Settings’, Setelah itu pilih ‘SIM Card Settings’, kemudian pilih opsi ‘Access Point Name’, dan yang terakhir silahkan kamu sesuaikan konfigurasi APN provider yang kamu gunakan.

1. Reset Sistem Pada HP

Cara yang satu ini sangat direkomendasikan, yaitu mereset smartphone kamu. Alasannya adalah karena dengan cara ini smartphone akan dapat memperbaiki error-error yang sedang terjadi pada sistem, dan salah satunya adalah termasuk SIM Card yang tidak dapat terbaca.

Baca Juga: 18 Game RPG Offline Android Gratis Terbaik

2. Flash HP

Cara yang selanjutnya adalah dengan Flashing ulang smartphone kamu. Dengan cara Flashing, kamu dapat memperbaiki berbagai jenis error yang ada pada Android. Termasuk masalah kartu SIM tidak terbaca ini.

3. Pembaruan Sistem

Cara terakhir adalah melakukan pembaharuan pada sistem smartphone kamu. Ini biasanya error yang terjadi pada sistem memang sering berpengaruh kepada banyak hal misalnya SIM Card yang tidak terdeteksi.

Error yang terjadi pada sistem ini juga biasanya bermacam-macam, namun yang sering terjadi adalah pemakaian yang sudah terlalu lama. Dan untuk mengatasinya silahkan lakukan pembaruan pada sistem atau update. Jika selesai, kamu bisa periksa kembali SIM Card tersebut.

Pelajari Juga: 4 Cara Menghilangkan Vokal Pada Lagu (Di Android Dan Laptop)

Itulah beberapa faktor penyebab dan juga cara mengatasi SIM Card tidak terbaca di Android, di Modem, dan di iPhone.

Dengan adanya beberapa solusi di atas, maka kamu akan tahu cara mengatasi masalah tersebut dari penyebab yang terjadi. Selamat mencoba, dan semoga berhasil!

Sumber: The Source Denver

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here