Cara Membuat Sorotan di Instagram

0
20

Kontenium – Instagram menyediakan fasilitas Story yang dapat digunakan oleh semua penggunanya. Ketika kalian membuat instastory, insta story yang kalian buat tadi akan hilang setelah 24 jam. Berbeda dengan Highlight atau Sorotan, Highlight Instagram ini mampu bertahan selamanya.

Highlight/Sorotan akan tampil di beranda Profil kalian atau tepatnya di bagian Bio Instagram. Salah satu fungsi utama sorotan Instagram adalah menyimpan Story yang sebelumnya pernah dibuat pada Story Instagram. Fitur sorotan ini sering dipakai untuk membuat tampilan Bio Instagram ada semacam story.

Selain itu kalian juga bisa menambahkan sampul atau Cover khusus untuk mempercantik tampilan sorotan Instagram. Sayangnya belum semua pengguna Instagram mengetahui pembuatan sorotan pada profil Instagram. Untuk itulah kami berikan cara membuat sorotan di Instagram yang dikutip dari Wantek.ID:

1. Siapkan Cover

Langkah pertama adalah kalian harus menyiapkan cover Highlight terlebih dahulu. Cover ini dapat kalian buat melalui aplikasi edit foto seperti Photoshop Express, Picsart maupun aplikasi lainnya.

Selain itu kalian juga bisa membuat cover Sorotan Instagram menggunakan layanan desain secara online. Salah satu layanan yang sering kami gunakan adalah Canva. Hanya saja jika kalian ingin mendapatkan desain sampul yang menarik, kalian harus berlangganan akun premiumnya.

Sebenarnya kalian tetap bisa membuat sampul sorotan yang menarik dengan Canva meskipun menggunakan akun gratis. Walaupun begitu pembuatan sorotan dengan akun gratis atau premium hasilnya tergantung dari tingkat kekreatifan kalian.

2. Cara Membuat Sorotan Instagram

Sebelum memulai caranya, pastikan terlebih dahulu kalian memiliki arsip Cerita/Story Instagram. Pasalnya sorotan IG ini mengambil sumber cerita dari Arsip Cerita.

Arsip cerita ini bisa kalian dapatkan setelah membuat story Instagram tanpa dihapus. Jadi kalian harus menunggu selama 24 jam, baru setelahnya story Instagram tersebut akan masuk ke Arsip Cerita.

Setelah kalian memiliki arsip cerita, berikut cara membuat sorotan di Instagram yang bagus dan menarik:

  • Langkah #1: Masuk ke menu Profil Instagram
  • Langkah #2: Ketuk ikon Tambah (+) lalu pilih opsi Sorotan CeritaIkon Plus Instagram untuk Tambah Sorotan
  • Langkah #3: Cari dan temukan arsip Cerita mana yang ingin kalian gunakan untuk mengisi Sorotan. Setelahnya ketuk opsi SelanjutnyaMemilih Arsip Cerita
  • Langkah #4: Tambahkan nama Sorotan
  • Langkah #5: Tambahkan sampul dengan menekan tombol bertuliskan “Edit Sampul”Menambah Nama dan Sampul Sorotan
  • Langkah #6: Ketuk ikon “Galeri” lalu temukan foto yang sudah kalian siapkan tadi untuk ditambahkan ke Cover HighlightKetuk Ikon Galeri di Menu Sorotan
  • Langkah #7: Ketuk tombol bergambar “Anak Panah” di sudut kanan atas lalu ketuk tombol Selesai agar bisa menyelesaikan pembuatan coverMenambahkan Gambar untuk Cover Highlight
  • Langkah #8 : Jika sudah menambah nama dan sampul sorotan maka tinggal mengetuk opsi Selesai tempatnya di pojok kanan atas

Setelah selesai membuat sorotannya, sorotan tersebut akan muncul pada beranda Profil kalian. Bila sudah begitu maka orang lain juga akan melihat story lampau yang kalian jadikan sebagai isi Sorotan. Untuk menambah sorotan lebih dari satu, cukup ulangi langkah-langkah tadi.

3. Menambah dan Mengganti Sampul Sorotan

Setelah kalian membuat sorotan baru tapi lupa belum menyiapkan sampulnya. Kalian tidak perlu khawatir, karena penambahan sampul sorotan bisa dilakukan setelah selesai membuat sorotan, berikut langkah-langkahnya:

  1. Pastikan kalian berada di Beranda Profil IG
  2. Kemudian ketuk Sorotan yang ingin kalian ubah covernyaKetuk Sorotan yang Sudah Jadi
  3. Berikutnya ketuk pada menu Lainnya lalu pilih opsi Edit SorotanEdit Sorotan
  4. Pada halaman ini kalian sudah bisa melihat ada opsi “Edit Sampul” berarti tandanya opsi tersebut digunakan untuk mengganti atau menambah sampul
  5. Jika sudah kalian tinggal menyimpannya dengan cara menekan tombol “Selesai”

Pada cara ini kalian juga bisa menambahkan isi arsip Cerita lagi, jadi di dalam sorotan pada profil Instagram kalian akan ada beberapa cerita yang bisa dilihat oleh pengikut kalian.

Selain itu juga ada fitur untuk mengedit judul sorotan, apabila kalian ingin mengganti judulnya maka cukup ikuti langkah-langkah tersebut lalu mengganti judul yang dipakai sebelumnya menjadi judul baru.

Artikel Cara Membuat Sorotan di Instagram ini pertama kali terbit di Kontenium. Sumber: Winfixer

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here